Sukses

Sambut F1 PowerBoat, AirAsia Tambah Frekuensi Penerbangan ke Kualanamu dan Silangit

Penambahan penerbangan AirAsia Indonesia ke Bandara Silangit Danau Toba dari semula 3 kali seminggu menjadi sehari satu kali penerbangan setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia Indonesia menambah frekuensi penerbangan menuju Bandara Kualanamu Medan dan Bandara Silangit Danau Toba. Penambahan penerbangan ini dari semula 3 kali seminggu menjadi sehari satu kali penerbangan setiap hari.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan meningkatkan ekonomi pariwisata, serta pelaksanaan F1 PowerBoat Champion 2023.

"Sebelumnya 3 hari sekali, sekarang kita tambah 1 hari sekali, baik itu Jakarta-Silangit, ataupun Jakarta-Medan dan ini berlaku tetap, karena selain mendukung even ini, kita juga mendukung ekonomi pariwisata," kata CEO AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, saat meluncurkan pesawat berdesign Lake Toba and Beyond di Hanggar 4 GMF Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (17/3/2023).

Veranita juga menyebutkan, meski frekuensi penerbangan ditambah, serta adanya even internasional, tidak mempengaruhi harga tiket.

 

"Harga tiket tetap normal, tidak mahal, bahkan lebih murah dari periode Juni-Juli 2022," ujarnya.

 

Makanya, untuk tiket pesawat ke Medan ataupun Silangit, sudah cenderung penuh. Bahkan okupansi pesawat mencapai 85 sampai 90 persen.

"Sangat tinggi animonya, okupansi saja bisa sampai 90 persen," ujarnya.

Sementara, Direktur Marketing PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengapresiasi adanya dukungan maskapai AirAsia Indonesia, khususnya dalam event F1 PowerBoat Champion 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara.

"Tentunya kami mengapresiasi dan berterima kasih dengan adanya dukungan dari AirAsia, ditambah mereka juga menambah rute penerbangan. Karena saat ini, antusias masyarakat yang hendak menonton cukup tinggi, persiapan pun sudah 95 persen, baik itu area dan sarana lainnya," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Danau Toba Bakal Kebanjiran Wisatawan Pasca F1 Powerboat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan penyelenggaraan event F1 Powerboat yang akan dilaksanakan pada 25-26 Februari 2023 mendatang di Danau Toba, Sumatera Utara akan memberikan dampak ekonomi pada wilayah tersebut sebesar Rp 212 miliar.

Dia mengharapkan akan meningkatkan wisatawan sebesar 3,7 persen dalam 2 tahun kedepan pasca event tersebut berlangsung.

"Ini juga kita gabungkan pada gerakan bangga berwisata di Indonesia. Karena kita lihat target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara," ujar Sandiaga Uno dalam acara The Weekly Brief With Sandi Uno, Jakarta, Senin (13/2).

Pada ajang olahraga ini juga diprediksikan akan meraih atensi 187 impresi media digital, kata dia.

Tak hanya itu, penjualan tiket secara online pun sudah habis terjual hanya dalam 23 menit pada 7 Februari lalu. Namun, jangan khawatir nantinya akan ada penjualan tiket kembali, tapi hanya bisa secara offline.

Sebanyak 2100 tiket yang dibagi menjadi 3 grand, diantaranya grand stan A, grand stand B, grand stand C dengan harga yang dibanderol Rp 500 ribu per orang.

"Tiket jadi ini lagi re-launching untuk seksi berikutnya. Tapi belinya harus beli offline di Balige, karena yang online sudah habis," terang dia.

3 dari 4 halaman

F1 Powerboat Danau Toba, 1.500 Orang Bakal Disuguhi Nonton dari Bukit

Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney Maya Watono mengatakan akan membuka penjualan tiket secara offline (on the spot) sekitar 500 tiket pada event F1 Powerboat 25-26 Februari 2023. Hal itu diperuntukkan bagi masyarakat yang tak kebagian tiket saat penjualan online dan ingin membeli tiket secara langsung.

Namun, penambahan penjualan tiket secara offline belum dipastikan, masih menunggu koordinasi kapasitas yang tersedia di area venue.

"Kemungkinan kita akan membuka tiket offline nanti ada kapasitasnya gak terlalu banyak sekitar 500 tiket. Kalau kita kita lihat kapasitasnya bisa kita perbanyak, kita akan membuka tiket offline," ujar Maya dalam acara Peran BUMN Jelan Event F1 Powerboat H20, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

4 dari 4 halaman

Tiket Ludes dalam 23 Menit

Perlu diketahui, penjualan tiket pada 7 Februari 2023 kemarin habis terjual dalam waktu hanya 23 menit. Ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi untuk melihat event F1 Powerboat di Danau Toba mendatang.

Maya menerangkan, pihaknya memastikan keamanan bagi masyarakat yang hendak menonton di kawasan bukit. Karena ada sekitar 1.500 penonton yang akan menonton di kawasan bukit Pahoda.

"Kami juga sedang melihat kapasitas bukit tersebut, karena kita mau make sure safety, kita akan pasang barikade juga supaya safe," jelasnya.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.