Sukses

Mendag: Pendidikan Kunci SDM Unggul dan Kemajuan Bangsa

Zulkifli Hasan menekankan pentingnya rasa syukur di kalangan siswa karena bisa belajar di SMP-SMK Tunas Bangsa DECES dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meresmikan gedung baru SMP Karakter Tunas Bangsa Depok Center School (DECES). Dalam peresmian ini mendag juga menandatangani prasasti. Peresmian gedung baru ini juga tepat di hari memperingati Ulang Tahun Yayasan Pendidikan Sumarno yang ke-20.

Zulkifli Hasan mendorong para siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh, dengan menekankan bahwa masa depan Indonesia tergantung pada dedikasi dan pendidikan para siswa ini.

"Masa depan cerah Indonesia bergantung pada kalian. Kuncinya memang pengetahuan, pendidikan. Apa yang membuat SDM unggul? Pendidikan," ungkap dia, pada Kamis (23/11/2023).

"Sekolah ini, Yayasan Pendidikan Sumarno, sudah berdiri selama 20 tahun. Selamat ulang tahun, semakin sukses, semakin banyak siswa, dan semakin besar pengabdiannya kepada bangsa kita," tambah dia.

Zulkifli Hasan menekankan pentingnya rasa syukur di kalangan siswa karena bisa belajar di SMP-SMK Tunas Bangsa DECES dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh.

"Bagaimana menunjukkan rasa syukur? Belajar dengan sungguh-sungguh. Cara berterima kasih? Belajar dengan sungguh-sungguh. Jadi, saat ada kompetisi di sekolah, menjadi juara," sarannya.

 

 

Selain itu, mendag mengingatkan para siswa bahwa pendidikan merupakan kunci kesuksesan suatu negara, melampaui kekayaan alam. Beliau mendorong para siswa untuk belajar dengan sungguh-sungguh, menyoroti peran baik negara maupun inisiatif swasta dalam meningkatkan kecerdasan nasional.

"Negara harus mendukung inisiatif swasta untuk mencerdaskan. Seharusnya ini tugas negara, tetapi Pak Igiun membantu negara. Itu tugas negara, oleh karena itu kita harus mendukung inisiatif swasta, untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya.

"Selamat ulang tahun, doa saya semoga semakin sukses, dan semoga semua anak di sini menjadi individu yang luar biasa," tutupnya.

Zulkifli Hasan menyempatkan diri menyapa para siswa dan membeli jajanan di booth pada acara tersebut. Acara ini juga dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi 6 Fraksi PAN Intan Fauzi dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Sumarno yang juga Anggota DPRD Fraksi PAN Kota Depok Igun Sumarno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendag Bujuk Pengusaha AS Investasi di IKN Nusantara

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menghadiri forum Bisnis Indonesia-Amerika Serikat (AS) di New York, AS. Dalam pertemuan ini, mendag mengajak pengusaha AS untuk menanamkan modal di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Dalam acara dengan tema "Peluang Perdagangan dan Investasi di IKN," Zulkifli Hasan menyoroti pentingnya investasi swasta dalam sektor seperti infrastruktur transportasi dan logistik untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara.

“Pembangunan IKN ini merupakan proyek besar yang membutuhkan investasi dan kolaborasi antar berbagai pihak. Investasi swasta sangat terbuka lebar di berbagai sektor, termasuk sektor pendukung perdagangan seperti infrastruktur transportasi dan logistik”, ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam keterangan, Selasa (21/11/2023).

Meskipun tantangan ekonomi global, Mendag Zulkifli Hasan memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kokoh, mencapai 4,94% pada Q3 2023, dengan inflasi yang terkendali di 2,28% pada September 2023.

Kemudian, antusiasme positif dari pelaku usaha dalam forum ini disambut baik oleh Mendag Hasan, yang berharap akan terjadi peningkatan kerja sama antara Indonesia dan AS.

 

3 dari 3 halaman

Pemerataan Ekonomi

Serta, dalam kesepakatan Comprehensive Strategic Partnership (CSP) yang ditingkatkan setelah pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden menjadi momentum positif dalam hubungan kedua negara. Investasi di IKN diharapkan tidak hanya memberikan dampak ekonomi yang luas tetapi juga mendukung pertumbuhan sektor UMKM Indonesia.

Selain itu, Mendag menegaskan komitmen Kementerian Perdagangan untuk bekerja bersama Otorita IKN dan instansi terkait dalam menciptakan Ibu Kota Negara Nusantara yang berfokus pada pemerataan ekonomi.

“Kementerian Perdagangan juga akan bekerja secara berkesinambungan bersama Otorita IKN dan seluruh instansi terkait, dalam menciptakan Ibu Kota Negara Nusantara yang berasaskan pada pemerataan ekonomi, dan memanfaatkan IKN dalam mewujudkan sektor perdagangan yang lebih kuat dantransformatif”, tegas Zulkifli Hasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini