Sukses

Ini Dia Orang Terkaya Dunia yang Pernah Hidup, Nilai Hartanya Bikin Melongo

Jika berbicara tentang kekayaan, segala sesuatunya ada skalanya. Apa yang dimaksud dengan “kaya” saat ini mungkin berbeda dengan apa yang dimaksud dengan kaya pada satu abad yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Jika berbicara tentang kekayaan, segala sesuatunya ada skalanya. Apa yang dimaksud dengan “kaya” saat ini mungkin berbeda dengan apa yang dimaksud dengan kaya pada satu abad yang lalu. Nyatanya, ketika inflasi meningkatkan harga hidup, jumlah miliarder juga meningkat.

Pada tahun 2021, Forbes melaporkan ada 2.755 miliarder di dunia. Daftar tahun 2021 menambah rekor tertinggi hampir 500 miliarder baru dari tahun 2020. Amerika Serikat punya 724 miliarder pada tahun 2021, terbanyak di dunia. Sedangkan Tiongkok punya 698 miliarder, dan India 237.

Siapakah Orang Terkaya di Dunia?

Orang terkaya yang pernah ada diperkirakan seorang kaisar dengan kekayaan yang sering digambarkan sebagai “tak terbayangkan” atau “tak terhitung”. Gelar tersebut diberikan kepada kaisar Afrika abad ke 14 Mansa Musa, yang kekayaannya diperkirakan setara dengan USD 400 miliar di zaman modern.

Musa memerintah Kekaisaran Mali mulai tahun 1312, pada masa ketika sumber daya emas dan garam membantu kekaisaran tersebut berkembang. BBC melaporkan, Musa dan kekaisarannya memiliki hampir separuh emas Dunia Lama. Musa dikreditkan karena mendanai dan mendorong sastra, pendidikan, arsitektur, dan seni.

Dilansir dari History.com, Mansa Musa menunjukkan besarnya kekayaan saat ia menunaikan ibadah haji ke Mekah, dikelilingi puluhan ribu tentara dan budak yang membawa emas dalam jumlah besar.

Mansa Musa meninggalkan hadiah berupa emas ketika dia melintasi Mesir, sebuah hadiah yang murah hati dalam pikirannya, tetapi tidak dalam kenyataan. Sumber daya yang berharga itu justru menurunkan nilai logam dan menimbulkan dampak buruk terhadap perekonomian selama lebih dari satu dekade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Unik Para Orang Terkaya di Dunia

Miliarder Pertama Dunia

John D. Rockefeller menjadi miliarder pertama di dunia berdasarkan dolar yang terukur. Pendiri Standard Oil Company itu menjadi miliarder pada tahun 1916 dan memiliki kekayaan sekitar 2% dari perekonomian nasional.

Menurut Forbes, kekayaan keluarga Rockefeller mencapai USD 8,4 miliar pada tahun 2020. Kekayaan tersebut tersebar antara lebih dari 70 ahli waris.

 

3 dari 4 halaman

Orang Terkaya di Dunia Saat Ini

 

Elon Musk saat ini tidak lagi menjadi orang terkaya di dunia. Gelar itu sekarang milik Bernard Arnault dan keluarganya.

Arnault merupakan ketua dan CEO dari French Conglomerate LVMH, yang memiliki Louis Vuitton, Sephora, Christian Dior, dan Tiffany & Co, antara merek fashion dan kosmetik lainnya. Kekayaan bersihnya diperkirakan hampir USD 220 miliar pada Maret 2023.

4 dari 4 halaman

Keluarga Terkaya di Dunia

 

Terlepas dari kerugian sebesar USD 11 Miliar pada Juy 2022 setelah pendapatan Walmart jatuh, Insider melaporkan bahwa Walton Family masih menjadi keluarga terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sekitar hampir USD 200 miliar.

Sam Walton merupakan pendiri dari Walmart, dan meninggalkan warisan dan kekayaannya kepada tiga anaknya serta keluarga mereka.

Di belakang Walton Family, menurut Investopedia, gelar keluarga terkaya di dunia adalah Mars Family dengan perkiraan kekayaan USD 142 miliar dan Koch Family dengan kekayaan USD 124 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.