Sukses

Jokowi Rogoh Rp 289 Miliar Buat Bonus Atlet SEA Games 2023, Medali Emas Kantongi Rp 525 Juta

Jokowi mengatakan, para atlet berhasil membawa pulang medali emas di atas jumlah yang ditargetkannya. Jokowi saat memberangkatkan kontingen ini menargetkan 69 medali emas.

Liputan6.com, Jakarta -  Menepati janjinya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan bonus total Rp 289 miliar kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih SEA Games 2023 yang berhasil meraih medali. 

Indonesia dalam SEA Games edisi ke-32 ini berada di peringkat ketiga klasemen akhir perolehan medali. Kontingan Merah Putih meraih 276 medali yang terdiri dari 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Jokowi mengatakan, para atlet berhasil membawa pulang medali emas di atas jumlah yang ditargetkannya. Jokowi saat memberangkatkan kontingen ini menargetkan 69 medali emas.

"Saya jadi berpikir, bonusnya jadi gede banget. Kita hitung-hitung totalnya Rp 289 miliar untuk atlet, pelatih, asisten pelatih. Semuanya diberikan," kata Jokowi saat pemberian bonus di halaman Istana Merdeka Jakarta, Senin (5/6/2023).

Dia mengaku kaget dan gembira dengan prestasi yang ditoreh para atlet di beberapa cabang olahraga. Misalnya, tim basket putri yang berhasil mendapat medali emas, setelah 64 tahun.

Kemudian, tim hoki indoor putra dan kriket putri yang mendapat medali emas untuk pertama kali sejak Indonesia mengikuti SEA Games. Tak hanya itu, Jokowi juga bangga dengan keberhasilan timnas sepakbola U-22 yang mendapat medali emas, setelah 32 tahun.

"Ini saya kira masyarakat sangat senang dan sangat bangga atas lompatan perolehan medali emas yang berada di 87 emas," ujar Jokowi.

Jokowi pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas perjuangan para atlet. Dia meminta agar bonus tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya, khususnya untuk investasi jangka panjang.

"Jangan diberikan barang-barang mewah yang tidak bermanfaat. Kalau beli mobil beli sekarang, tahun depan dijual sudah jadi separuh. Saya titip ini karena perjuangan saudara masih panjang," jelas Jokowi.

Rincian Bonus

Berikut jumlah bonus yang diberikan kepada para atlet SEA Games 2023:

A. Medali Emas Beregu menerima Rp367.500.000

B. Medali Emas Ganda/Pasangan menerima Rp420.000.000

C. Medali Emas Perorangan menerima Rp525.000.000

D. Medali Perak Ganda/Pasangan menerima Rp252.000.000

E. Medali Perak Perorangan menerima Rp315.000.000

F. Medali Perunggu Beregu menerima Rp110.250.000

G. Medali Perunggu Ganda/Pasangan menerima Rp126.000.000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sri Mulyani Kucurkan Rp 852 Miliar untuk SEA Games 2023, Buat Apa Saja?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan anggaran untuk mendukung penuh kontingen Indonesia pada kegiatan SEA Games 2023.

Melalui akun Instagram resmi @smindrawati, Rabu (17/5/2023), Menkeu Sri Mulyani mengucurkan Rp 852,2 miliar untuk kegiatan SEA Games 2023. Dana itu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Sri Mulyani menyampaikan penggunaan dana itu antara lain untuk:

  1. Rp 522 miliar untuk pembinaan atlet-atlet sebelum berlaga di multi-event internasional
  2. Rp 55,2 miliar untuk bantuan pengiriman kontingen menuju Kamboja.
  3. Rp 275 miliar untuk pemberian bonus bagi peraih medali (atlet/pelatih/asisten pelatih) SEA Games ke-32.

“Saya pastikan APBN#UangKita akan terus hadir untuk mendukung sektor olah raga Indonesia,” tulis dia.

 

3 dari 3 halaman

Rasa Bangga

Sri Mulyani pun mengungkapkan rasa bangga terhadap performa tim Indonesia di SEA Games 2023. Apalagi ketika pertandingan final sepak bola U-22 antara tim nasional Indonesia dan Thailand yang menegangkan dan hingga berbuah manis dengan kemenangan Indonesia.

“Semalam, kita semua menyaksikan pertandingan final sepak bola tim U-22 yang begitu menegangkan. Drama yang berlanjut hingga babak tambahan tersebut berbuah manis bagi Indonesia. Kemenangan 5-2 mengantarkan kita kepada medali emas SEA Games setelah penantian 32 tahun lamanya,” tulis dia.

Ia menambahkan, kalau performa tim Indonesia di SEA Games ke-32 kali ini sangat membanggakan sehingga dapat menjadi juara umum di cabang olah raga pencak silat, wushu, balap sepeda, tenis, e-sports, angkat besi dan badminton.

“Beberapa cabang olah raga juga menorehkan catatan yang luar biasa. Mulai tim voli yang meraih hattrick emas pada 3 SEA Games berturut-turut, hingga basket putri yang berhasil meraih medali emas pertamanya,” tulis dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini