Sukses

Bank Indonesia: Biaya Tarik Tunai dan Transfer Melalui QRIS Tuntas Lebih Murah

Indonesia mendapatkan dua kado saat momen Hari Kemerdekaan Indonesia. Salah satunya, Bank Indonesia (BI) meluncurkan layanan baru melalui QR Indonesia Standard (QRIS) Tuntas.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mendapatkan kado pada momen Hari Kemerdekaan Indonesia, Kamis, 17 Agustus 2023. Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan layanan baru melalui QR Indonesia Standard (QRIS) Tuntas. Dengan menggunakan QRIS Tuntas dapat layanan tarik tunai, setor tunai hingga transfer dengan biaya lebih murah.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menuturkan, layanan QRIS Tuntas dapat dipakai baik bagi pemilik akun dan non pemilik. Selain pemakaian mobile banking, tarik tunai, transfer dan setor juga dapat memakai uang elektronik. Perry menambahkan, biaya transaksi layanan melalui QRIS Tuntas, masyarakat bakal dikenakan biaya lebih murah.

Misalkan, biaya tarik tunai dengan QRIS Tuntas ditetapkan sesuai kesepakatan dengan industri Rp 6.500 per transaksi, untuk transaksi on us intra PJP melalui agen, dan transaksi off us antar PJP. Selanjutnya untuk transaksi hingga Rp 100.000 per transaksi telah disepakati sebesar Rp2.000 per transaksi.

"Sedangkan transaksi on us intra PJP via ATM tidak dikenakan biaya. Ini lebih murah dibandingkan biaya tarik tunai off us saat ini di ATM yang sebesar Rp 7.500. Tarik tunai di agen yang dapat berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20.000,” ujar dia, Kamis, 17 Agustus 2023, dikutip Jumat (18/8/2023).

Ia menambahkan, untuk transfer dengan QRIS Tunas sama dengan BI Fast Rp 2.500 per transaksi. “Kalau BI Fast harus pakai account, kalau QRIS Tuntas boleh pakai account tapi juga boleh uang elektronik biaya murah Rp 2.500,” tutur dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biaya Setor Juga Lebih Murah

Perry juga mengatakan, kalau biaya setor tunai melalui QRIS Tuntas juga lebih murah. Ia memaparkan, biaya untuk sektor tunai dengan QRIS Tuntas sebesar Rp 5.000 per transaksi untuk transaksi on us melalui agen dan off us.

Sedangkan transaksi on us intra PJP via ATM tidak dikenakan biaya. “Lagi-lagi ini lebih murah, jauh lebih murah karena dibandingkan biaya setor tunai melalui agen saat ini yang dapat berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20.000 per transaksi,” ujar dia.

Hingga kini layanan setor tunai yang bersifat off us antar PJP memakai kanal PJP masih sangat terbatas  sehingga diharapkan menjadi solusinya. Batas nominal QRIS tuntas ikuti kebijakan batas nominal transaksi QRIS yang berlaku.

Perry menuturkan, layanan QRIS Tuntas sebagai kado HUT ke-78 RI. Selain itu sebagai peningkatan layanan setelah empat tahun QRIS digunakan.

QRIS Tuntas

Memperingati momen HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78, Bank Indonesia menghadirkan layanan baru lewat QR Indonesia Standard (QRIS). Kali ini BI, merilis QRIS yang bisa digunakan untuk melakukan tarik tunai, transfer, hingga setor.

Gebernur BI Perry Warjiyo menjelaskan ini menjadi kado indah yang diberikan BI untuk Indonesia. Harapannya, masyarakat bisa semakin dimudahkan dengan hadirnya layanan ini.

"Apa yang kami hadiahkan? Pertama, QRIS Tuntas, Tarik Tunai, Transfer, Setor. Ini akan memperluas layanan dan jangkauan QRIS," kata dia di Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023.

 

3 dari 4 halaman

Dampak Positif Kehadiran QRIS Tuntas

Perry mengisahkan, QRIS ini awalnya diluncurkan sejak 4 tahun lalu. Sejumlah dampak positif mulai dirasakan setelahnya.

Bahkan, pada masa pandemi Covid-19, layanan QRIS menjadi andalan pembayaran minim sentuhan. Artinya, kegiatan ekonomi masyarakat masih terus berjalan ditengah tantangan sektor kesehatan. Di sisi lain, penggunaan QRIS membawa peningkatan digitalisasi di sektor transaksi antar masyarakat.

Perry mengatakan, orang yang punya akun maupun tak punya akun bisa menggunakan layanan ini. "Dan juga sekaligus tidak hanya masyarakat yang punya account, tapi yang tidak punya account juga bisa, dengan biaya lebih murah," ujarnya.

Bank Indonesia akan meluncurkan fitur Quick Response Code Indonesian Standard Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai (QRIS TUNTAS) rencananya akan dilakukan pada Agustus 2023.

Dengan fitur ini, QRIS tak lagi hanya bisa untuk melakukan transaksi permbayaran tetapi juga bisa untuk tarik tunai, transfer dan setor tunai.

"Saat ini sudah ada 16 peserta yang siappilotinguntuk fitur ini.Pilotingsudah dilakukan sejak 2021 dan di 2022 sudahsoft launchingsaat di Bali, mudah-mudahan di Agustus nanti bisagrand launching," ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta dikutip Minggu (30/7/2023).

Filianingsih mengatakan setidaknya terdapat tiga manfaat yang diharapkan dari fitur QRIS TUNTAS dalam meningkatkan kualitas layanan dari sistem pembayaran digital.

 

4 dari 4 halaman

Kado HUT RI ke-78, Uji Coba QRIS Indonesia-Singapura Dimulai

Sebelumnya, Bank Indonesia memulai uji coba kerja sama QRIS antarnegara antara Indonesia dan Singapura. Ini jadi hadiah spesial yang juga dihadirkan BI di momen peringatan HUT RI ke-78.

Pada momen yang sama juga, Gubernur BI Perry Warjiyo meluncurkan layanan baru QRIS bernama QRIS Tuntas. Layanan ini menghadirkan fitur tarik tunai, transfer, dan setor.

"Yang kedua kita hari ini juga kita hadiahkan adalah dimulainya uji coba kerja sama QRIS antarnegara," kata dia dalam momen peluncuran di Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Perry menjelaskan kerja sama QRIS antara Indonesia dan Singapura menjadi poin pengembangan QRIS antarnegara. Sebelumnya, BI sudah sukses menjalin kerja sama dengan Thailand dan Malaysia.

"Setelah berhasil mengimplementssikan bersama Industri dengan Thailand dan Malaysia, mulai hari ini kita uji coba QRIS antarnegara antar Indonesia dengan Singapura," bebernya.

2 Kado KemerdekaanDengan demikian, ada dua kado indah yang diberikan oleh Bank Indonesia pada momen peringatan Kemerdekaan Republik Indoneisa ke-78. Yakni, peluncuran QRIS Tuntas dan uji coba kerja sama QRIS antara Indonesia dan Singapura.

"Mari, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, memohon keberkahan dari Tuhan yang Maha Esa mari kita hadiahkan dua hadiah ini QRIS Tuntas dan kerja sama QRIS Singapura untuk kemajuan digitalisasi Indonesia," kata Gubernur Bank Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini