Sukses

Menang 12 Kali, Bandara Changi Kembali jadi Bandara Terbaik Dunia Versi Skytrax

Bandara Changi di Singapura kembali merebut gelar World Airport Awards 2023 dari Skytrax.

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Changi di Singapura kembali dinobatkan sebagai bandara terbaik dunia untuk ke-12 kalinya, oleh perusahaan riset transportasi udara Skytrax.

Melansir CNBC International, Kamis (16/3/2023) Bandara Changi itu kembali merebut gelar World Airport Awards 2023 yang diumumkan Rabu kemarin (15/3) oleh Skytrax.

Bandara Changi sebelumnya menempati posisi pertama dalam peringkat tahunan Skytrax selama delapan tahun berturut-turut dari 2013 hingga 2020. 

Namun, posisi Bandara Changi sempat tergeser oleh Bandara Internasional Hamad di Doha dan Bandara Haneda di Tokyo selama dua tahun terakhir.

Pelancong global yang mewakili lebih dari 100 negara berpartisipasi dalam survei Skytrax, yang juga menyebut Bandara Changi Singapura sebagai Bandara terbaik di Asia, Bandara Terbaik Dunia untuk kuliner dan Bandara Terbaik Dunia untuk fasilitas kenyamanan.

Dalam survei Skytrax, pelanggan menilai bandara dari berbagai  faktor, termasuk pelayanan saat belanja, check-in, kedatangan, transit, serta keamanan dan imigrasi.

Sementara itu, Bandara Internasional Hamad di Doha tahun menempati urutan kedua, diikuti oleh Bandara Haneda Tokyo di urutan ketiga dan Bandara Internasional Incheon di urutan keempat. 

Jepang memiliki dua bandara di 10 besar tahun ini, dengan Bandara Internasional Narita berada di urutan kesembilan dalam daftar Bandara Terbaik di Dunia.

Tempat teratas lainnya diisi oleh bandara utama di Paris (urutan kelima), Istanbul (urutan keenam), Munich (urutan ketujuh) dan Zurich (urutan kedelapan).

Semua bandara tersebut kembali muncul dalam daftar 10 teratas, kecuali Bandara Internasional Kansai di Osaka, yang digantikan oleh Bandara Madrid-Barajas Spanyol (di urutan ke-10).

Survei Skytrax juga memeringkat bandara berdasarkan metrik lainnya.

Penilaian "Staf bandara terbaik dunia" dapat ditemukan di Bandara Internasional Incheon di Seoul, sementara Bandara Internasional Shenzhen Bao'an di China memenangkan gelar "bandara paling maju di dunia".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Bandara Changi

Bandara Changi telah memenangkan lebih dari 660 penghargaan “Bandara Terbaik” sejak dibuka pada tahun 1981.

Bandara ini berencana untuk memperluas kapasitas gedung Terminal 2nya sebanyak 5 juta penumpang per tahun, dan telah memulai pekerjaan peningkatan yang dijadwalkan rampung pada tahun 2024.

Di keempat terminalnya, Bandara Changi memiliki fasilitas gym dan kamar mandi, area tidur siang, struktur bermain anak setinggi 16 meter, dan kolam renang yang menghadap ke landasan pacu pesawat.

Terminal 1 terhubung langsung ke kompleks ritel 10 lantai Bandara Jewel Changi, yang memiliki tujuh taman bertema, lembah hutan dengan lebih dari 2.000 pohon, dan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia.

CEO Skytrax Edward Plaisted mengatakan bahwa posisi bandara tersebut dalam daftar "menggarisbawahi popularitas bandara dengan pelancong udara internasional," yang telah kembali ke sekitar 80 persen dari tingkat pra-Covid 19.

3 dari 4 halaman

Cetak Sejarah, Angkasa Pura I Borong 18 Penghargaan ASQ Awards 2022

PT Angkasa Pura I meraih penghargaan prestisius Airport Service Quality Awards 2022 (ASQ Awards 2022). Ajang ini diselenggarakan oleh organisasi pengelola bandara-bandara di dunia Airports Council International (ACI). 

Sebanyak 8 bandara yang dikelola Angkasa Pura I berhasil menyabet 18 penghargaan ASQ Awards. Jumlah penghargaan ASQ Awards yang berhasil diraih ini sekaligus merupakan rekor terbanyak sepanjang sejarah perusahaan. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, capaian bersejarah ini merupakan bukti komitmen layanan terhadap pengguna jasa.

 "Sebuah capaian yang sangat luar biasa sekaligus bersejarah bagi Angkasa Pura I. Sebanyak 18 penghargaan yang dicapai oleh 8 bandara kami tersebut menjadi wujud apresiasi, pengakuan, dan bukti nyata atas upaya kami dalam menghadirkan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara,” kata Faik Fahmi, dikutip dari laman BUMN, Jumat (10/3/2023).

“Berbagai upaya telah kami lakukan dalam kaitannya untuk menjaga dan meningkatkan level of service, di antaranya melalui inovasi layanan, penerapan teknologi, dan manajemen sumber daya manusia. Tentunya capaian ini menjadi trigger bagi kami untuk senantiasa meningkatkan kinerja layanan di bandara-bandara yang kami kelola," sambungnya.

Capaian Bersejarah

Menurutnya, capaian bersejarah ini sekaligus melengkapi kinerja positif Angkasa Pura I di tahun 2022, di mana untuk pertama kali selama periode pandemi global Covid-19, perusahaan berhasil mencatat pertumbuhan dari sisi trafik angkutan udara. 

"Di tengah situasi yang sulit, kami berhasil melalui berbagai tantangan dan rintangan dengan gemilang. Kami juga turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholders atas sinergi dan kolaborasi sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai," lanjutnya. 

4 dari 4 halaman

Daftar Lengkap 18 ASQ Awards 2022

Berikut adalah daftar lengkap 18 ASQ Awards 2022 yang berhasil diraih 8 bandara Angkasa Pura I: 

1. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (5 penghargaan): 

  • Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific
  • Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific
  • Easiest Airport Journey in Asia-Pacific, Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific dan Cleanest Airport in Asia-Pacific.

2. Bandara Pattimura Ambon (4 penghargaan):

  • Best Airport under 2 Million Passengers in Asia-Pacific
  • Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific
  • Easiest Airport Journey in Asia-Pacific dan Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific. 

3. Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (2 penghargaan):

  • Best Airport of 15 to 25 Million Passengers in Asia-Pacific dan Director General's Roll of Excellence.

 4. Bandara Juanda Surabaya (2 penghargaan):

  • Best Airport of 15 to 25 Million Passengers in Asia-Pacific dan Easiest Airport Journey in Asia-Pacific;

5. Bandara Internasional Yogyakarta (2 penghargaan): 

  • Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific dan Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific;

6. Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (1 penghargaan):

  • Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific. 

7. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang (1 penghargaan):

  • Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific.

 8. Bandara Adi Soemarmo Solo (1 penghargaan):

  • Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.