Sukses

Raih Kehidupan Finansial yang Bebas Cemas dengan Terapkan Frugal Living!

Salah satu jurus ampuh yang bisa dilakukan untuk menciptakan kehidupan finansial yang Bebas Cemas adalah dengan konsep frugal living.

Liputan6.com, Jakarta Mengatur keuangan merupakan kegiatan yang sangat berat untuk dilakukan sebagian pekerja. Karena seringkali, ketika sudah mengatur keuangan sebegitu ketatnya, akan muncul pengeluaran yang tak terduga, entah di pertengahan atau akhir bulan. Itu yang menjadikan kehidupan finansial yang Bebas Cemas sulit diraih.

Salah satu jurus ampuh yang bisa dilakukan untuk menciptakan kehidupan finansial yang Bebas Cemas adalah dengan menerapkan konsep frugal living. Karena kesederhanaan menjadi hal yang utama dalam konsep ini, siapapun bisa menerapkan frugal living lho!

Fyi, frugal living merupakan kesadaran orang dalam setiap aktivitas pengeluarannya tapi tetap menentukan prioritas tertentu secara finansial. Orang yang menerapkan konsep ini, akan lebih mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Nah, gimana, penasaran kan? Kamu ingin menerapkan konsep frugal living dalam kehidupan finansial? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Catat dan Evaluasi Pengeluaran

Langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk pertama kalinya adalah mulai mencatat cash flow setiap bulannya, bahkan setiap minggu kalau bisa. Karena sekarang sudah era digitalisasi, pencatatan keuangan jadi semakin mudah.

Banyak aplikasi yang tersedia, entah di Play Store atau App Store untuk melakukan pencatatan keuangan. Yang paling penting dari langkah ini adalah bagaimana rajinnya kamu ya!

Manfaat dari melakukan pencatatan cash flow adalah evaluasi pemasukan dan pengeluaran yang ada. Dengan kamu memiliki source pencatatan keuangan, itu memudahkan kamu dalam melakukan pos-pos keuangan agar tidak boncos.

2. Menabung dan Investasi

Langkah kedua merupakan langkah yang tidak bisa ditinggalkan jika ingin menerapkan konsep frugal living. Ya, menabung dan investasi menjadi aspek penting di dalamnya.

Setelah melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran, sisa uang yang tersedia bisa kamu alokasikan ke menabung dan investasi. Keuntungan yang akan kamu dapatkan, bukan untuk hari ini, melainkan untuk hari esok.

Jadi, jangan lupa melewatkan langkah ini, jika kamu ingin Bebas Cemas secara finansial di hari esok!

3. Terapkan Meal Planning

Langkah ketiga adalah dengan melakukan meal planning. Mungkin masih banyak yang asing dengan kalimat satu ini. Meal planning merupakan perencanaan menu makan, baik untuk keluarga atau pribadi dalam jangka waktu tertentu yang terdiri dari sarapan, makan siang, snack, dan makan malam. 

Meal planning berguna untuk bisa menekan biaya yang akan kamu keluarkan untuk makan ya! Selain itu, meal planning juga bisa mengurangi makanan yang terbuang dari apa yang kamu beli dan masak.

Jika ingin menerapkan langkah ini, kamu bisa menuliskan bahan makanan apa saja yang sudah kamu punya, lalu tulis rencana setiap harinya makanan apa saja yang dibuat dari bahan-bahan tersebut. Dengan melakukan itu, selain finansial dapat bebas cemas, pola hidup kamu juga bakal terus sehat lho!

3 dari 3 halaman

4. Terapkan Mindfulness dalam Belanja

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerapkan mindfulness dalam berbelanja ya! Fyi, mindfulness ini diartikan sebagai sebuah kondisi mental seseorang, di mana ia memiliki kesadaran penuh terhadap suatu hal, termasuk ketika berbelanja.

Agar tidak cemas, ada baiknya, sebelum berbelanja, harus bertanya ke diri sendiri terlebih dahulu ya, apakah yang kamu ingin beli itu sesuatu keinginan, hanya sekadar kebutuhan belaka. Bertanya seperti itu akan menciptakan kondisi mental yang lebih seimbang dan jernih dalam mengambil setiap keputusan.

Jika kamu sudah menetapkan keputusan bahwa barang tersebut sesuai dengan kebutuhan, agar lebih tenang dan menghilangkan rasa was-was ketika bertransaksi, menggunakan dompet digital DANA adalah salah satu strategi jitu. Kenapa? Karena DANA memiliki DANA Protection, sistem keamanan berlapis dan dinamis yang akan menjamin keamanan setiap transaksi kamu lho. Salah satunya ialah dengan perlindungan PIN, Kode OTP, dan DANA Viz.

Selain itu, kamu bisa melaporkan apa yang menjadi kendala sekaligus melakukan cek sudah sejauh mana penyelesaian kendala tersebut di fitur Pusat Resolusi di aplikasi DANA. Dengan begini pastinya rasa cemasmu bisa berkurang bahkan hilang karena adanya kepastian.

Tak hanya sampai di situ, DANA Customer Care 24 juga siap membantu kamu kapanpun dan di manapun ketika sedang dibutuhkan. 

Bagaimana, aman dan mudah bukan transaksi menggunakan DANA? Jadi tunggu apalagi? Saatnya ikuti langkah di atas untuk menerapkan konsep frugal living agar kehidupan finansial kamu semakin tertata. Eits, jangan lupa juga untuk download dan pakai DANA sekarang agar transaksi jadi #BebasDrama ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.