Sukses

Putri Ariani Ditunjuk Jadi Duta Kekayaan Intelektual 2023, Ini Alasannya

Putri Ariani peraih golden buzzer America’s Got Talent 2023 akan menjadi mitra Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menunjuk Putri Ariani (17) peraih golden buzzer America’s Got Talent 2023 sebagai Duta Kekayaan Intelektual 2023.

Perempuan bernama lengkap Ariani Nismaputri akan menjadi mitra Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham untuk mempromosikan pentingnya perlindungan dan pemanfaatan kekayaan intelektual (KI) pada masyarakat, terutama anak muda. Demikian dikutip dari Antara, Selasa (20/6/2023).

"Harapannya, agar Ananda Putri dapat melakukan promosi, sosialisasi, dan edukasi kekayaan intelektual sehingga menginspirasi anak-anak bangsa untuk terpacu mengembangkan bakat, terus berkarya menggunakan kekayaan intelektual, memberdayakan kreativitas secara positif, dan berusaha secara kompetitif serta meraihnya secara sportif,” ujar Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Selain itu, Yasonna juga menganugerahkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Putri dan kedua orangtuanya. “Putri Ariani telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata internasional.

Oleh karena itu, saya memberikan apresiasi yang tinggi atas talenta luar biasa Putri serta kedua orangtuanya yaitu Ismawan Kurnianto dan Reni Alfianty,” tutur Yasonna di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM.

Adapun apresiasi yang diberikan Yasonna berupa pemberian piagam serta surat pencatatan hak cipta atas dua lagu Putri Ariani yang berjudul Loneliness dan Permata Indah Dunia.

“Surat pencatatan ini penting karena sebagai bukti awal kepemilikan karya sehingga apabila suatu saat terjadi sengketa, sudah jelas dokumen legalnya bahwa kedua lagu ini adalah milik Putri,” ujar dia.

Yasonna menambahkan, perlindungan hak cipta sendiri sebetulnya bersifat deklaratif yaitu otomatis begitu karya dipublikasikan. Ia menuturkan, pengumpulan royalti untuk pencipta lagu dan performer lagu/music telah memiliki aturan dan sistem melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya DJKI

Yasonna mendorong LMKN untuk senantiasa memperluas dan memperat kerja sama dengan musisi baik di pusat dan daerah-daerah di Indonesia agar pengumpulan dan distribusi royalti di Indonesia dapat memberikan kesejahteraan pada musisi.

Sementara itu, Kemenkumham melalui DJKI secara aktif turun ke berbagai daerah di Indonesia untuk melakukan sosialisasi kekayaan intelektual melalui beberapa program di antaranya Mobile IP Clinic, IP and Tourism, seminar IP Talks. Pada 17-18 Juni 2023, DJKI baru saha menyelenggarakan kegiatan IP and Tourism di Kepulauan Riau untuk mendorong pariwisata berbasis kekayaan intelektual di sana.

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Min Usihen menuturkan, DJKI juga aktif membuat konten dan publikasi melalui kanal media sosial dan media massa untuk meningkatkan kesadaran serta pemahaman untuk anak muda terhadap kekayaan intelektua. Masyarakat juga dapat berkonsultasi langsung melalui layanan informasi dan aduan yang telah disediakan melalui livechat, email, siviki, call center dan media sosial.

3 dari 4 halaman

Cerita Putri Ariani Peraih Golden Buzzer AGT saat Tampil di Asian Para Games

Sebelumnya, keterbatasan tidak membuat penyanyi Putri Ariani (17) berhenti berkarya. Ia terus mengembangkan bakat menyanyi dan memberikan inspirasi bagi generasi muda.

Sebelum tampil memukau di ajang pencarian bakat America’s Got Talent (AGT) 2023, Putri Ariani juga pernah menyumbangkan lagu saat ajang Asian Para Games 2018. Putri dapat tampil di ajang Asian Para Games ketika mendapatkan tawaran dari Ketua Umum Indonesia Asian Paralympic Games 2018 Organization Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari.

"Ceritanya awal tampil menyanyikan 10 lagu. Selesai tampil, di backstage Ketua Umum INAPGOC Raja Okto (dengarkan-red), dari 10 lagu ada yang suka, nawarin mau tidak isi Asian Para Games. Wah bercanda yah, karena secara Asian Para Games, waktu itu pertama dilaksanakan di Indonesia sebelumnya di Guang Zhou dan Korea, nanti ditonton jutaan,” ujar Putri saat dikutip dari akun Youtube Rukun Indonesia, Jumat (16/6/2023).

Putri menyampaikan tampil di Asian Para Games 2018 seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Ia mengira hal itu seperti bercanda, ternyata dikirimkan vide. "Like dream come true. Jangan-jangan ini cuma bercanda, ternyata dikirim video, ternyata beneran,” ujar dia.

Perempuan kelahiran Riau ini pun akhirnya menyumbang suara saat tampil di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada ajang Asian Para Games. Putri Arianimengaku sempat gugup sekaligus senang. “Mimpi Putri jadi nyata, penontonnnya banyak. Agak sedikit tremor. Energi meluap-lupa, nervous hilang, bangga, senang, bersyukur, karena ini kesempatan tidak semua orang dapatkan,” tutur dia.

Saat wawancara tersebut, Putri membagikan langkah-langkah untuk meraih kesuksesan. Empat langkah yang dilakukan perempuan yang juga hobi membaca ini dengan menemukan passion, mengerjakan apa yang disukai dan dicintai, konsisten dan mengurangi overthinking.

 

 

4 dari 4 halaman

Pesan Putri Ariani

Putri menuturkan, dirinya beruntung dapat mendapatkan passion di musik sejak muda. Ia pun melakukan apa yang disukai dan dicintainya melalui musik sehingga melakukan dengan senang.

“Enggak bakal terbeban selalu enjoy, meski mood tidak baik-baik,” tutur dia.

Putri juga mengingatkan untuk konsisten mengerjakan passion dan kegiatan yang disukai. “Kalau misalkan nemu (passion-red) tapi tidak konsisten, sama saja enggak,” ujar dia.

Selain itu, Putri juga berupaya untuk mengurangi overthingking dan menambah pikiran positif. “Ubah insecure jadi bersyukur, kalau sudah bersyukur akan membuat kemampuan kita meningkat,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini