Sukses

Sri Mulyani Sidak Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Ada Apa?

Saat kunjungan itu, Sri Mulyani turut didampingi oleh Direktur Jenderal Bea Cukai, Askolani untuk meninjau seluruh aspek kesiapan dari hulu ke hilir.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja ke Bandara Soekarno Hatta pada Minggu 9 April 2023. Kunjungan ini dalam rangka mengecek kesiapan menyambut lonjakan penumpang menjelang mudik Lebaran 2023. 

Dalam sebuah unggahan cuplikan video di akun Instagram pribadinya, terlihat Sri Mulyani berbincang dengan petugas Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta. 

"Sore tadi saya mengecek kesiapan @bcsoetta dalam menyambut lonjakan kedatangan penumpang — dalam rangka mudik lebaran," tulis Menkeu dalam unggahannya di akun Instagram @smindrawati, dikutip Senin (10/4/2023).

Saat kunjungan itu, Sri Mulyani turut didampingi oleh Direktur Jenderal Bea Cukai, Askolani untuk meninjau seluruh aspek kesiapan dari hulu ke hilir.

Peninjauan ini mulai dari proses pelayanan bagasi penumpang, penjaluran penumpang menuju green dan red line, pemeriksaan barang (melalui x-ray dan fisik bagasi), pelayanan IMEI (registrasi hingga pembayaran), dan profiling penumpang.

"Senang sekali melihat kesiapan para petugas DJBC yang terus meningkat dan semakin matang dalam memberikan pelayanan kepabeanan dan cukai. Saya juga pastikan, seluruh layanan yang diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ungkap Sri Mulyani.

"Ketika sedang melakukan peninjauan, saya juga berbincang dengan para pegawai yang bertugas. Saya melihat mereka antusias dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat..!," ujarnya.

Melalui unggahannya, Menkeu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Direktoral Jenderal Bea Cukai atas kesiapan mereka dalam mengelola kedatangan penumpang di bandara menjelang mudik lebaran 2023.

"Terus jaga profesionalisme dan berikan layanan yang terbaik kepada masyarakat. Mari jaga bersama kepercayaan masyarakat terhadap DJBC dan @kemenkeuri!," pungkasnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramai-Ramai Maskapai Diskon Harga Tiket Pesawat Mulai Rp 300 Ribuan

Menyambut musim mudik Lebaran 2023, maskapai penerbangan nasional menawarkan diskon harga tiket pesawat. Tak tanggung-tanggung, harga promo tiket pesawat ini mulai dari Rp 300 ribuan.

Salah satu maskapai yang menawarkan harga tiket pesawat murah ini yaitu Lion Air. Penawaran spesial ini tersedia harga diskon tiket pesawat Lion Air, khusus keberangkatan dari Jakarta, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) secara langsung (tidak berlaku rute transit) yang dilayani oleh Lion Air, untuk tujuan paling diminati ke:

  • Surabaya Rp 595.000 Bandar Udara Internasional Juanda (SUB)
  • Semarang Rp 338.000 Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani (SRG)
  • Yogyakarta Rp 360.000 Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) 

Harga mulai dari untuk satu kali jalan (one way), belum termasuk PPN 11 persen, Iuran Wajib Jasa Raharja (IWJR), passenger service charge (pajak bandar udara/ airport tax) serta fuel surcharge (biaya tambahan yang dibebankan pada tiket pesawat udara terhadap kenaikan harga bahan bakar) serta ketersediaan kursi terbatas.

3 dari 4 halaman

Tanggal Pemesanan Tiket dan Periode Terbang

Promo ini berlaku untuk pembelian tiket penerbangan mulai 6-17 April 2023 dan periode terbang pada 13-17 April 2023. Pembelian tiket dilakukan melalui situs resmi www.lionair.co.id , aplikasi mobile Lion Air atau melalui agen-agen (offline dan online) tiket resmi mitra Lion Air.

"Lion Air sangat senang memperkenalkan program spesial Lebaran dengan menyediakan penawaran bagi para pemudik yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Jumat (7/4/2023).

Lion Air berharap promo fantastis ini semakin memperlancar aksesibilitas dan keuntungan bagi mereka dalam merencanakan perjalanan #MudikAmanBerkesan.

Lion Air memahami bahwa mudik merupakan tradisi yang penting bagi masyarakat Indonesia. Penawaran terbaik harga diskon tiket pesawat Lion Air berharap menjadi kontributif perjalanan mudik lebih terjangkau bagi pemudik dalam melakukan pembelian tiket penerbangan.

4 dari 4 halaman

Transparan, Maskapai Diminta Pajang Tarif Tiket Pesawat Mudik Lebaran

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan meminta maskapai penerbangan untuk transparan mengenai tarif tiket pesawat untuk periode mudik lebaran 2023. Khususnya tiket kelas ekonomi untuk penerbangan terjadwal.

Bentuk transparansinya dengan memasang papan pemberitahuan atau banner mengenai tarif tiket pesawat mudik Lebaran.

Ini tertuang dalam surat edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub tentang Pemasangan Banner Besaran Tarif Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri di Bandar Udara pada Periode Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023.

Imbauan ini merujuk pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Kemudian, merujuk pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: KM 7 Tahun 2023 tentang Besaran Besaran Biaya Tambahan (Surcharge) Yang Disebabkan Adanya Fluktuasi Bahan Bakar (Fuel Surcharge) Tarif Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

"Bersama ini disampaikan bahwa dalam rangka menyebarluaskan informasi dan publikasi kepada masyarakat dan pengguna jasa angkutan udara terkait tarif angkutan udara khususnya pada Periode Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023 (1444 H), diminta kepada Penyelenggara Bandar Udara (Unit Penyelenggara Bandar Udara dan Badan Usaha Bandar Udara) untuk menyampaikan," tulis surat yang diterima Liputan6.com, dikutip Rabu (5/4/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.