Sukses

Anak Muda Wajib Tahu! Ini 4 Tips Pengembangan Diri ala Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir berbagi tips terbaru terkait pengembangan diri yang lebih baik diketahui secepatnya.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya fokus mengurus BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir ini juga rajin membagikan beberapa tips. Sebelumnya ia membagikan sedikit tips untuk para pencari kerja saat mengikuti wawancara.

Tips tersebut pun bisa Anda gunakan ketika hendak melamar lowongan pekerjaan di BUMN. Kemudian, tips terbaru terkait pengembangan diri yang lebih baik diketahui secepatnya.

Dilansir dari instagram @erickthohir, Minggu (30/4/2023), pertama, hal yang perlu menjadi perhatian dalam pengembangan diri yaitu jangan habiskan terlalu banyak waktu untuk menjadi lebih menarik secara fisik, hanya untuk membuat orang lain atau orang yang kamu sukai terkesan.

"Tapi jadilah lebih menarik secara mental. Didiklah dirimu sendiri, buang pikiran-pikuran yang negatif. Atasi rasa tidak percaya diri kamu dan belajarlah untuk menjadi bahagia dengan caramu sendiri," kata Erick.

Kedua, kamu tidak perlu mengikuti apa yang menurut orang lain itu keren. Karena, keren itu tidak selalu berarti main bareng sampai jam 3 subuh, atau membuat kericuhan dengan teman-teman kamu.

Menurut Erick, keren itu bisa berupa quality time dengan diri sendiri seperti membaca buku, membuat karya seni atau sekedar mengerjakan pekerjaan kamu. Sebab, yang mendefinisikan keren itu ya diri kamu sendiri.

Tips ketiga, antara usia 15 dan 30 tahun adalah masa keemasan dalam hidup kamu. Kamu bisa bertemu banyak teman baru, kamu juga kehilangan teman, kamu membuat kesalahan dan kamu sendiri juga memperbaikinya.

"Kamu jatuh, kamu gagal, dan kamu belajar. Kamu menyadari bahwa hidup itu nggak sesuai dengan keinginan kamu. Kamu jatuh cinta, kamu terluka, dan kamu masih mencari jati diri kamu. Tapi pada akhirnya kamu akan menjadi lebih kuat," ujarnya.

Keempat, kerjakan segala hal dengan sepenuh hati, kerjakan dengan nyali. "Inilah cara masuk ke era terobosan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Wawancara Kerja ala Erick Thohir, Bisa Dipakai Melamar di BUMN

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membagikan sedikit tips untuk para pencari kerja saat mengikuti wawancara.

Tips ini pun bisa Anda gunakan ketika hendak melamar lowongan pekerjaan di BUMN.

Melalui sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya, Erick Thohir membocorkan pertanyaan unik yang bisa ditanyakan pelamar kerja saat sesi wawancara.

"Pas di akhir wawancara mereka biasanya akan menanyakan, "Apakah ada yang ingin kamu tanyakan?," ungkap Erick Thohir dalam unggahannya di Intagram, dikutip Sabtu (8/4/2023). 

"Coba kamu jawab begini : kalau saya dapat kesempatan untuk bergabung di sini, kira kira apa saja yan perlu saya lakukan agar perusahaan merasa kalau memperkerjakan saya adalah sebuah keputusan yang baik?," bebernya.

 

3 dari 3 halaman

Ketahui Kemampuan

Menurutnya, hal itu dapat berguna untuk mengetahui skill atau kemampuan apa saja yang dapat dikembangkan oleh pelamar. Selain itu, pernyataa tersebut juga dapat memungkinkan efek yang unik bagi pelamar.

"Jadi saat kamu tanya pertanyaan itu, orang yang menginterview kamu akan memvisualisasikan kamu yang sedang bekerja dalam perusahaannya. Ini bisa memberikan kamu keuntungan lebih dibandingkan pelamar lainnya," ungkap Erick Thohir.

"Karena kamu memposisikan diri kamu sebagai opsi yang terbaik," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini