Sukses

Digitalisasi Bisnis, Krakatau Sarana Infrastuktur Luncurkan Digital Control Tower

PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) Group terus melakukan transformasi dan digitalisasi bisnis dengan meluncurkan Digital Control Tower (DCT).

Liputan6.com, Jakarta PT Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI) Group terus melakukan transformasi dan digitalisasi bisnis dengan meluncurkan Digital Control Tower (DCT).

Peluncuran tersebut merupakan komitmen PT Krakatau Sarana Infrastruktur dalam rangka mendukung agenda transformasi di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang selaras dengan program Kementerian BUMN untuk mendorong adanya digitalisasi data di seluruh BUMN.

PT Krakatau Sarana Infrastruktur merupakan subholding PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang bergerak dalam bidang infrastruktur terintegrasi serta membawahi sejumlah anak perusahaan yaitu PT Krakatau Bandar Samudera, PT Krakatau Tirta Industri, PT Krakatau Daya Listrik, PT Krakatau Sarana Properti, PT Krakatau Information Tecnology, dan PT Krakatau Jasa Industri.

“Dengan momentum peluncuran tersebut, PT Krakatau Sarana Infrastruktur berupaya untuk memberikan value added dengan mengimplementasikan fasilitas DCT bagi seluruh entitas subholding di tengah iklim bisnis yang semakin kompetitif,” kata Direktur Utama PT Krakatau Sarana Infrastruktur, Agus Nizar Vidiansyah, Kamis (20/10/2022).

DCT sendiri merupakan dashboard terintegrasi yang dapat menampilkan data financial, sales, operation, dan strategic initiatives perusahaan sekaligus pencapaian target Group Nerve Control Center untuk pengaturan fungsi pusat seluruh Group Entitas Subholding PT Krakatau Sarana Infrastruktur.

“Melalui dashboard tersebut diharapkan kinerja Group Entitas subholding dari PT Krakatau Sarana Infrastruktur dapat dimonitor secara real time sehingga seluruh data dan proses bisnis di anak perusahaan dapat ditampilkan secara digital dan tervisualisasi secara transparan,” paparnya.

Lebih lanjut, fasilitas DCT dapat memberikan informasi perbandingan pencapaian kinerja keuangan dibandingkan dengan RKAP untuk seluruh Group Entitas subholding. Indikator ini dapat memberikan gambaran terhadap Revenue, EBITDA, Net Profit, Cash Flow Statement, dan Balance Sheet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sistem ERP

Selain itu, dengan tersedianya digital performance dashboard dapat membuat kinerja perusahaan lebih optimal dengan proses pengambilan keputusan yang lebih cepat, terukur serta efisien baik dalam pengembangan maupun penanggulangan masalah bisnis di entitas subholding.

Dalam pengembangan selanjutnya, DCT yang diluncurkan oleh PT Krakatau Sarana Infrastruktur akan diintegrasikan dengan sistem ERP (SAP S4/HANA) yang diawali tahapan konsolidasi data pada sistem ERP (SAP S4/HANA) di masing-masing anggota holding PT KSI termasuk entitas dibawahnya.

Sedangkan Direktur Pengembangan Usaha PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Purwono Widodo menambahkan, peluncuran DCT di lingkungan PT Krakatau Sarana Infrastruktur Group dapat menjadi awal bagi inovasi-inovasi bisnis lainnya di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

"Diharapkan peluncuran DCT dapat menjadi awal bagi inovasi-inovasi lainnya di lingkungan PT Krakatau Steel, memang diantara yang lain, KSI Group paling siap sehingga kita juga berharap dukungan ini dapat menjadikan PT Krakatau Steel Group menjadi lebih baik,” tegasnya.

3 dari 4 halaman

Dirut Krakatau Steel Silmy Karim Daftar Jadi Dirjen Imigrasi

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim diketahui mendaftar menjadi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Dia masuk dalam daftar seleksi bersama dengan 29 orang lainnya.

Nama Silmy Karim berada di daftar paling atas dari dokumen yang diterima Liputan6.com. Nama dia terdaftar di calon Dirjen Imigrasi dengan nomor registrasi 1-013.

Daftar itu adalah merujuk pada Pengumuman dengan Nomor SEK-KP.03.03.704 tentang Hasil Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun 2022.

Silmy Karim mendaftar sebagai Dirjen Imigrasi dari jalur Non-ASN. "Berdasarkan rujukan tersebut di atas, bersama ini disampaikan daftar peserta yang dinyatakan LULUS Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Direktur Jenderal Imigrasi bagi kalangan Non-PNS," tulis dokumen tersebut, Kamis (20/10/2022).

Dengan total 30 orang yang lulus seleksi tadi, Silmy Karim dijadwalkan untuk melakukan uji konpetensi bidang atau penulisan makalah. Agenda itu bakal digelar pada Jumat 21 Oktober 2022 di Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham.

Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim dan perusahaannya pernah meraih penghargaan Anugrah BUMN 2022 di Hotel JW Marriot, Jakarta. Penghargaan ini diserahkan oleh Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2022 Dr. Tanri abeng, MBA.

Krakatau Steel mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan BUMN Terbaik II Kategori Strategi Tumbuh dan Bertahan, Terbaik II Kategori Transformasi Organisasi

Sedangkan Silmy Karim meraih penghargaan The Best CEO in Change Leadership sebagai pimpinan perusahaan BUMN yang berhasil melakukan perubahan besar dalam membenahi perusahan.

Silmy pada Anugerah BUMN tahun sebelumnya mendapatkan penghargaan sebagai The best CEO on Turn Around tahun 2020 dan The Best CEO in Strategic Alliance tahun 2018.

4 dari 4 halaman

Karir Silmy Karim

Diketahui Silmy Karim sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero). Di tangan silmy, BUMN industri alat berat tersebut mampu bangkit dari keterpurukan. Bahkan, selama dipimpin Silmy, kontrak dan pendapatan Barata melonjak tajam.

Saat dikonfirmasi, Silmy mengakui memiliki tugas untuk memperbaiki kinerja BUMN baja tersebut. "Bu Menteri minta saya untuk memperbaiki kinerja BUMN sektor industri," ucap Silmy kepada Liputan6.com.

Seperti diketahui, saat ini, Krakatau Steel telah dan terus melakukan berbagai upaya perbaikan kinerja untuk menjadikan perseroan sehat dan tumbuh secara berkesinambungan.

Ini diantaranya melalui meningkatkan likuiditas, menyelesaikan proyek strategis, transformasi sales dan marketing, program efisiensi biaya melalui pola operasi yang optimal, optimalisasi aset, dan restrukturisasi keuangan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.