Sukses

Macet Demo Hari Buruh, 16 KA Keberangkatan Stasiun Gambir Berhenti di Jatinegara

Ada 16 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir yang akan disesuaikan lokasi dan waktu keberangkatannya mengingat adanya peringatan hari buruh.

Liputan6.com, Jakarta PT KAI Daop 1 Jakarta menambah opsi naik kereta api jarak jauh keberangkatan 1 Mei 2023. Ada 16 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir yang akan disesuaikan lokasi dan waktu keberangkatannya.

Mengingat, pada 1 Mei 2023 juga diperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di berbagai wilayah termasuk di pusat Kota Jakarta. Aksws menuju Stasiun Gambir yang berada di tengah kota pun dikhawatirkan akan terdampak kemacetan.

Sebagai langkah antisipasi, KAI memberlakukan 16 KA Jarak Jauh tadi untuk mampir di Stasiun Jatinegara. Hal ini dilakukan untuk memudahkan calon penumpang KA jarak Jauh agar memiliki alternatif jika terdampak kemacetan lalu lintas saat akan menuju Stasiun Gambir serta menghindari keterlambatan.

"Pada saat normal KA yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari ini terdapat 16 KA keberangkatan sekitar pukul WIB yang akan berhenti juga di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik penumpang," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Senin (1/5/2023).

Perlu dicatat, waktu keberangkatan dari Stasiun Gambir sendiri tidak mengalami perubahan. Namun, ditambah dengan sedikit waktu yang digunakan untuk berhenti di Stasiun Jatinegara.

"Dengan pengaturan pola operasi khusus tersebut diharapkan pelanggan dapat terhindar dari resiko kemacetan yang mungkin terjadi saat akan menuju Stasiun Gambir sehingga memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara," ungkapnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau agar calon penumpang dapat mengatur waktu dengan memperkirakan durasi perjalanan menuju stasiun dan jadwal keberangkatan KA-nya untuk mengantisipasi resiko tertinggal KA," sambung Eva.

Jadwal 16 KA

Berikut Daftar 16 kereta api keberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti juga melayani naik penumpang di Stasiun Jatinegara:

  1. KA 20F Argo Cheribon relasi Gambir - Tegal, Pkl 09.40 WIB
  2. KA 60C Argo Dwipangga Tambahan relasi Gambir - Solo Pkl 09.50 WIB
  3. KA 48F Argo Parahyangan relasi gambir - Bandung Pkl 10.10 WIB
  4. KA 7012c Taksaka Tambahan relasi Gambir - Yogyakarta Pkl 10.40 WIB
  5. KA 50F Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung Pkl 12.30 WIB
  6. KA 7002 Argo Sindoro Tambahan relasi Gambir - Semarang Pkl 13.05 WIB
  7. KA 52a Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung Pkl 13.15 WIB
  8. KA 13168 Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung Pkl 14.10
  9. KA 40 Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung Pkl 15.30 WIB
  10. KA 74 Brawijaya relasi Gambir - Malang Pkl 15.40 WIB
  11. KA 7010a Taksaka Tambahan relasi Gambir - Yogyakarta Pkl 16.10 WIB
  12. KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir - Semarang Timur Pkl 16.40 WIB
  13. KA 76b Bima relasi Gambir - Surabaya Gubeng Pkl 17.10 WIB
  14. KA 26a Argo Cheribon relasi Gambir - Tegal Pkl 17.20 WIB
  15. KA 42a Argo Parahyangan relasi Gambir - Kiaracondong Pkl 18.30 WIB
  16. KA 72c Gajayana relasi Gambir - Malang Pkl 18.40 WIB

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Buruh Internasional, Jokowi Tekankan Peningkatan Kesejahteraan dan Hak Pekerja

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional yang diperingati pada hari ini, Senin 1 Mei 2023. Jokowi mengajak seluruh pemangku kepentingan memanfaatkan momentum Hari Buruh untuk memperluas lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan, hingga melindungi hak buruh dan pekerja.

"Momentum ini harus kita manfaatkan untuk terus memperluas kesempatan kerja, meningkatkan kesejahteraan buruh dan pekerja, melindungi hak buruh dan pekerja, serta meningkatkan produktifitas dan daya saing nasional," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (1/5/2023).

Dia juga mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air terus dilakukan. Baik melalui pengembangan pendidikan vokasional, hingga peningkatan keterampilan tenaga kerja.

"Upaya upskilling dan reskilling buruh dan tenaga kerja terus dilakukan melalui program prakerja, serta melalui Balai Latihan Kerja yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, dan industri," tutur Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Investasi

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan bahwa pemerintah terus berusaha untuk meningkatkan jumlah investasi dari dalam dan luar negeri.

Hal itu dilakukan pemerintah untuk memperluas kesempatan kerja, mengurangi angka pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan buruh serta tenaga kerja di Tanah Air.

"Sekali lagi, Selamat Hari Buruh Internasional 2023," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.