Sukses

Pelni Siapkan 3 Kapal Buat Angkut Logistik dan Penumpang ke Ibu Kota Nusantara

PT Pelni (Persero) siap mendukung proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dukungan yang diberikan berupa penyediaan jasa transportasi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelni (Persero) siap mendukung proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dukungan yang diberikan berupa penyediaan jasa transportasi untuk angkutan logistik dan juga migrasi pekerja. 

“Kami siapkan 3 kapal, KM Labobar, KM Lambelu, dan KM Bukit Siguntang,” kata General Manager (GM) PT Pelni Cabang Balikpapan dikutip dari Antara, Senin (12/9/2022).

KM Labobar berkapasitas 2.600 penumpang, KM Lambelu dan KM Bukit Siguntang masing-masing mampu mengangkut 2.000 penumpang. Ketiga kapal singgah di Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

KM Labobar, misalnya, sebelum ke Balikpapan berangkat dari Tanjung Perak, Surabaya. Bahkan KM Labobar saat ini juga disiapkan untuk mengangkut logistik menggunakan kontainer atau peti kemas.

Adapun KM Lambelu dan Bukit Siguntang menyinggahi pelabuhan-pelabuhan di Nusa Tenggara seperti Maumere, Larantuka, baru menyeberang ke Baubau di Sulawesi Tenggara dan ke Balikpapan.

Pelni juga sedang menyiapkan kapal jenir roll on-roll of (ro-ro), kapal yang memiliki pintu besar (ramp) di haluan atau buritan, atau di lambung sehingga kendaraan seperti truk dan mobil jenis lainnya bisa masuk sendiri.

“Kalaupun kapal ro-ro tidak sempat terealisasi pada 2022 ini, maka selambatnya awal 2023 nanti,” lanjut Sanusi.

Kapal ro-ro yang berlaku sebagai ferry ini akan melayani rute Surabaya-Balikpapan dan Surabaya–Banjarmasin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berkantor di Balikpapan

Bahkan, Sanusi mengungkapkan, untuk melayani dan mendekati pelanggan dan pengguna jasa pelayaran, manajemen PT Pelni juga tengah bersiap-siap berkantor di Balikpapan sebagai kota penyangga IKN.

Presiden Jokowi menargetkan peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 sudah digelar di Istana Negara di Ibukota Nusantara. Karena itu saat ini pembangunan fisik ibukota baru tersebut sudah dimulai.

Diperhitungkan logistik atau bahan bangunan akan banyak dikirim melalui laut dan terus hingga ke ujung Teluk Balikpapan sebagai cara pengangkutan yang efisien. Apalagi di sisi barat teluk tersebut di sudah ada infrastruktur pelabuhan.

3 dari 3 halaman

Menteri PUPR Minta BUJT Kebut Pembangunan Jalan Tol Akses ke IKN Nusantara

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mempercepat penyelesaian ruas tol Akses Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Alasannya, ruas tol ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat.

"Selain itu kita juga telah memulai pembangunan beberapa ruas jalan tol yang sangat penting untuk melengkapi sistem jaringan jalan nasional, termasuk Tol Akses IKN Nusantara di Kaltim," kata Basuki Hadimuljono dikutip dari Antara, Kamis (1/9/2022).

Basuki juga meminta seluruh BUJT memprioritaskan kualitas hasil pekerjaan, keselamatan kerja, serta mengedepankan penggunaan produk-produk dalam negeri.

"Perbaikan saya mohon untuk segera dilaksanakan mulai Juli 2022 sehingga tuntas seluruhnya pada tahun 2023. Saya ingin kita dapat sepakat dengan program kerja yang akan saya gunakan sebagai dasar dalam persetujuan penyesuaian tarif tol pada 2022 hingga 2024, di luar faktor inflasi dan pemenuhan SPM," kata Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.