Sukses

Bangun Eksositem Digital, Ratusan Startup Diberi Akses ke Modal Ventura

Dorong kemajuan ekosistem startup digital potensial di Indonesia, Sinar Mas Land melalui gerakan Digital Hub Next Action (DNA) mengumpulkan ratusan startup

Liputan6.com, Jakarta Dorong kemajuan ekosistem startup digital potensial di Indonesia, Sinar Mas Land melalui gerakan Digital Hub Next Action (DNA) mengumpulkan ratusan startup dengan pelaku industri digital dari berbagai perusahaan modal ventura di Indonesia.

Kali ini, program Demoweek diselenggarakan Sinar Mas Land bekerja sama dengan KUMPUL.ID untuk menciptakan ruang belajar, kolaborasi, dan berkoneksi di antara para pelaku industri startup.

DNA Demoweek dilaksanakan selama dua hari itu, dihadiri oleh Bonifasius Wahyu Pudjianto, selaku Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Restog Krisna Kusuma selaku Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan digital startup yang pesat di Asia Tenggara. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hal ini, antara lain populasi yang besar, keberadaan infrastruktur digital yang cukup baik, serta meningkatnya akses internet di seluruh wilayah Indonesia," tutur Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif – Restog Krisna Kusuma, Selasa (14/3/2023).

Untuk mendukung akselerasi transformasi digital, pihaknya mengajak para stakeholders bersama dengan pemerintah untuk berfokus dalam menyehatkan ekosistem startup potensial di Indonesia, mulai dari learning process, pitching, hingga business matching, agar para pelaku industri startup ini dapat berkembang lebih pesat.

"Semoga adanya program DNA Demoweek ini juga dapat meningkatkan jumlah startup di Indonesia serta mendorong pertumbuhan ekosistem inovasi startup digital Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekosistem

Dilain pihak, CEO Digital Technology Ecosystem and Development Sinar Mas Land Irawan Harahap mengatakan, program DNA yang diinisiasi Digital Hub ini merupakan sebuah gerakan dalam ekosistem startup yang bertujuan untuk memacu kemajuan perusahaan-perusahaan rintisan (startup).

Gerakan ini juga mengakselerasi berbagai jenjang usaha rintisan, mulai dari tahap inisiasi atau ideation, tahap pendanaan atau investment, hingga tahap incubation and acceleration.

"Dalam acara DNA Demoweek, kami mempertemukan ratusan startup dengan pelaku industri digital dari berbagai perusahaan modal ventura agar mereka dapat berinteraksi secara langsung dan menjaring network. Semoga kegiatan ini bisa menjadi bekal dan motivasi mereka dalam mengembangkan bisnisnya," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Rangkaian Acara

Program DNA Demoweek tahun ini mengusung tema ‘Learn, Pitch, and Connect Together’ yang menghadirkan berbagai rangkaian acara mulai dari talk show, startup flash pitching, and business matching with stakeholders bersama lebih dari 20 Venture Capitals, 30 Private Company, dan 100 Startups.

Dalam acara tersebut, para peserta mendapatkan kesempatan bertemu secara langsung dengan para venture capitals seperti Living Lab Ventures, BRI Ventures, ATM Capital, Sinar Mas Digital Venture, Venturra, Vertex Ventures, Trihill Capital dan banyak perusahaan investasi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.