Sukses

Penumpang Garuda Indonesia dan Citilink Sentuh 60 Ribu Orang di Puncak Mudik Nataru 2022

Hari ini Jumat (23/12/2022), merupakan peak season perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Citilink.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) Irfan Setiaputra mengungkapkan, hari ini Jumat (23/12/2022), merupakan peak season perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Citilink.

"Sementara, hitungan kita adalah peak-nya. Kita sekitar 60 ribuan (penumpang), gabungan Garuda dan Citilink," ujar Irfan, saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soetta, Jumat (23/12/2022).

Menurutnya, jumlah penumpang pada puncak arus liburan Natal dan Tahun Baru 2023 ini adalah angka tertinggi selama Pandemi COVID-19. Sebab, sebelumnya, angka tertinggi penumpang hanya 30 ribu penumpang saja.

"Kita hampir mencapai rekor terbaru kita selama Pandemi COVID-19, sebab pandemi ini mencapai 30 ribuan. Jadi alhamdulillah, suasana membaik untuk semuanya," ujar Irfan.

Untuk itu, dia meminta, untuk seluruh petugas Garuda Indonesia dan Citilink, untuk menjaga dan meningkatkan pelayanan kepada penumpang Garuda Indonesia group.

Pasalnya, saat ini adalah moment berharga dan kebahagiaan bagi para penumpang yang ingin pulang kampung merayakan Natal atau pergi liburan saat pergantian Tahun Baru 2023.

"Garuda dan Citilink ingin melihat Nataru ini bukan sekedar teknis, saya sudah sampaikan ke teman-teman, ini masanya orang-orang sedang bersenang-senang, sedang berbahagia. Jadi kalau tidak bisa menambah kesenangan, jangan merusak kesenangan orang," tutur Irfan.

Maksudnya, jangan sampai petugas terutama yang bekerja di pelayanan, merusak pelayanan penumpang.

"Jangan merusak dengan sesuatu, seperti antrian yang tidak benar, tidak delay, sebisa mungkin kita fokus pada hal-hal seperti itu," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Garuda Indonesia dan Citilink Sediakan 1,3 Juta Kursi di Puncak Nataru

Garuda Indonesia Group melalui layanan penerbangan full service Garuda Indonesia dan low cost carrier (LCC) Citilink, mempersiapkan sedikitnya 1,3 juta kursi penerbangan pada periode puncak Nataru (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023), yang diproyeksikan akan berlangsung pada 18 Desember 2022-8 Januari 2023.

Optimalisasi kapasitas penerbangan tersebut terdiri dari 503,407 kursi penerbangan untuk rute domestik dan 116,267 kursi penerbangan untuk rute International yang akan dilayani oleh Garuda Indonesia. Sementara Citilink mempersiapkan sedikitnya 684,682 kursi penerbangan untuk rute domestik dan 34,560 kursi penerbangan untuk rute internasional.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, periode peak season Nataru tahun ini jadi penanda penting atas pertumbuhan industri transportasi udara.

"Dengan tingginya antusiasme masyarakat untuk melaksanakan perjalanan di akhir tahun pada masa transisi pandemi ini, tentunya menjadi momentum tersendiri yang akan senantiasa kami optimalkan dengan memastikan kebutuhan aksesibilitas layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan bermobilitas dapat terpenuhi dengan baik," ujarnya, Jumat (16/12/2022).

Adapun sepanjang Desember 2022 ini, Garuda Indonesia Group memproyeksikan dapat mengoperasikan sedikitnya 2015 frekuensi penerbangan per pekannya. Tumbuh sekitar 20,7 persen dibandingkan bulan November 2022 lalu sebanyak 1670 frekuensi penerbangan per pekannya.

3 dari 4 halaman

Penambahan Frekuensi

Penambahan frekuensi telah dilaksanakan secara bertahap sejak periode akhir November 2022 pada sejumlah rute penerbangan. Adapun beberapa rute Garuda Indonesia yang telah dioptimalkan melalui penambahan frekuensi diantaranya adalah rute Jakarta-Medan pp, yang sebelumnya dilayani 24 kali per pekan menjadi 35 kali per pekan.

Kemudian, Jakarta-Semarang pp yang sebelumnya dilayani 11 kali per pekan jadi 21 kali per pekan, Jakarta-Surabaya pp dari yang sebelumnya dilayani 45 kali per pekan menjadi 50 kali per pekan, Jakarta-Palembang pp dari yang sebelumnya dilayani 14 kali per pekan menjadi 18 kali per pekan.

Lalu, Jakarta-Batam pp yang sebelumnya dilayani 11 kali per pekan menjadi 14 per pekan, hingga rute penerbangan Jakarta-Makassar pp dari yang sebelumnya dilayani 27 kali per pekan menjadi 35 kali per pekan.

4 dari 4 halaman

Rute Internasional

Garuda Indonesia juga akan menambah frekuensi di beberapa rute internasional untuk menangkap peluang pasar dalam memaksimalkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Sejumlah rute-rute internasional yang frekuensinya ditingkatkan, yakni Jakarta-Singapura pp yang kini dilayani sebanyak 21 per pekan, Jakarta-Kuala Lumpur pp yang dilayani sebanyak 5 kali per pekan.

Selanjutnya, Jakarta-Hong Kong yang dilayani sebanyak 3 kali setiap pekan, Jakarta-Bangkok pp 4 kali per pekan, Denpasar-Sydney pp 2 kali per pekan, dan Jakarta-Melbourne pp yang kini dilayani sebanyak 2 kali setiap pekan.

"Melalui penambahan frekuensi penerbangan khususnya jelang periode peak season tersebut, kami memproyeksikan akan terdapat pertumbuhan penumpang berkisar 30 persen di bulan Desember 2022 jika dibandingkan dengan catatan trafik penumpang hingga November 2022," imbuh Irfan.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.