Sukses

Harga Minyak Dunia Naik 2 Persen, Bertengger di USD 82,2 per Barel

Harga minyak naik 2 persen pada hari Kamis atas harapan pemotongan curam untuk produksi Rusia bulan depan

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik 2 persen pada hari Kamis atas harapan pemotongan curam untuk produksi Rusia bulan depan, tetapi dolar AS yang lebih kuat dan lompatan yang lebih tajam dari yang diperkirakan dalam persediaan AS ditambahkan untuk masalah permintaan.

Dikutip dari CNBC, Jumat (24/2/2023) harga minyak Brent Crude Futures naik USD 1,61 atau 2 persen, menjadi USD 82,21 per barel, dibandingkan dengan sekitar USD 98 per barel pada malam invasi Rusia ke Ukraina setahun yang lalu.

Sementara harga minyak West Texas Intermediate Crude Futures (WTI) berada di USD 1,44, atau naik 2 persen, menjadi USD 75,39 per barel, mengakhiri sesi keenam kekalahan beruntun.

Harga mendapat dorongan awal dari rencana Rusia untuk memotong ekspor minyak dari pelabuhan barat hingga 25 persen pada bulan Maret, melebihi pemotongan produksi yang diumumkan sebesar 500.000 barel per hari.

Dolar AS Menguat

Sementara dolar AS yang lebih kuat tetap menjadi angin sakal jangka pendek untuk minyak mentah, analis UBS mengatakan mereka mengharapkan produksi Rusia yang lebih rendah dan China membuka kembali untuk memperketat pasar minyak dan mendukung harga.

Indeks dolar naik untuk sesi ketiga berturut-turut, setelah beberapa menit pada hari Rabu dari pertemuan Federal Reserve AS terbaru menunjukkan mayoritas pejabat Fed menyetujui risiko inflasi tinggi memerlukan kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Greenback yang lebih kuat membuat minyak berdenominasi dolar lebih mahal untuk pemegang mata uang lainnya, mencapai permintaan. Kedua tolok ukur minyak kehilangan lebih dari USD 2 di sesi sebelumnya setelah rilis risalah Fed.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data AS

Harga minyak juga berada di bawah tekanan setelah data pemerintah AS menunjukkan inventaris minyak mentah negara itu naik untuk kesembilan kalinya berturut -turut minggu lalu, memicu kekhawatiran permintaan.

Stok minyak mentah AS naik 7,6 juta barel dalam minggu ini menjadi 17 Februari, kata Administrasi Informasi Energi AS, lebih dari ekspektasi analis tiga untuk kenaikan 2,1 juta barel.

"Sehubungan dengan tekanan yang datang dari Federal Reserve sesuai permintaan dan cuaca pemanasan di AS dan Eropa, ada kekhawatiran keseluruhan tentang sisi permintaan," kata Tony Headrick, analis pasar energi di Hedging CHS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.