Sukses

Indonesia Re Tambahkan Core Values AKHLAK di Penilaian Performa SDM

Sedangkan dalam pembentukan Agent of Change, komunitas AKHLAK di dalam lingkup internal Indonesia Re digaungkan sebagai agen perubahan Indonesia Re berAKHLAK.

Liputan6.com, Jakarta - PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re turut berpartisipasi dalam merayakan hari jadi ketiga tahun penetapan Nilai-Nilai Utama (core values) Sumber Daya Manusia (SDM) BUMN yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Indonesia Re sendiri menerapkan tiga kategori kegiatan di tahap awal implementasi AKHLAK, yaitu komunikasi oleh para pimpinan, pembentukan Agent of Change, dan penyelenggaraaan kegiatan pengenalan budaya.

Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM & Corporate Secretary Indonesia Re Robbi Y Walid menjelaskan, Setiap kategori memiliki cara penyampaian yang berbeda-beda sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.

"Dalam komunikasi oleh para pimpinan, penyampaian dilakukan melalui acara Townhall AKHLAK Indonesia Re Group dan Kick-off Meeting Task Force AKHLAK di bulan Agustus ini," kaya dia Jumat (4/8/2023).

Sedangkan dalam pembentukan Agent of Change, komunitas AKHLAK di dalam lingkup internal Indonesia Re digaungkan sebagai agen perubahan Indonesia Re berAKHLAK.

Selanjutnya, penyelenggaraan kegiatan pengenalan budaya diwujudkan dengan diselenggarakannya sebuah acara bulanan atau tahunan bertajuk core values AKHLAK dilingkup Indonesia Re Group, yaitu Indonesia Re AKHLAK Gathering dan Indonesia Re AKHLAK Festival.

Tidak hanya sampai disitu, Indonesia Re juga sudah merencanakan implementasi tahap intervensi yang akan dilakukan mulai November 2023 hingga Januari 2024. Ditahap ini, perusahaan akan menegakkan kembali komitmen dengan mengikutsertakan pimpinan dalam setiap program implementasi Indonesia Re berAKHLAK.

Selain itu, Indonesia Re juga akan menambahkan core values AKHLAK pada penilaian setiap performa SDM perusahaan sebagai bentuk komitmen Indonesia Re sebagai BUMN berAKHLAK.

Kategori terakhir dari tahap intervensi adalah penyelarasan simbol dan atribut AKHLAK dengan implementasi tahap awal pada kegiatan komunikasi oleh para pimpinan, yakni penyampaian secara VAK (Visual, Auditory, dan Kinesthetic).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perubahan Perilaku

Robbi melanjutkan, Indonesia Re menargetkan di Februari – April 2024 sudah akan masuk ke tahap penerimaan dan di bulan Mei – Juli 2024 targetnya sudah akan masuk ke tahap perubahan perilaku. Kedua tahap ini terdiri dari tiga kategori, yaitu pemahaman, penerimaan, dan penerapan.

"Penyusunan target ini sendiri kami lakukan untuk turut berpartisipasi dalam penerapan core values SDM BUMN menjadi budaya perusahaan dan menjadi dasar pembentukan karakter SDM di lingkungan BUMN,” ungkap Robbi.

AKHLAK sendiri memiliki definisi dari setiap hurufnya. Amanah, yang memiliki definisi memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Kompeten yang artinya setiap insan BUMN harus terus belajar dan mengembangkan kapabilitas. Harmonis artinya setiap SDM BUMN harus saling peduli dan menghargai setiap perbedaan yang ada.

 

3 dari 3 halaman

Loyal, Adaptif dan Kolaboratif

Selanjutnya, Loyal yang artinya setiap insan BUMN berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif yang memiliki definisi terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan.

Terakhir, Kolaboratif yang artinya setiap SDM BUMN wajib membangun kerjasama yang sinergis.

“Kami berharap dengan adanya AKHLAK sebagai core values dapat menjadikan setiap insan Indonesia Re menjadi lebih baik, terarah, serta menjalankan core values tersebut di dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Robbi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.