Sukses

Genap Sebulan, Semburan Api di Rest Area KM 86 Tol Cipali Belum Padam

PT Lintas Marga Sedaya sebagai pengelola jalan Tol Cipali memberikan kompensasi kerugian kepada tenant atas dampak terjadinya semburan api di rest area KM 86 jalan Tol Cipali.

Liputan6.com, Jakarta - Semburan api yang terjadi di rest area KM 86 jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) belum mampu dipadamkan hingga saat ini. Semburan api di rest area KM 86 Tol Cipali ini sudah terjadi sejak 26 April 2023 pagi.

Direktur Operasional PT Lintas Marga Sedaya sebagai pengelola jalan Tol Cipali, Agung Prasetyo,  menjelaskan bahwa hingga saat ini semburan api di rest area KM 86 jalan Tol Cipali arah Jakarta masih terjadi.

"Kami masih mencari solusi tepat untuk proses pemadaman semburan api di rest area KM 86. Upaya itu dilakukan dengan melakukan kajian bersama dengan para pihak seperti ESDM, Kemen PUPR dan para ahli," katanya dikutip dari Antara, Sabtu (27/5/2023).

Untuk para tenant yang berada di rest area tersebut, kata dia, pengelola jalan Tol Cipali memberikan kompensasi berupa perpanjangan waktu sewa yang akan disesuaikan dengan durasi penanganan kejadian semburan api.

Ia menyampaikan, kompensasi itu diberikan sebagai salah satu bentuk kepedulian PT Lintas Marga Sedaya selaku pengelola rest area KM 86.

Kompensasi tersebut diberikan karena sejak peristiwa semburan api, Rabu, 26 April 2023 hingga kini rest area itu tutup.

"Kami juga menyampaikan rasa terima kasih atas kebesaran hati dan sikap positif dari para tenant atas kejadian alam yang terjadi di rest area KM 86 jalan Tol Cipali," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fenomena Geologi

Menurut dia, dengan memahami kejadian semburan api itu sebagai fenomena alam yang terjadi, pihaknya selaku pengelola rest area akan terus berupaya maksimal agar tenant dapat beroperasi dan beraktivitas seperti sedia kala.

Sementara itu, semburan api di rest area KM 86 jalan Tol Cipali terjadi pada arus balik lebaran lalu, Rabu, 26 April 2023.

Penyelidik Bumi dari Pusat Survei Geologi (PSG) Iwan Sukma sebelumnya mengatakan, semburan api itu merupakan fenomena geologi yang umum terjadi mengingat di wilayah bagian utara Jawa Barat adalah wilayah produksi minyak yang cukup besar.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih melakukan penelitian lebih lanjut atas peristiwa semburan api di rest area KM 86 jalan Tol Cipali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini