Sukses

Diguyur Subsidi, Apartemen Nempel Stasiun Pondok Cina Dijual Mulai Rp 200 Juta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan apartemen hunian milenial di Margonda, Depok. Ada skema subsidi yang diberikan untuk pembelian unit tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan apartemen hunian milenial di Margonda, Depok. Ada skema subsidi yang diberikan untuk pembelian unit tersebut.

Jokowi berujar hunian yang memiliki akses langsung ke Stasiun KRL Pondok Cina ini cocok untuk anak muda. Harga yang dipatok pun menurutnya terjangkau.

"Harganya juga terjangkau ada subsidi FLPP-nya, dijual Rp 200 juta, yang tidak subsidi ada yang Rp 300 juta, ada yang Rp 500 juta, cicilanya juga murah sehingga sangat pas sekali untuk hunian anak muda kita," ungkapnya dalam peresmian apartemen Semesta Mahata Margonda, di Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4/2023).

Perlu diketahui, apartemen milenial ini digarap atas kolaborasi Kementerian BUMN dan Kementerian PUPR. Melibatkan sejumlah BUMN seperti PT PP, Perumnas, PT KAI, hingga Bank BTN.

Jokowi meminta, hunian serupa diperbanyak di berbagai titik yang strategis. Melihat kolaborasi tadi, Jokowi minta lahan milik PT KAI, yang bisa dimanfaatkan untuk dibangun hunian vertikal terjangkau.

"Hunian milenial ini akan kita kembangkan di semua kota yang memiliki tod utamanya lahan-lahan PT KAI yang tidak termanfaatkan dengan baik, nanti kerjasama dengan PP, dengan Perumnas, dengan Kementrian PU sehingga akan kita bangun sebanyak-banyaknya hunian ini," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemudahan Akses

Tak hanya itu, fasilitas yang ada di apartemen ini pun diacungi jempol oleh Jokowi. Misalnya, akses ke KRL, hingga rumah sakit yang cukup dekat dengan lokasi hunian.

"Yang saya seneng yang di depok ini melompat mau kerumah sakit dekat, melompat mau ke ui dekat, melompat mau ke Hi juga dekat karena meloncat ke kereta api juga sampe dalam waktu singkat," ujar dia.

Pada kesempatan ini, Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum, hingga Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa.

 

3 dari 4 halaman

Unit Subsidi Sudah Laku

Ditemui terpisah, Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa mengungkap ada 182 unit apartemen yang mendapat subsidi FLPP. Hingga saat ini, kata dia, seluruhnya sudah terjual.

"Yang subsidi FLPP totalnya 182 unit dan itu sudah sold out, sekarang tinggal yang komersial," ungkapnya.

Beberapa tipe yang ada di apartemen ini diantaranya tipe studio, one bedroom, dan two bedroom. Produknya ada dua kategori, yakni subsidi FLPP dan komersial yang tak mendapat subsidi.

"Ada yang subsidi ada yg non subsidi. Yang subsidi 182 unit, yang non subsidi sisanya dari 940 unit," ujar dia.

 

4 dari 4 halaman

Akses ke KRL

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan apartemen Semesta Mahata Margonda yang berdekatan dengan Stasiun KRL Pondok Cina, Depok, Jawa Barat. Bahkan, Jokowi mengapresiasi pemanfaatan lahan milik KAI ini untuk dibangun hunian vertikal.

Tak hanya itu, Jokowi mengibaratkan mudahnya akses ke transportasi umum KRL dari apartemen milenial ini.

"Fasilitas pendukungnya sangat bagus dan yang paling penting ini disiapkan untuk hunian milenial yang kalau mereka beli bonusnya dapat kereta api," ujarnya saat peresmian di apartemen Semesta Mahata Margonda, Depok, Kamis (13/4/2023).

Dia menyebut mudahnya akses ke KRL jadi satu alasan agar penghuni apartemen tidak bergantung pada kendaraan pribadi. Pasalnya, kendaraan pribadi sering membuat macet, apalagi di kawasan Jabodetabek.

"Bangun tidur, mandi, langsung lompat masuk ke KRL kereta api, kemanapun pasti bisa sehingga kita semua tidak tergantung ke kendaraan pribadi dengan mobil yang memacetkan utamanya di Jabodetabek," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.