Sukses

Serunya Sri Mulyani Pelesiran di Mesir, Kunjungin Tempat Bersejarah Nabi Musa hingga Biara Tertua Dunia

Disela-sela kunjungan kerja ke Mesir dalam rangkaian Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Annual Meeting ke-8, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyempatkan diri bersama rombongan untuk singgah ke Sharm El-Sheikh.

Liputan6.com, Jakarta Disela-sela kunjungan kerja ke Mesir dalam rangkaian Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) Annual Meeting ke-8, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyempatkan diri bersama rombongan untuk singgah ke Sharm El-Sheikh.

"Setelah menyelesaikan rangkaian agenda AIIB 2023 Annual Meeting kemarin, saya bersama rombongan singgah ke kota yang berjarak 2.5 jam perjalanan darat dari Sharm El-Sheikh tersebut. Sepanjang perjalanan terlihat fasad barisan pegunungan tertinggi di tanah Mesir," tulis Sri Mulyani dikutip dari instagram pribadinya @smindrawati, Kamis (28/9/2023).

Sri Mulyani mengatakan, Laut Merah memang menyimpan begitu banyak sejarah. Beberapa diantaranya Gunung Sinai yaitu, Tempat yang disebutkan dalam Kitab Suci dimana Nabi Musa “mendengar dan bertemu cahaya” Sang Pencipta. Di kaki Gunung Sinai ada Tempat ibadah Saint Catherine. Wilayah ini ada di Kegubernuran Sinai Selatan, Mesir.

Terdapat dua tempat yang ditunjukkan oleh pemandu lokal, yakni Ahmed, yang memandu Sri Mulyani dan rombongan berkeliling di kota tersebut. Pertama, makam dari Nabi Harun A.S. (yang juga adik dari Nabi Musa) - berlokasi di bukit tempat tinggal suku Bedouin.

"Sangat rapih terawat. Diceritakan juga episode pengikut Nabi Musa yang membuat patung sapi emas - untuk disembah pada saat ditinggal Nabi Musa mendaki bukit menerima perintah Tuhan Sang Pencipta. Di dinding kaki bukit seberang arah makam Nabi Harun terhambat bentuk patung emas sapi tersebut," kata Menkeu.

Selanjutnya, Sri Mulyani singgah ke biara Saint Catherine. Salah satu biara tertua di dunia yang terus ditinggali sejak pembangunannya pada sekitar tahun 548-565. Biara ini juga menjadi rumah dari salah satu perpustakaan tertua di dunia, dengan koleksi-koleksi yang sangat langka -seperti tulisan tangan yang dipercaya berisi pesan Nabi Muhammad tentang hidup saling menghargai antara agama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Bersejarah

Ia melihat begitu banyak relik dan artifak sejarah yang tersimpan dengan rapi selama berabad lamanya di biara ini. Menurut Sri, saat memasuki tempat tersebut seperti memasuki lorong waktu spiritual.

"Tidak heran kami bertemu beberapa wisatawan religi dari Indonesia (Sulawesi Selatan dan Jogya)," ujarnya.

Disisi lain, Sri menyebut, memang Pemerintah Mesir sedang menggiatkan berbagai destinasi wisata bertema sejarah kemanusiaan dan sejarah religi dari 3 agama monoteis yakni Yahudi, Krisianitas, dan Islam.

"Banyak pelajaran hidup dari berbagai belahan dunia, untuk kita terus mengasah dan memperbaiki diri dalam menjalani hidup," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Sri Mulyani: Kompleks IKN Sudah Mulai Terlihat secara Fisik

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat perkembangan pembangunan fiksi Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara). Setelah berkeliling, Sri Mulyani mengatakan bahwa IKN Nusantara sudah terlihat secara fisik.

"Kalau melihat tadi pagi bersama Presiden dan Menteri PUPR. Kami lihat dari atas kelihatan bahwa progres dari kompleks IKN sudah mulai terlihat secara fisik," ujar Sri Mulyani dikutip dari Antara, Jumat (22/9/2023).

Menkeu mengatakan perkembangan pembangunan Istana Presiden dan infrastruktur dasar sudah terlihat.

Menurutnya, dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memang banyak diberikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempersiapkan infrastruktur dasar mulai dari air, jalan raya, dan jembatan.

"Jadi hari ini kami akan lihat dan sangat impresif kemajuan yang dicapai dalam pembangunan IKN," terangnya.

Presiden dan para menteri pada malam hari kemarin menginap di area camping IKN. Menkeu menyampaikan lokasi camping berada di tengah hutan sangat baik dan memadai.

"Pagi hari ini kami bangun di tengah hutan bisa merasakan perbedaannya. Ini sangat segar untuk kita semua menikmati udara di IKN," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Momen Sri Mulyani Kamping Bareng Jokowi di IKN: Makan Nasi Goreng dan Durian

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membagikan momen kamping di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam akun instagram @smindrawati yang dikutip Liputan6.com, Jumat (22/9/2023), tampak Sri Mulyani tampak mengenakan baju lengan panjang berwarna hijau muda dan celana hitam, serta tak lupa mengenakan sneakers.

Sri Mulyani duduk disamping Presiden Jokowi sambil menyeruput minuman di gelasnya. Sementara, Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian yang lebih santai, yakni Jokowi memakai baju lengan panjang berwarna cokelat yang dipadankan dengan celana panjang hitam, dan mengenakan sendal jepit.

Sama halnya dengan Jokowi, Pratikno juga mengenakan baju lengan penek dan celana panjang hitam. Sedangkan, Menteri PUPR mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam serta mengenakan sandal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini