Sukses

Hari Pertama Kerja, Ajukan Pertanyaan Ini Demi Kesan yang Baik

Anda mungkin senang bergabung dengan perusahaan dan mengambil tanggung jawab baru, tetapi Anda juga memiliki banyak pertanyaan yang mengganggu pikiran.

Liputan6.com, Jakarta Setinggi apapun kepercayaan diri seseorang, hari pertama kerja akan tetap memunculkan emosi yang campur aduk. Di satu sisi, Anda senang bergabung dengan perusahaan dan mengambil tanggung jawab baru, tetapi Anda juga memiliki banyak pertanyaan yang mengganggu pikiran.

Dari sesuatu yang sepele seperti mencari tahu di mana harus memarkir mobil Anda hingga bertanya-tanya kepada siapa harus melapor setiap hari. Anda memiliki banyak hal yang terjadi di kepala Anda saat memasuki kantor untuk pertama kalinya. Inilah sebabnya, untuk membuat diri Anda nyaman dalam lingkungan profesional, Anda harus bersiap untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada manajer perekrutan Anda.

The Economic Times membagikan 4 pertanyaan yang dapat diajukan setiap karyawan pada hari pertama kerja mereka.

Dengan siapa saya akan bekerja sama atau melapor langsung?

Sebenarnya, manajer perekrutan Anda pasti sudah merencanakan untuk langsung memperkenalkan kepada tim atau atasan Anda. Ada baiknya pertanyaan semacam ini tetap diajukan untuk menunjukkan keinginan Anda untuk berinteraksi dengan semua orang dan memahami peran mereka.

Selain itu, diperkenalkan secara formal dan terlibat dalam interaksi langsung dengan orang lain akan memungkinkan Anda memulai hari dengan nada positif. Bahkan jika perusahaan belum merencanakan induksi formal atau mengidentifikasi mentor/teman untuk Anda jalani di masa-masa awal, mengajukan pertanyaan ini akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang benar-benar baru bagi Anda. 

Apa tanggung jawab saya untuk hari ini dan selama minggu ini?

Sangat penting untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang tanggung jawab dan ekspektasi dari divisi kerja Anda sejak hari pertama.

Anda dapat menjadi produktif dan bekerja lebih keras ketika tahu apa yang diharapkan untuk dicapai. Ini juga akan menyampaikan kepada perusahaan bahwa Anda suka mengambil inisiatif, memiliki kualitas kepemimpinan, dan lebih memilih untuk tetap terdepan dalam hal perencanaan dan pengorganisasian, hal-hal yang sangat dihargai manajer dalam diri seorang karyawan.

Adakah peraturan khusus mengenai dress code, istirahat makan siang, atau jam kerja yang harus saya ketahui?

Setiap perusahaan memiliki kebijakan dan pedoman sendiri mengenai aturan berpakaian, istirahat makan siang, dan jam kerja.

Jadi ada baiknya untuk menanyakan semuanya sebelum Anda memulai hari untuk menghindari kesalahpahaman. Selain itu, hal-hal ini akan berdampak langsung pada pekerjaan dan ketenangan pikiran Anda. Jadi jangan ragu untuk menemukan jawaban dari pertanyaan semacam itu.

Seberapa sering kinerja saya dinilai? Indikator apa yang akan digunakan untuk mengukur kinerja saya?

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memahami bagaimana perusahaan akan menilai kinerja Anda dan seberapa sering proses evaluasi akan dilakukan.

Itu bisa bulanan, dua bulanan atau triwulanan, tergantung pada apa yang terbaik untuk perusahaan dan karyawannya. Selain itu, informasi penting ini akan memungkinkan Anda mempersiapkan diri dengan baik dan mencapai target Anda sebelum penilaian.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.