Sukses

Kala Ajang Balap Formula-E Jadi Momen Perluas Sistem Pembayaran Nontunai

Liputan6.com, Jakarta Memanfaatkan momentum gelaran balap mobil elektrik Formula-E yang diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara, Bank DKI turut menyelenggarakan JakOne Beach Festival di Pantai Timur Ancol pada 3-4 Juni 2023 lalu.

Acara tersebut sukses menyedot ribuan pengunjung dengan sejumlah acara menarik, diantaranya hiburan akustik dan DJ, games interaktif, hingga nonton bareng balapan Formula-E seri Jakarta. Belum lagi ketersediaan bazar aneka makanan dan minuman oleh 50 UMKM binaan Bank DKI yang turut memanjakan lidah pengunjung.

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan JakOne Beach Festival sebagai wujud partisipasi Bank DKI untuk memeriahkan gelaran Jakarta E-Prix 2023 dengan menghadirkan nuansa Formula-E di luar sirkuit dan dapat dinikmati semua orang.

"JakOne Beach Festival juga sebagai upaya kami (Bank DKI) menyebarluaskan dan memberikan pengalaman transaksi non tunai yang mudah, aman dan menyenangkan melalui aplikasi JakOne Mobile. Kegiatan ini juga merupakan wujud dukungan Bank DKI terhadap UMKM dengan menghadirkan 50 UMKM binaan Bank DKI " ujar Fidri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (10/6/2023).

Fidri melanjutkan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi JakOne Mobile dan bertransaksi scan QRIS di tenant pilihan. Dengan mengaktifkan fitur scan QRIS di aplikasi JakOne Mobile, pengguna dapat dengan mudah melakukan pembayaran dengan melakukan pemindaian kode QR yang terdapat pada merchant yang berpartisipasi.

”Ini memungkinkan masyarakat untuk merasakan kemudahan dan keamanan bertransaksi nontunai tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu fisik.” tambah Fidri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Momentum Bagi UMKM

Komisaris Bank DKI, Michael Rolandi C. Brata turut memberikan apresiasi dan menyambut baik atas diselenggarakannya acara JakOne Beach Festival.

“Ya tentunya Pemprov DKI sesuai dengan arahan Bapak Gubernur ingin selalu mendorong adanya kolaborasi di sinergitas antar BUMD. Tentunya Bank DKI sebagai orkestraktor BUMD bisa mengakomodir seluruh transaksi-transaksi yang ada di BUMD DKI dan di Pemprov DKI khususnya.” tandas Michael.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan bahwa kegiatan JakOne Beach Festival yang diselenggarakan bersamaan dengan gelaran Formula-E merupakan momentum yang baik bagi UMKM dalam mempromosikan produknya.

“Selain aplikasi JakOne Abank, dukungan Bank DKI terhadap UMKM juga diwujudkan dengan akses pembiayaan UMKM melalui berbagai produk Kredit segmen UMKM serta pengembangan Digital Lending, yang dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku UMKM untuk terus mengembangkan diri dan mencapai tingkatan yang lebih luas.” tutup Arie. 

 

3 dari 3 halaman

Aktif Bangun Sinergi BUMD

Menjalankan fungsinya sebagai kolaborator, Bank DKI bersinergi dengan BUMD milik Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan daya dukung finansial melalui produk digital yang berimplikasi pada ekosistem bisnis, kemajuan perekonomian dan teknologi keuangan yang modern untuk Jakarta.

Beberapa yang telah terimplementasi diantaranya, layanan pembayaran ticketing non tunai dengan JakCard pada TransJakarta, MRT dan Railink, serta beberapa lokasi wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta seperti Monas, Taman Margasatwa Ragunan dan Museum. Bank DKI juga mengembangkan Ancol Apps yang terintegrasi dengan aplikasi JakOne Mobile sebagai kanal pembayaran untuk pembelian tiket Ancol.

JakOne Mobile juga dilengkapi dengan fitur pembayaran tagihan seperti pajak dan retribusi, pembayaran air yang menjadi kelolaan PAM Jaya, serta layanan e-channel pada sektor pariwisata oleh Jakarta Tourisindo. Termasuk sinergi dalam bentuk pemberian akses pembiayaan terhadap berbagai project milik BUMD DKI Jakarta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.