Sukses

Harga Beras Naik Pecahkan Rekor, Kapan Turun?

Perum Bulog akan terus berupaya menstabilkan harga beras. Sehingga tidak terus naik. Sehingga kenaikannya tidak terlalu berkontribusi terhadap inflasi dan berimbas pada kenaikan harga produk lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Harga beras terpantau terus mengalami kenaikan hingga pecahkan rekor. Harga beras medium kini bertengger di atas Rp 12.000 per kg dari semula Rp 10.000 per kg.

Untuk harga beras operasi pasar atau Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Perum Bulog saat ini dipatok Rp 54.500 untuk 5 kg, naik Rp 7.500 dari sebelumnya Rp 47.000 per 5 kg.

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal mengatakan, guna meredam gejolak harga beras, pihaknya kini memprioritaskan distribusi kepada pengecer.

"Jadi kan dari kondisi pasar sekarang masyarakat masih punya akses mendapatkan beras yang murah melalui pengecer. Makanya kebijakan Presiden, bahwa pelaksanaan SPHP dilakukan ke pengecer. Harapannya dia akan lebih dekat dengan konsumen," ujarnya di Gudang Bulog DKI Jakarta dan Banten di Kelapa Gading, Jakarta, Senin (11/9/2023).

Namun, Iqbal mengatakan, program operasi pasar tersebut bukan serta merta target penurunan harga. Lebih kepada menyeimbangkan pasar, antara sisi supply dan demand di musim kemarau panjang ini.

Secara pola tahunan, panen raya terjadi pada Maret-Mei. Lalu pada Agustus-September terjadi panen gadu, yang berlanjut panen di beberapa titik per November-Januari.

 

"Sementara konsumsi itu kan sepanjang tahun sama. Makanya ada kencenderungan harga saat panen turun, dan pada kondisi sekarang harga naik. Makanya untuk menyeimbangkan itu kita melakukan suplai ke pasar. Supaya ini efektif maka itu dilakukan melalui saluran yang lebih dekat dengan konsumen. Itu adalah pengecer," tuturnya.

Kendati begitu, Iqbal kembali menekankan, ia tidak bisa memastikan kapan harga beras turun. "Setidaknya stuck, stabil pada posisi itu," imbuhnya.

Perum Bulog disebutnya akan terus berupaya menstabilkan harga beras. Sehingga tidak terus naik. Sehingga kenaikannya tidak terlalu berkontribusi terhadap inflasi dan berimbas pada kenaikan harga produk lainnya.

"Enggak bisa begitu. Kita akan evaluasi terus supaya harga itu setidaknya tidak naik, karena yang kita jaga inflasi. Kalau misalnya harga stabil, berarti inflasinya tidak ada, atau nol, atau tidak terjadi inflasi," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Beras Melonjak ke Kondisi Terburuk, Pedagang Pasar Minta Ini ke Jokowi

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia merilis data terbaru per hari ini kamis, 31 Agustus 2023 harga beras medium secara nasional di kisaran Rp12.300 - 12 400 per kg. Sedangkan harga beras premium dikisaran Rp 14.000 - Rp 14.200 per kg.

Ketua Umum IKAPPI Abdullah Mansuri mengatakan kondisi ini merupakan kondisi terburuk dan menjadi rekor kenaikan harga beras.

"Untuk itu IKAPPI mendorong agar ada upaya-upaya percepatan pencegahan agar tidak masuk ke dalam ‘darurat beras nasional'," kata Abdullah dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Kamis (31/8/2023).

Ia menegaskan, meski belum masuk pada fase darurat beras secara nasional, tetapi memang potensi itu terus ada. Lantaran, IKAPPI melihat bahwa dilapangan saat ini di tingkat penggilingan sudah cukup sulit mendapatkan beras bahkan berebut.

"Sedangkan disisi lain kementerian pertanian masih meyakini bahwa akan ada panen di september, tetapi kami sendiri melihat fakta di lapangan melalui keluhan dari pedagang pasar se-Indonesia," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Stok Beras

Disamping itu, IKAPPI juga menilai bahwa stok beras yang dimiliki secara nasional masih belum cukup dalam waktu 4 bulan ke depan. Oleh karena itu, IKAPPI meminta kepada Presiden untuk mengupayakan langkah-langkah yang efektif yang baik.

"Karena bagaimanapun juga beras adalah satu-satunya bahan pangan yang wajib di masyarakat, sehingga kami mendorong untuk dilakukan percepatan penguatan penanganan agar tidak terjadi kepanikan dibawah," pungkasnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.