Sukses

Amazon Ingatkan Karyawan yang Tak Kembali Bekerja di Kantor Bakal Sulit Dapat Promosi

Karyawan Amazon yang tidak teratur bekerja di kantor setidaknya tiga hari seminggu akan mendapati setiap potensi promosi akan tunduk pada tambahan persetujuan pimpinan.

Liputan6.com, Jakarta - Amazon sekali lagi menggandakan mandatnya kepada karyawan untuk kembali bekerja di kantor. Amazon memperingatkan karyawan kalau ketidakpatuhan berdampak pada peluang untuk dipromosikan.

Dikutip dari CNN, ditulis Minggu (19/11/2023), karyawan yang tidak teratur bekerja di kantor setidaknya tiga hari seminggu akan mendapati setiap potensi promosi akan tunduk pada tambahan persetujuan pimpinan.

"Ada berbagai faktor yang kami pertimbangkan ketika menentukan kesiapan karyawan untuk tingkat berikutnya,” ujar Juru Bicara Amazon Brad Glasser.

“Seperti perusahaan mana pun, kami mengharapkan karyawan yang dipertimbangkan untuk dipromosikan harus mematuhi pedoman dan kebijakan perusahaan,” Glasser menambahkan.

Pada Februari, sekitar tiga tahun setelah dimulainya era bekerja dari rumah yang awalnya disebabkan oleh pandemi COVID-19, CEO Andy Jassy menuturkan, staf diminta untuk kembali ke kantor setidaknya tiga hari seminggu mulai Mei 2023. "Berkolaborasi dan menciptakan inovasi menjadi lebih mudah dan efektif jika dilakukan secara langsung,” ujar Jassy.

Seperti kebanyakan dunia usaha, Amazon hadapi penolakan dari karyawan terhadap mandat ini. Pada akhir Mei, beberapa pekerja perusahaan melakukan mogok di kantor pusat Amazon di Seattle dengan alasan berbagai keluhan termasuk desakan pekerja kembali bekerja di kantor setidaknya tiga hari dalam seminggu.

Pemogokan pada Mei juga terjadi beberapa bulan setelah perusahaan konfirmasi kalau memberhentikan sekitar 27.000 pekerja karena beberapa kali PHK.

Sementara itu, pada Agustus, Amazon mengirimkan email peringatan kepada beberapa pekerja yang menyatakan tidak mematuhi kebijakan kembali ke kantor. Perseroan mengatakan, mereka memiliki kebijakan permintaan pengecualian kerja jarak jauh yang dipertimbangkan berdasarkan kasus per kasus.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Amazon PHK Lagi, Kali Ini 180 Karyawan di Unit Game

Sebelumnya diberitakan, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kembali melanda raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Amazon. Kali ini, PHK terjadi pada karyawan Amazon di unit gaming.

Melansir BBC, Rabu (14/11/2023) Amazon menjadi perusahaan terbaru yang melakukan PHK di industri game, memangkas 180 karyawan di tengah restrukturisasi.

Amazon, yang memiliki situs streaming game Twitch, juga menutup salurannya sendiri di platform tersebut setelah kesulitan mendapatkan popularitas.

Dalam sebuah email kepada stafnya, Amazon mengatakan PHK tersebut merupakan bagian dari upaya restrukturisasi.

"Setelah restrukturisasi awal kami pada bulan April, menjadi jelas bahwa kami perlu lebih memfokuskan sumber daya kami pada area yang memiliki potensi pertumbuhan tertinggi untuk memajukan bisnis kami," tulis wakil presiden Amazon, Games Christoph Hartmann dalam pesan tersebut.

Namun dia juga mengatakan perusahaannya sedang merekrut posisi lain di divisi game.

PHK di Amazon

PHK di Amazon terjadi di tengah banyaknya pemberhentian karyawan di industri teknologi AS di tahun 2023, dengan Amazon sendiri yang telah memangkas lebih dari 25.000 pekerjanya.

Ini adalah pemutusan hubungan kerja terbaru yang menimpa industri game pada tahun 2023, yang telah menyebabkan sekitar 6.500 orang kehilangan pekerjaan.

Hal ini terjadi meskipun tahun ini adalah tahun peluncuran game-game terkenal dari waralaba termasuk Zelda, Spider-Man, dan Mario Bros.

Dalam enam bulan terakhir, perusahaan game termasuk pembuat Fortnite Epic Games, pengembang Assassin's Creed Ubisoft Montreal, dan pencipta Pokemon Go Niantic semuanya telah mengumumkan Pemutusan Hubungan Kerja.

 

3 dari 4 halaman

Didirikan pada 2012

Amazon Games didirikan pada 2012.Unit game ini awalnya membuat game untuk perangkat seluler, namun sejak itu berkembang menjadi game yang lebih besar termasuk game online New World dan Lost Ark.

Pada 2022, perusahaan mengumumkan akan menerbitkan game pemain tunggal baru berdasarkan franchise ikonik Tomb Raider, dan pada bulan Mei dikatakan bahwa mereka sedang mengembangkan game berdasarkan Lord of the Rings.

Christopher Dring, kepala situs berita game GamesIndustry.biz, mengatakan hilangnya pekerjaan di industri game akibat dari perekrutan massal yang terjadi pada awal pandemi pada tahun 2020.

"Saat orang-orang terjebak di rumah, mereka beralih ke video game, tidak hanya untuk hiburan tetapi juga untuk terhubung dan bermain bersama,” katanya.

4 dari 4 halaman

Perusahaan Miliarder Jeff Bezos Dilanda Badai PHK Lagi, Kali Ini Amazon Music

Sebelumnya diberitakan, Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Amazon kembali melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). PHK kali ini berdampak lada tenaga kerja di unit musik Amazon, menurut keterangan perusahaan pada hari Rabu (8/11).

Mengutip Fox News, Kamis (9/11/2023) sumber terkait kabar PHK di Amazon mengatakan bahwa beberapa karyawan Amazon Music dari Amerika Latin, Amerika Utara, dan Eropa telah diberitahu bahwa posisi mereka telah diberhentikan.

Juru bicara Amazon membenarkan adanya PHK di divisi tersebut namun menolak mengungkapkan jumlah karyawan yang diberhentikan.

"Kami telah memantau dengan cermat kebutuhan organisasi kami dan memprioritaskan apa yang paling penting bagi pelanggan dan kesehatan bisnis kami dalam jangka panjang,” kata juru bicara tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Beberapa peran telah dihilangkan di tim Amazon Music. Tetapi kami akan terus berinvestasi di Amazon Music," jelasnya.

PHK tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian pemangkasan yang dilakukan Amazon selama setahun terakhir, yang berdampak pada lebih dari 27.000 karyawan di raksasa ritel e-commerce tersebut.

 Perusahaan yang didirikan miliarder Jeff Bezos itu melakukan banyak perekrutan selama pandemi ini, namun Presiden dan CEO Andy Jassy memperingatkan karyawannya tahun lalu bahwa jumlah tenaga kerja akan dipangkas dan PHK akan berlanjut hingga tahun 2023.

Dalam laporan pendapatan terbarunya bulan lalu, Amazon mengungkapkan kenaikan pendapatan sebesar 13 persen menjadi USD 143,1 miliar untuk kuartal ketiga, melampaui perkiraan Wall Street sebesar USD 141,41 miliar.

Raksasa e-commerce ini juga memperkirakan peningkatan pendapatan liburan pada akhir 2023.

"Perlambatan yang dialami raksasa ritel tahun lalu tampaknya sudah mulai terlihat karena mereka telah memulai pemotongan biaya yang signifikan sepanjang tahun ini dan mempertajam fokusnya pada bidang pertumbuhan utama," kata analis Insider Intelligence Zak Stambor, dalam reaksinya terhadap pendapatan tersebut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.