Sukses

Harga Emas Dunia Jatuh ke Level Terendah Sebulan

Harga emas dunia jatuh ke level terendah hampir satu bulan pada hari Selasa.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas dunia jatuh ke level terendah hampir satu bulan pada hari Selasa. Ini karena investor berlindung pada dolar AS setelah data perdagangan China yang lemah. Sementara kehati-hatian berlaku menjelang angka inflasi AS akhir pekan ini.

Dikutip dari CNBC, Rabu (9/8/2023), harga emas di pasar spot tergelincir 0,6 persen menjadi USD 1.925,79 per ons, setelah mencapai level terendah sejak 10 Juli. Harga emas berjangka AS 0,5 persen lebih rendah pada USD 1.959,9.

"Banyak kegugupan tentang prospek pertumbuhan global dan mungkin akan jauh lebih lemah dari yang diantisipasi orang dan itu memicu perpindahan ke dolar AS," kata Edward Moya, analis pasar senior Amerika di OANDA.

Dolar AS naik 0,5 persen terhadap para pesaingnya, membuat harga emas dunia kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Data Inflasi AS

Semua mata akan tertuju pada data indeks harga konsumen AS yang akan dirilis pada hari Kamis. Inflasi AS kemungkinan sedikit meningkat pada bulan Juli menjadi 3,3% tahunan, sementara tingkat inti kemungkinan tidak berubah pada 4,8 persen, menurut jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom.

"KITA. laporan inflasi penting, tetapi yang lebih penting adalah yang akan kita dapatkan bulan depan dan itu mungkin akan menunjukkan bahwa kita akan melihat beberapa penurunan emas dalam waktu dekat, ”kata Moya.

Gubernur Fed Michelle Bowman pada hari Senin menguraikan kemungkinan perlunya kenaikan suku bunga tambahan untuk menurunkan inflasi ke target 2 persen Federal Reserve, sementara kepala Fed New York John C. Williams memperkirakan suku bunga dapat mulai turun tahun depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sentimen Suku Bunga

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga A.S., karena ini meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Mencerminkan sentimen suram pada emas, kepemilikan dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust, turun ke level terendah lima bulan pada hari Senin.

"Sementara bank sentral mencatat rekor paruh pertama dalam hal permintaan emas, pedagang dan investor di masa depan dan ETF tetap skeptis tentang potensi kenaikan saat ini," kata kepala strategi komoditas Saxo Bank Ole Hansen.

3 dari 4 halaman

Siap-siap, Harga Emas Dunia Diprediksi Makin Kemilau Pekan Ini

Harga emang dunia menguat usai pengumuman laporan pekerjaan Amerika Serikat (AS) Juli 2023 yang lebih lemah dibanding perkiraan. Harga emas dunia di pasar spot mampu melaju ke USD 1.931 per ons dan menyentuh level intraday tertinggi di USD 1.946,79 per ons.

Dari realisasi harga emas pada minggu kemarin itu, sebagian besar analis yang ikut dalam survei mingguan Kitco memperkirakan harga emas dunia akan bullish pada minggu ini. Bahkan keyakinan penguatan tersebut masih tinggi ketika tekanan inflasi tetap ada.

Survei Kitco akhir pekan lalu, 15 analis Wall Street berpartisipasi. Delapan dari mereka atau 53% berharap melihat harga emas yang lebih tinggi pada minggu ini. Sementara enam analis atau 40% memiliki pandangan netral. Hanya satu analis yang memperkirakan harga logam mulia bergerak lebih rendah selama tujuh hari ke depan, mewakili 7 persen dari total.

"Pasar pekerjaan AS perlahan mendingin, dan itulah yang ingin dilihat Fed," kata Kepala Analis Mata Uang Forexlive.com, Adam Button, dikutip dari Kitco, Senin (7/8/2023).

"Pasar semakin nyaman bahwa saat ini berada di tingkat tertinggi suku bunga Fed. Ketika itu dikonfirmasi, saya pikir ada juga kesempatan untuk suku bunga turun dan menjadi sentimen bullish untuk emas." tambah dia.

Button mengatakan emas sudah berada pada harga yang cukup tinggi meskipun ada hambatan kuat dari The Fed.

"Titik awal saat ini adalah sekitar USD 1.940, jadi seberapa tinggi emas dapat berjalan dalam siklus pemotongan suku bunga?" Dia bertanya."Kami telah melihat tingkat riil yang tinggi, dan ketika Anda mengambil langkah mundur dan melihat bagaimana kinerja emas selama siklus kenaikan tingkat ini, ini sangat menggembirakan." kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Peristiwa Musiman 

Dia menambahkan bahwa meskipun ini masih sedikit lebih awal dalam istilah musiman, pada saat kuartal IV bergulir, akan jelas bahwa Fed telah selesai dan penurunan suku bunga akan dilakukan pada 2024.

"Saat itulah saya memperkirakan emas akan lepas landas."

Button mengatakan dia juga bullish pada emas dalam jangka pendek.

"Saya berharap laporan CPI minggu depan menekankan bahwa inflasi terkendali dan perlahan akan mereda, dan itu akan membantu mengangkat emas," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.