Sukses

Miliarder Bergelar Profesor Ini Sumbang Rp 3 Triliun Buat Organisasi Nirlaba

Selain menjadi miliarder berkat hasil investasi pada pembuat vaksin Moderna, Springer juga merupakan seorang ahli imunologi yang telah berada di Harvard selama 46 tahun. Dia menjadi seorang profesor kimia biologi dan farmakologi molekuler.

Liputan6.com, Jakarta - Profesor sekaligus pengusaha Harvard Medical School Tim Springer telah menyumbangkan USD 210 juta atau sekitar Rp 3 triliun kepada Institute for Protein Innovation (IPI), sebuah organisasi penelitian nirlaba asal Boston yang berfokus pada ilmu protein. Lembaga itu baru mengumumkan donasi tersebut pada hari Rabu meskipun sumbangan telah diberikan oleh Springer, istrinya Chafen Lu, dan anak-anaknya sejak Desember 2020.

Mengutip dari Forbes, Sabtu (27/5/2023), selain menjadi miliarder berkat hasil investasi pada pembuat vaksin Moderna, Springer juga merupakan seorang ahli imunologi yang telah berada di Harvard selama 46 tahun. Dia menjadi seorang profesor kimia biologi dan farmakologi molekuler.

Menurut perkiraan Forbes, Springer berharta sekitar USD 1,9 miliar. Karena terlibat dalam pendirian IPI pada 2017, dia pun menyumbangkan USD 40 juta kekayaannya untuk institut tersebut.

“Saya mendirikan IPI dengan premis bahwa pengecoran alat protein dan antibody akan membantu para ilmuwan membuat penemuan dan kemungkinan terapi baru untuk tahun-tahun mendatang; hadiah saya akan membantu mewujudkan visi ini,” kata Springer dalam sebuah pernyataan. “IPI adalah proyek warisan saya dan mengakui peran antibodi monoklonal dalam penemuan dan penelitian dasar saya.”

Jadi, IPI ini berfokus pada penyediaan alat berbasis antibodi dan protein untuk komunitas ilmiah. Organisasi tersebut menciptakan antibodi dan protein sintetik (alih-alih menggunakan antibodi yang diperoleh dari tikus dan hewan laboratorium) dan menjualnya kepada peneliti ilmiah.

"Protein adalah mesin kehidupan dan kami menemukan bahwa antibodi memberi Anda sarana yang luar biasa untuk memeriksa mesin kehidupan," kata Springer kepada Forbes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkontribusi Untuk Institut

Di samping itu, Springer juga mengatakan bahwa donasi tersebut akan membantu meningkatkan skala institut, menghadirkan teknologi baru, dan merekrut profesional berkaliber lebih tinggi. Dia mengatakan, donasi tersebut diberikan melalui pemberian saham yang dia miliki di berbagai perusahaan biotek, termasuk Moderna.

Dengan USD 5 juta, Springer menjadi investor pendiri di Moderna. Ketika perusahaan tersebut go public pada Desember 2018, dia memiliki lebih dari 5 persen sahamnya. Upaya kewirausahaan sebelumnya telah memberi Springer dana untuk diinvestasikan di Moderna. Dia mendirikan perusahaan biotek LeukoSite pada 1993, membawanya ke publik pada 1998 dan menjualnya ke Millenium Pharmaceuticals pada tahun berikutnya seharga USD 635 juta dalam bentuk saham. Springer mendapatkan saham Milenium senilai sekitar USD 100 juta dari kesepakatan itu.

Springer memutuskan untuk meluncurkan institut tersebut setelah beasiswa postdoctoral di University of Cambridge, di Inggris, dengan César Milstein, seorang ahli biokimia Argentina yang menerima Hadiah Nobel untuk karyanya dengan teknologi antibodi. Springer terus membangun penemuan mereka begitu dia kembali ke Amerika Serikat tetapi dia mengatakan teknologi itu hanya tersedia di perusahaan nirlaba, menginspirasi dia untuk berekspansi ke sektor nirlaba.

Presiden dan CEO IPI Ken Fasman menyebut donasi tersebut "transformatif", menambahkan bahwa organisasi tersebut sekarang akan "dapat mengatasi masalah yang lebih menantang dalam ilmu protein yang tidak dapat atau tidak dapat dilakukan oleh akademisi dan industry”.

Springer yang duduk di dewan IPI sudah lama berkecimpung di industri biotek. Selain pendiri di Moderna, ia juga memiliki saham di Selecta Biosciences, Scholar Rock, dan Morphic Therapeutic. Bahkan dia menjadi pendiri dan investor di dua perusahaan swasta, Seismic Therapeutics dan Tektonik Therapeutics.

https://www.forbes.com/sites/gigizamora/2023/05/24/billionaire-professor-tim-springer-donates-210-million-to-biomedical-research-nonprofit/?sh=28689b0272c8

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.