Sukses

Pesawat Lion Air Rute Jambi-Jakarta Gagal Lepas Landas, Penerbangan Sempat Delay 4 Jam

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Lion Air menyiapkan pesawat pengganti setelah pesawat Lion Air JT601 tujuan Jambi-Jakarta yang dijadwalkan terbang pukul 06.00 WIB mengalami gagal lepas landas pada Minggu, 4 Desember 2022.

EGM Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi Siswanto saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Namun ia memastikan bahwa situasi penumpang kondusif dan penumpang sudah kembali terbangkan menuju Jakarta dengan pesawat pengganti.

Dia memastikan persoalan ini sudah selesai kondusif dimana pihak maskapai juga telah memenuhi kewajibannya memberikan kompensasi berbentuk uang, snack, makan kepada penumpang karena terlambat melebihi empat jam.

"Bandara berkoordinasi dengan maskapai agar semua berjalan dengan baik, Alhamdulillah kondusif, pesawat pengganti dan penumpang sudah sampai Jakarta sekarang," katanya dikutip dari Antara, Minggu (4/12/2022).

Dia mengatakan pesawat pengganti sudah landing di Bandara Sultan Thaha Jambi untuk menjemput penumpang sekira pukul 11.00 WIB.

Terkait informasi adanya penumpang yang terlantar, Dia menegaskan tidak ada yang terlantar sebab pihaknya dan maskapai cepat tanggap berkoordinasi dalam mengatasi permasalahan ini.

Sementara itu, jumlah penumpang pesawat tercatat sebanyak 152 pax termasuk awak kabin.

Sementara itu Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihartoro ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya masih akan melakukan pengecekan terlebih dahulu atas peristiwa tersebut.

Berdasarkan informasi yang diterima Antara, pesawat pengganti sudah terbang dari Jambi menuju Jakarta pada pukul 11.20 WIB. Pesawat Lion Air JT601 tujuan Jambi-Jakarta berputar balik dan kembali ke pelataran pada pukul 06.10 WIB.

Pesawat tidak jadi lepas landas dan seluruh penumpang diminta menunggu maskapai melakukan pengecekan terhadap pesawat

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Lion Air Soal Keluhan Kaesang Pangerep Dipindah ke Super Air Jet

Lion Air memberikan penjelasan mengenai keluhan dari salah satu penumpang yaitu Kaesang Pangarep mengenai perubahan jadwal keberangkatan.

Sebelumnya putra dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini memang curhat di media sosial mengenai pengalihan penerbangan Lion Air tujuan Jakarta-Solo, yang membuatnya batal menghadiri pernikahan temannya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, Lion Air mempersiapkan penerbangan bernomor JT-530 yang dijadwalkan berangkat Jumat 11 November 2022 pukul 08.40 WIB. Penerbangan ini dengan rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang menuju Bandara Adisoemarmo Solo.

"Dikarenakan alasan operasional dari dampak rotasi atau pergerakan pesawat yang berpotensi terjadi penundaan keberangkatan lebih lama, harus diputuskan secara cepat guna memiminalisir agar operasional yang lain tidak terganggu, maka penerbangan JT-530 mengalami perubahan jadwal," jelas Danang dalam keterangan tertulis, Rabu (23/11/2022).

"Lion Air berupaya memberikan alternatif kepada tamu dengan menawarkan pilihan berupa memindahkan ke maskapai lain (transfer flight)," tambah dia. 

Menanggapi hal tersebut, Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul.

Lion Air mengucapkan terima kasih untuk masukan berupa kritik dan saran sebagai rekomendasi dalam rangka memperbaiki serta meningkatkan kualitas layanan penerbangan.

3 dari 3 halaman

Kaesang Pangerap Kembali Dibikin Kesal Lion Air Group, Ini Masalahnya

Kaesang Pangarep kembali curhat di media sosial Twitter. Curhatan ini soal masalah penerbangan menggunakan pesawat dari Lion Air Group yang dipindahkan.

Asal muasal kekesalan Kaesang Pangarep setelah dirinya mendapat pemberitahuan mengenai pengalihan penerbangan Lion Air tujuan Jakarta-Solo, yang membuatnya batal menghadiri pernikahan temannya.

Padahal, ia sengaja memilih jam penerbangan pagi agar dapat tiba di Solo tepat waktu. Namun pesawat yang hendak dinaikinya itu justru dialihkan.

Jadwal penerbangan menggunakan Lion Air itu seharusnya dilakukan pada pukul 06.45 WIB dan akhirnya berganti ke 09.10 WIB menggunakan Super Air Jet.

Curhatannya itu dituliskan di akun Twitter @kaesangp pada Senin (21/11/2022). Ia menanggapi keluh kesah netizen lain yang melayangkan protes terhadap Batik Air.

“Sama kok, saya sampe kesel sendri gah bisa hadirin nikahan temen SD yang udahh bantuin di perusahaan saya,” tulisnya, di kutip Selasa (22/11/2022). 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS