Sukses

Lockdown China Meluas, Harga Minyak Dunia Merosot 1 Persen

Harga minyak dunia turun sekitar 1 persen pada hari Jumat setelah importir minyak mentah utama China memperluas pembatasan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak dunia turun sekitar 1 persen pada hari Jumat setelah importir minyak mentah utama China memperluas pembatasan COVID-19. Di sisi lain patokan minyak mentah siap untuk kenaikan mingguan di tengah kekhawatiran pasokan dan data ekonomi yang secara mengejutkan kuat.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (29/10/2022), harga minyak Brent berjangka turun 89 sen, atau 0,92 persen, menjadi menetap di USD 96,07 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 88 sen, atau 0,99 persen, menjadi USD 88,20.

Bensin berjangka AS turun sekitar 3 persen. Sementara solar berjangka AS naik sekitar 5 persen ke level tertinggi sejak pertengahan Juni.

"Diesel masih (adalah) komponen terkuat dari kompleks (dengan) short yang diperas dari kontrak November menjelang berakhirnya Senin," kata analis di perusahaan konsultan energi Ritterbusch and Associates.

Untuk minggu ini, Brent naik sekitar 2 persen dan WTI naik sekitar 3 persen.

Kota-kota di China meningkatkan pembatasan COVID-19 pada hari Kamis, menutup gedung dan mengunci distrik setelah China mendaftarkan 1.506 infeksi COVID baru pada 27 Oktober, kata Komisi Kesehatan Nasional, naik dari 1.264 kasus baru sehari sebelumnya.

Dana Moneter Internasional memperkirakan pertumbuhan China melambat menjadi 3,2 persen tahun ini, turun 1,2 poin dari proyeksi April, setelah naik 8,1 persen pada 2021.

"Sulit untuk membuat alasan untuk rebound dalam pembelian minyak mentah China mengingat latar belakang ketidakpastian atas kebijakan nol-COVID," kata analis PVM Oil Stephen Brennock.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Perusahaan Minyak China

PetroChina mengatakan permintaan China untuk bahan bakar sulingan dan gas alam akan tumbuh dari tahun ke tahun di kuartal keempat seiring dengan pemulihan ekonomi yang diharapkan karena Beijing meluncurkan lebih banyak kebijakan stimulus.

Kekuatan ekonomi di dua ekonomi utama membatasi kerugian minyak.

Data pada hari Kamis menunjukkan rebound kuat dalam produk domestik bruto (PDB) AS pada kuartal ketiga, menunjukkan ketahanan di ekonomi dan konsumen minyak terbesar dunia.

Ekonomi Jerman juga tumbuh secara tak terduga pada kuartal ketiga, data menunjukkan pada hari Jumat, karena ekonomi terbesar Eropa menjaga resesi meskipun inflasi tinggi dan kekhawatiran pasokan energi menjelang larangan Eropa terhadap impor minyak mentah Rusia.

"Pasar tetap waspada terhadap tenggat waktu yang akan datang untuk pembelian minyak mentah Rusia di Eropa sebelum sanksi dimulai pada 5 Desember," kata analis ANZ Research dalam sebuah catatan.

Raksasa minyak dan gas global termasuk Exxon Mobil, Chevron dan Equinor membukukan laba kuartal ketiga yang besar, memicu kritik dari kelompok konsumen di Amerika Serikat dan Eropa.

 

3 dari 3 halaman

Kata Presiden AS

Presiden AS Joe Biden telah mengatakan kepada perusahaan-perusahaan minyak bahwa mereka tidak berbuat cukup untuk menurunkan biaya energi.

Rig minyak dan gas alam AS turun minggu ini, tetapi pada bulan Oktober tidak ada kenaikan bulanan pertama mereka sejak Juli, menurut perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) kemungkinan akan mempertahankan pandangannya bahwa permintaan minyak dunia akan meningkat selama satu dekade lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.