Sukses

Mendag Cari Cara Beras Bulog Rp 9.450 per Kg Sampai ke Tangan Pedagang

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan, secara umum perkembangan harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Cisalak, Depok, Jawa Barat terpantau stabil.

Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk terus memantau ketersediaan stok dan stabilitas harga pangan, khususnya menjelang hari besar keagamaan nasional (HBKN) yaitu puasa dan Lebaran.

Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat memantau ketersediaan stok dan kestabilan harga bapok di Pasar Cisalak, Depok, Jawa Barat, hari ini, Sabtu (28/1).

"Secara umum harga bapok di Pasar Cisalak, Depok, Jawa Barat terpantau stabil. Meskipun ada harga komoditas yang mengalami penurunan dan sebagian lagi mengalami sedikit kenaikan, umumnya harga stabil," jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Sejumlah komoditas yang harganya terpantau stabil dibanding minggu lalu (20/1) di Pasar Cisalak yaitu beras medium Rp10.000 per kg, beras premium Rp13.000 per kg, gula pasir Rp14.500 per kg, minyakita Rp15.000 per lt, tepung terigu Rp12.000 per kg.

Daging sapi Rp132.500 per kg, daging ayam ras Rp38.000 per kg, serta telur ayam ras Rp28.000 per kg.Komoditas yang harganya turun yaitu minyak goreng kemasan Rp21.500 per lt dari sebelumnya Rp22.000 per liter.

Sedangkan komoditas yang harganya sedikit naik yaitu minyak goreng curah Rp15.500 per liter, sementara cabai merah keriting tercatat Rp41.000 per kg (di bawah harga acuan sebesar Rp55.000 per kg), cabai merah besar Rp38.000 per kg, cabai rawit merah Rp62.500 per kg (sedikit di atas harga acuan Rp57.000 per kg), bawang merah Rp40.000 per kg (di bawah harga acuan Rp41.500 per kg), serta bawang putih Rp28.000 per kg.

Untuk beras Perum Bulog, Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, stok beras saat ini ada dengan harga Rp8.200 per kg.

"Namun saat ini kami sedang mencari cara agar beras Bulog dapat sampai ke penjual dan pengecer dengan harga Rp9.450 per kg," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minyak Goreng

Sementara terkait MINYAKITA, Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, harganya sebenarnya tidak naik, tapi saat ini menjadi favorit pilihan masyarakat dan tersedia dimana-mana, baik di pasar maupun ritel modern. Jadi, bukan pasokannya yang berkurang.

Semua orang sekarang ambilnya MINYAKITA, jadi di pasar berkurang. Bukan suplainya berkurang, hanya saja barangnya laris. Penjualnya juga jadi lebih banyak. Setelah dikemas bagus, semua orang beli itu. Sekarang kebutuhannya semua orang beli itu," jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Namun demikian, Mendag Zulkifli Hasan menegaskan komitmennya untuk terus berupaya menambah pasokan.

"Kita akan terus menambah pasokan. Sekarang Domestic Market Obligation (DMO)-nya sudah kita turunkan menjadi 1:6 dari sebelumnya 1:9. Artinya, kalau untuk kebutuhan dalam negeri 1, ekspornya 6. Dengan begitu, mudah-mudahan pasokan akan bertambah," urai Mendag Zulkifli Hasan.

Pasar Cisalak yang dibangun pada 2015 memiliki luas sebesar 31.130m2. Pasar Cisalak menampung 667 unit los dan 667 unit kios dengan 788 pedagang aktif.

3 dari 4 halaman

Mendag Ingin Perundingan Perdagangan Bebas Indonesia-Eurasia Segera Selesai

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu dengan anggota Dewan-Menteri Integrasi dan Ekonomi Makro Komisi Ekonomi Eurasia (Eurasian Economic Commission/EEC) Sergei Glazyev di Jakarta, Jumat (27/1/2023). Dalam pertemuan ini mendag menegaskan bahwa kerja sama ekonomi Indonesia dan Uni Ekonomi Eurasia harus dipererat.

Untuk mendorong peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Eurasia, ia pun menginginkan persetujuan perdagangan bebas (FTA) kedua negara harus diselesaikan dengan cepat.

“Saya menyampaikan selamat kepada Indonesia dan anggota EAEU atas peluncuran Perundingan IEAEU-FTA Desember lalu. Peluncuran perundingan FTA Indonesia-EAEU merupakan momentum bersejarah untuk meningkatkan hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Zulkifli Hasan, dalam keterangan tertulis.

Sebelumnya, perundingan IEAEU-FTA diluncurkan secara resmi oleh Menteri Perdagangan RI dan Anggota Dewan Menteri Perdagangan EAEU pada 5 Desember 2022 lalu secara daring.

Saat ini kedua pihak masih menyusun draf kerangka acuan perundingan IEAEU-FTA. Perundingan putaran pertama direncanakan dilaksanakan pada kuartal pertama 2023, yaitu di bulan Maret/April tahun ini dan ditargetkan dapat diselesaikan dalam waktu dua tahun.

Beberapa cakupan isu perundingan dalam IEAEU-FTA meliputi perdagangan barang, aturan asal barang (rules of origin), pengamanan perdagangan (trade remedies) prosedur kepabeanan fasilitasi perdagangan (customs procedure and trade facilitation), sanitasi dan fitosanitasi, hak kekayaan intelektual, hambatan teknis untuk perdagangan, persaingan usaha, serta perdagangan digital.

4 dari 4 halaman

Landasan Kerja Sama

Pada pertemuan tersebut, kedua menteri juga membahas Indonesia-EEC Joint Working Group (JWG). Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, Indonesia dan EEC memiliki Nota Kerja Sama untuk membentuk JWG sebagai forum diskusi tentang kerja sama teknis dalam rangka peningkatan perdagangan dan investasi.

“Indonesia menyambut baik berbagai inisiatif dalam rangka mengoptimalkan potensi hubungan ekonomi bilateral, sangat penting bagi kedua pihak untuk menyelesaikan perundingan secepatnya,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Sebelumnya, Nota Kerja Sama (Memorandum of Cooperation/MOC) telah ditandatangani pada 17 Oktober 2019 di sela sela Trade Expo Indonesia. Nota kerja sama tersebut akan dijadikan landasan untuk memulai kerja sama teknis di berbagai bidang guna meningkatkan perdagangan dan investasi serta mengurangi hambatan di antara kedua pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.