Sukses

Pelaku Ekonomi Kreatif di Tangsel Bakal Fokus Kembangkan Perekonomian Daerah

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), jadikan industri ekonomi kreatif di wilayahnya sebagai andalan perekonomian sekaligus meningkatkan pembangunan infrastruktur.

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan, pandemi Covid-19 selama dua tahun ini tentu mengakibatkan pelambatan maupun penurunan dari sisi ekonomi. Tetapi Pemkot terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, salah satunya dengan cara mendorong sektor-sektor ekonomi kreatif dan menciptakan lapangan- lapangan kerja baru.

“Meskipun laju pertumbuhan ekonomi dan PDRB Tangerang Selatan 2022 sudah mengalami peningkatan yang signifikan. Pemkot terus melakukan langkah-langkah nyata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong sektor-sektor ekonomi kreatif. Sektor ini menjadi salah satu andalan kita sekarang dan untuk masa yang akan datang," ungkapnya.

Benyamin menyampaikan bahwa kota Tangerang Selatan adalah Kota perdagangan dan jasa, maka dari itu diharapkan adanya pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan keterampilan masyarakat sehingga lahir pelaku usaha baru.

Pelatihan Digital Marketing untuk menunjang keahlian pelaku usaha UMKM di era saat ini pun, tengah diusahakan pihaknya. Karena perputaran uang yang terjadi di dunia pemasaran digital begitu besar.

Di sisi lain, upaya yang dilakukan Pemkot membuahkan hasil yang mana turunnya Angka Pengangguran dari sekitar 8,6 persen menjadi 6,59 persen, pertumbuhan rata-rata sekolah naik dari 11,82 menjadi 11,84.

Lalu, angka harapan hidup tahun 2022 meningkat dari 72,47 tahun menjadi 72,78 tahun dikarenakan kondisi lingkungan yang baik serta makanan dan minuman yang sehat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

16 Subsektor Ekonomi Kreatif

Di lain pihak, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, ada 16 subsektor ekonomi kreatif, di antaranya fesyen, kuliner, kriya, seni pertunjukan, desain produk, arsitektur dan lainnya, yang menjadi fokus pengembangan industri kreatif di wilayahnya

"Kami menaruh harapan besar dengan tumbuhnya ekonomi kreatif di Tangerang Selatan. Dan kami di pemerintahan mendorong dan mendukung segala bentuk kegiatan dari teman-teman pelaku seni dan di dalamnya para pelaku ekonomi kreatif," ujar Pilar.

Hal ini sangatlah penting, kata Pilar, ekonomi kreatif tersebut yang akan memberikan nilai tambah suatu kota. Itulah yang akan membedakan dengan kota-kota lainnya. Untuk itu, kegiatan-kegiatan Pemerintah Kota Tangerang Selatan hampir selalu melibatkan para pelaku ekonomi kreatif.

"Kita adakan Bintaro Design District, Tangsel Sejiwa, Tangsel Creative Awards, sebelumnya ada ArtIdentity dan masih banyak lainnya," ungkap Pilar. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS