Sukses

Ini Dia Pembangkit yang Pasok Listrik di Ajang MotoGP Mandalika 2023

Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) mendukung kesuksesan gelaran MotoGP Mandalika 2023 yang digelar pada 13-15 Oktober 2023 di Sirkuit Mandalika Lombok

Liputan6.com, Jakarta Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) mendukung kesuksesan gelaran MotoGP Mandalika 2023 yang digelar pada 13-15 Oktober 2023 di Sirkuit Mandalika Lombok. Dengan menjaga seluruh pasokan energi primer untuk pembangkit listrik di sistem Lombok.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengatakan, salah satu landasan penting untuk menjamin pasokan listrik andal adalah pasokan energi primer yang terjaga.

Subholding PLN EPI sebagai salah satu bagian yang memastikan rantai pasok energi primer memastikan stok seluruh energi primer baik itu LNG, BBM, batu bara maupun biomassa di pembangkit dalam posisi aman.

"Kami memastikan seluruh stok energi primer dalam kondisi aman. Kami memastikan seluruh bongkar muat energi primer sudah selesai, dan menjaga Hari Operasi Pembangkit (HOP) di atas 20 hari. Langkah ini penting untuk mewujudkan listrik andal tanpa kedip untuk gelaran internasional," kata Iwan, di Jakarta, Minggu (15/10/2023).

Iwan merinci, ada empat pembangkit yang menjadi backbone kelistrikan sistem lombok. PLTU Jeranjang 90 MW, saat ini HOP berada di angka 24,3 hari. IPP PLTU Lombok Energy Dynamic 50 MW memiliki HOP dengan pasokan batu bara yang mencukupi.

Sedangkan PLTMGU Lombok Peaker 132,4 MW memiliki stok BBM sebesar 1.515 kiloliter BBM dengan HOP yang diatas rata rata. Sedangkan PLTMG MPP Jerangjang 51 MW memiliki stock BBM 1.353 kilo liter juga memiliki HOP di atas rata rata.

"Kami memastikan seluruh pasokan dalam proses selesai bongkar muat dan berada di pitstok. Untuk menjamin rantai pasok, PLN EPI juga mensiagakan pasokan tambahan dari jadwal pengiriman yang sudah ditentukan," tegas Iwan.

Pasokan ke Mandalika masing–masing dari GI Kuta (30 MVA) dan GI Sengkol (60 MVA), kesiapan sistem distribusi di suplai dari 3 feeder (Mandalika1, Mandalika2 & Sengkol) dengan skema Zero Down Time (ZDT).

Sementara untuk kesiapan peralatan pendukung, PLN telah menyiapkan 18 unit Genset, 19 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, 9 Unit Gardu Bergerak (UGB) & 18 unit Automatic Transfer Switch (ATS), dan kesiapan personil 180 orang dengan didukung sarana 25 unit mobil dan 12 unit motor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jamin Pasokan BBM di MotoGP Mandalika, Pertamina Pasang SPBU Modular

PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan energi, khususnya selama ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP  di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Salah satu wujud komitmen ini melalui berdirinya SPBU Modular di Pertamina Mandalika International Circuit (PMIC), yang dapat dimanfaatkan untuk operasional kendaraan pendukung ajang ini.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengungkapkan, selain menjaga ketersediaan energi untuk masyarakat Indonesia, pada hajatan balap dunia kali ini Pertamina juga mendukung ketersediaan energi seperti BBM untuk aktivitas operasional Dorna Sport.

“Pertamina selalu hadir untuk bisa menjaga suplai energi kepada masyarakat. Pada ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia ini, Pertamina juga memenuhi kebutuhan energi Dorna Sports selaku pemilik dan pemegang merek MotoGP,” ujarnya.

Ia berharap dengan dukungan fasilitas SPBU Modular untuk aktivitas Dorna Sport, seluruh perhelatan ini akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu dapat membawa nama baik Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Mulai Operasi 12 Oktober 2023

Operator SPBU Modular Lalu Safrino menambahkan, SPBU Modular ini dibangun sejak seminggu sebelum event berlangsung. SPBU mulai beroperasi sejak 12 Oktober.

“Di Sirkuit ini, hanya ada 1 SPBU Modular dan berlokasi di dekat paddock. SPBU ini kita khususkan untuk kendaraan operasional tim Dorna. Karena kendaraan yang diberikan akses ke dalam sini dibatasi. Produk yang tersedia hanya Pertamax Turbo dan pembayaran dilakukan dengan voucher BBK dari Pertamina Retail,” ujar Lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini