Sukses

Bantu Pemerintah Atasi Pengangguran, Aplikasi KitaLulus Telah Menyalurkan Puluhan Juta Lamaran Kerja

Karena dampak positif KitaLulus yang membantu pemerintah mengatasi pengangguran, Google memberikan apresiasi kepada KitaLulus sebagai Google Play Best App of 2022.

Liputan6.com, Jakarta Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran di Indonesia pada Agustus 2022 adalah sebesar 5,86 persen. Angka ini menurun 0,63 persen jika dibandingkan dengan Agustus 2021.

Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi tingkat pengangguran melalui berbagai cara, seperti mengembangkan sektor informal, meningkatkan kualitas tenaga kerja, memperbanyak proyek magang bagi calon tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Sementara itu, perusahaan juga dapat bekerja sama dengan platform penyedia lowongan kerja seperti KitaLulus. Sejak tahun 2021, KitaLulus telah berhasil menyalurkan lebih dari 35 juta lamaran kerja di berbagai kota di Indonesia.

Karena dampak positif KitaLulus yang membantu pemerintah mengatasi pengangguran, Google memberikan apresiasi kepada KitaLulus sebagai Google Play Best App of 2022. Dalam ajang penghargaan tersebut, Bapak Sandiaga Uno, selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, juga turut memberikan apresiasinya.

Aplikasi Terbaik Google Play 2022

Semenjak peluncurannya di Google Play pada 1 November 2020, aplikasi KitaLulus telah membantu jutaan pengguna dalam menemukan pekerjaan impiannya. Hal tersebut sesuai dengan misi KitaLulus yang ingin membantu para Pejuang Kerja, baik para lulusan baru atau pekerja berpengalaman yang terkena lay off, agar bisa mendapatkan pekerjaan melalui KitaLulus.

Aplikasi KitaLulus terus membuat pertumbuhan yang signifikan. Setahun setelah rilis, KitaLulus bahkan kerap menempati peringkat atas di Play Store dan App Store pada kategori Bisnis.

Terus meningkatkan kualitasnya, hingga sekarang aplikasi KitaLulus sudah diunduh hampir 5 juta kali pada perangkat versi Android maupun iOS. KitaLulus juga telah berhasil menyalurkan lebih dari 35.000.000 lamaran sejak diluncurkan. Dengan keamanan dan kenyamanan yang diberikan kepada pengguna, KitaLulus berhasil meraih penghargaan sebagai Google Play Best App of 2022 pada akhir tahun lalu.

Secara resmi melalui akun LinkedIn-nya, Stevien Jimmy, co-founder dari KitaLulus menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya. 

“Pada momen yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh tim Google Play, para Pejuang Kerja dan Rekanan Perusahaan selama ini kepada KitaLulus sehingga KitaLulus berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Google Play Best App of 2022.”

Kiran Mani, Managing Director dan General Manager Google Play, lewat akun LinkedIn-nya pun memberikan apresiasi kepada KitaLulus atas penghargaan tersebut. Kiran juga menyatakan bahwa ia terinspirasi dari kisah Stevien yang menyaksikan bagaimana orang tuanya harus bekerja dengan sangat keras untuk menyediakan makanan di meja dan menghidupi keluarganya.

Dengan motivasi tersebut, Stevien merintis KitaLulus dengan gagasan bahwa pekerjaan mampu memberikan stabilitas dan masa depan bagi keluarga, serta taraf hidup yang lebih baik bagi generasi berikutnya.

“Stevien, inspirasi dan kegigihan Anda telah membantu meningkatkan akses pekerjaan, dan mengubah kehidupan jutaan orang di Indonesia. Terima kasih untuk semua yang Anda lakukan!” Tulis Kiran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Loker Anti Penipuan

Aplikasi KitaLulus dilengkapi dengan sistem berteknologi canggih. Sistem ini akan melakukan kurasi yang ketat kepada para perusahaan yang akan mencari kandidat melalui aplikasi KitaLulus. Tidak hanya itu, double kurasi terhadap perusahaan juga dilakukan KitaLulus melalui tim handal dan berpengalaman.

Maka dari itu, Pejuang Kerja tak perlu khawatir lagi akan melamar kerja di perusahaan bodong yang kerap melakukan penipuan loker. Sebab seluruh loker di KitaLulus sudah pasti aman dan terpercaya.

Komitmen KitaLulus dalam memberikan rasa aman kepada para pelamar ini diperkuat dengan janji akan diberikannya reward berupa uang Rp1.000.000 kepada pengguna pertama yang menemukan loker penipuan di aplikasi KitaLulus. 

Per Maret tahun 2023, belum ada satupun loker bodong alias penipuan yang ditemukan di platform KitaLulus.

KitaLulus: Bukan Hanya Sekadar Job Portal

Walaupun fungsi utama aplikasi KitaLulus hadir sebagai platform pencarian kerja, tetapi KitaLulus bukan sekadar job portal biasa. Aplikasi ini memiliki dua fitur unggulan untuk meningkatkan kemampuan seputar kerja pengguna serta mematangkan persiapan dalam proses melamar kerja, yaitu fitur Belajar dan fitur Komunitas.

Fitur Komunitas KitaLulus akan membantu pengguna untuk mengembangkan karir dan memperluas networking yang profesional. Ada 30 komunitas lebih yang bisa dipilih pengguna sesuai bidang yang diminati. Di dalam komunitas, setiap pengguna dapat saling bertukar informasi dan belajar bersama untuk memperluas pengetahuan.

Sedangkan Fitur Belajar berisi ratusan soal psikotes dan tes kemampuan dasar untuk persiapan proses rekrutmen kerja. Dalam fitur ini para pengguna juga dapat melakukan simulasi pengerjaan soal-soal psikotes dengan waktu yang ditentukan sehingga terbiasa dalam proses pengerjaan soal.

Jadi, tunggu apalagi? Bagi Pejuang Kerja, mulai sekarang lamar posisi kerja impianmu melalui aplikasi KitaLulus, kapan pun dan di mana pun kamu berada. Dan untuk rekruter, yuk langsung percayakan proses rekrutmen melalui aplikasi KitaLulus untuk menemukan talenta terbaik sesuai kebutuhan perusahaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.