Sukses

Tenang, Pasokan Listrik Lebaran 2023 Berlebih

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan pasokan listrik melebihi beban puncak pada periode lebaran 2023. Menurutnya, beban puncak di masa tersebut cenderung mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memastikan pasokan listrik melebihi beban puncak pada periode Lebaran 2023. Menurutnya, beban puncak di masa tersebut cenderung mengalami penurunan.

Pria yang karib disapa Darmo ini menuturkan, beban puncak pada hari biasanya sebesar 44 Gigawatt (GW). Sementara, beban puncak listrik pada momen Lebaran diprediksi turun ke 29 GW.

"Sedangkan daya mampu pasok 46,2 GW. Artinya, dalam lebaran kali ini, pasokan tenaga listriknya jauh lebih besar dari beban puncak. Sehingga kondisinya aman," ujarnya dalam Apel Siaga Kelistrikan Lebaran 2023, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Dia mengungakap, periode siaga kelistrikan akan berlangsung mulai 15-30 April 2023 mendatang. Kali ini, PLN melakukan persiapan sekitar 2 bulan saja, dari biasanya menyiapkan dalam kurun waktu 6 bulan.

Alasannya, dia mengantongi hasil evaluasi pelaksanaan siaga kelistrikan di tahun-tahun sebelumnya. Sehingga aspek persiapan bisa dilakukan lebih singkat dari biasanya.

"Persiapan ini, sudah kami lakukan selama dua bulan, yang biasanya butuh waktu enam bulan. Karena kami sudah melakukan latihan selama beberapa tahun ini. Kami antisipasi mudik tahun ini, mudik yang lebih besar dibandingkan tahun lalu," urainya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan Lebih dari 80 Ribu Personel

Darmo melihat adanya peningkatan aktivitas masyarakat selama momen mudik lebaran 2023 ini. Maka, dia juga mengantisipasi dengan mengerahkan kekuatan yang dimiliki PLN.

Salah satunya dengan menyiagakan lebih dari 80 ribu personel, termasuk petugas lapangan. Tujuannya tidak lain untuk memastikan kondisi kelistrikan berjalan secara normal dan mengatasi gangguan-gangguan yang ada.

"Selama periode siaga ini ada lebih dari 80 ribu personel atau oetugas lapangan. 20 ribu personel PLN dan lebih dari 61 ribu petugas lapangan. Para personel ini dibagi ke 2.300 posko siaga PLN di seluruh penjuru tanah air," bebernya.

 

3 dari 4 halaman

Diperbanyak di Tempat Publik

Selain siaga mengatasi kendala yang ada, Darmo meminta posko-posko siaga PLN bisa diperbanyak di tempat-tempat publik. Total, ada sekitar 2.300 posko yang dibangun PLN di seluruh Indonesia.

"Saya dapat laporan ada 2.300 lebih dari 2.300 posko, mohon dipastikan di titik krusial lalu lintas mudik," ujarnya.

"Saya minta posko siaga dibangun banyak di tempat publik. Kita tunjukkan PLN hadir dimana masyarakat membutuhkan PLN dimanapun berada," pungkas Darmawan Prasodjo.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Siapkan 616 SPKLU

PT PLN (Persero) memastikan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memudahkan penguna kendaraan listrik selama masa mudik Lebaran 2023.

Salah satunya, PLN menyiapkan sebaran SPKLU sebanyak 616 SPKLU di 237 Lokasi di Indonesia. Antara lain terletak pada rest area jalan tol di jalur mudik yakni di sembilan titik di Tol Trans Jawa, dan enam titik di Tol Trans Sumatra.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, perseroan berkomitmen untuk menyiapkan ekosistem yang mumpuni bagi pengguna electric vehicle (kendaraan listrik) di Indonesia.

"PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya," kata Darmawan, Senin (3/4/2023).

Darmawan menyatakan, hingga saat ini total 616 SPKLU yang tersebar di 237 lokasi di Indonesia dapat di manfaatkan oleh pengguna kendaraan listrik. Seluruh SPKLU ini menurutnya, siap melayani pengisian daya kendaraan listrik saat mudik lebaran.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.