Sukses

Dolar AS Loyo, Harga Minyak Brent Merangkak Naik ke USD 95,69 per Barel

Harga minyak mentah berjangka Brent ditutup naik USD 2,17 atau 2,3 persen menjadi USD 95,69 per barel.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak melonjak hampir 3 persen pada perdagangan Rabu, didukung oleh rekor ekspor minyak mentah AS dan karena penyulingan di AS yang beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi dari biasanya sepanjang tahun ini.

Pelemahan dolar AS menambah dukungan terhadap harga minyak dunia, karena kekuatan greenback akhir-akhir ini telah menjadi faktor penting yang menghambat kenaikan pasar minyak.

Dikutip dari CNBC, Kamis (27/10/2022), harga minyak mentah berjangka Brent ditutup naik USD  2,17 atau 2,3 persen menjadi USD 95,69 per barel. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik USD 2,59 atau 3 persen menjadi USD 87,91.

Kurs dolar AS membuat minyak lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. Greenback AS telah lebih kuat dari mata uang asing utama lainnya karena bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed) lebih agresif menaikkan suku bunga.

“Secara keseluruhan ini adalah langkah dalam mata uang dolar, dan jika Anda mencoba membaca di luar itu, itu bodoh,” kata Eli Tesfaye, Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures.

Stok minyak mentah AS naik 2,6 juta barel pekan lalu, lebih dari yang diantisipasi, tetapi itu lebih rendah dari angka industri, yang menunjukkan peningkatan 4,5 juta barel.

Ekspor minyak mentah naik menjadi 5,1 juta barel per hari, terbesar yang pernah ada, menjatuhkan impor minyak mentah AS ke level terendah dalam sejarah.

“Secara keseluruhan, berkat pasar ekspor, ini berubah menjadi laporan bullish meskipun ada peningkatan persediaan minyak mentah komersial berukuran sedang,” kata John Kilduff, Mitra di Again Capital di New York.

Pedagang mengaitkan lonjakan ekspor dengan melebarnya spread WTI-Brent, yang memasuki perdagangan Rabu, lebih dari USD 8 per barel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyulingan AS

Tingkat penyulingan AS tetap stabil di hampir 89 persen dari kapasitas, tertinggi untuk sepanjang tahun ini sejak 2018.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak mengejutkan pasar dengan pemotongan yang lebih besar dari perkiraan untuk target produksinya awal bulan ini. 

Analis minyak mengantisipasi pasokan akan mengetat dalam beberapa bulan mendatang setelah langkah itu, dan karena Eropa diperkirakan bulan depan akan melarang impor minyak dari Rusia dan membatasi pengirim Rusia dari industri asuransi pengiriman global.

Larangan itu dapat memperketat pengiriman minyak dunia, yang juga dapat mengerek harga minyak. Banyak analis percaya Rusia akan dapat  menghindari langkah-langkah tersebut , tetapi itu masih dapat menyebabkan Moskow menutup antara 1 juta dan 2 juta barel produksi harian, yang dapat memukul pasar penyulingan.

“Hingga 2024 kami percaya harga minyak akan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan kapal tanker yang bersedia mengangkut minyak Rusia daripada fundamental pasokan-permintaan global, menjaga harga minyak tetap tinggi,” tulis analis JP Morgan. 

3 dari 4 halaman

Dolar AS Tumbang, Harga Minyak Dunia Naik

Kemarin, harga minyak naik pada hari Selasa, rebound dari penurunan awal lebih dari USD 1 per barel. Kenaikan ini didorong oleh dolar AS yang lebih lemah dan kekhawatiran pasokan yang disorot oleh menteri energi Arab Saudi.

Dikutip dari CNBC, Rabu (26/10/2022), benchmark minyak mentah berjangka Brent ditutup naik 0,28 persen pada USD 93,52 per barel. Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 0,87 persen pada USD 85,32.

Indeks dolar AS turun selama perdagangan sore, membuat minyak dalam mata uang dolar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya dan membantu mendorong harga lebih tinggi.

Dukungan lebih lanjut datang dari komentar menteri energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Salman, bahwa stok energi digunakan sebagai mekanisme untuk memanipulasi pasar.

“Adalah tugas saya untuk menjelaskan bahwa kehilangan stok darurat mungkin menyakitkan di bulan-bulan mendatang,” katanya pada konferensi Future Initiative Investment (FII) di Riyadh.

Sementara itu, pengetatan pasar untuk gas alam cair (LNG) di seluruh dunia dan pengurangan pasokan oleh produsen minyak utama telah menempatkan dunia di tengah “krisis energi global pertama yang sesungguhnya,” kata Fatih Birol, kepala Badan Energi Internasional (IEA), mengatakan pada hari Selasa.

Komentar dari Riyadh dan dari IEA adalah “pengingat bahwa ketika menyangkut krisis energi, ini masih jauh dari selesai,” kata Phil Flynn, seorang analis di Price Futures Group. "Masih ada kekhawatiran pasar kekurangan pasokan," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Impor China Turun

Harga minyak turun lebih dari USD 1 per barel sebelumnya pada hari Selasa di tengah tanda-tanda aktivitas ekonomi yang tidak pasti di Amerika Serikat dan China, dua konsumen minyak terbesar dunia.

Pada hari Senin, data pemerintah menunjukkan impor minyak mentah China pada bulan September adalah 2 persen lebih rendah dari tahun sebelumnya. Sementara aktivitas bisnis berkontraksi di zona euro, Inggris dan Amerika Serikat pada bulan Oktober.

CEO Goldman Sachs David Solomon mengatakan pada hari Selasa bahwa ia percaya resesi AS adalah "kemungkinan besar", sementara resesi dapat terjadi di Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.