Sukses

Jomblo Perhatikan, Ini 5 Hal yang Bikin Dompet Terkuras

Ada banyak keuntungan dari melajang. Namun, melajang dapat menghabiskan lebih banyak pengeluaran keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak keuntungan dari melajang. Salah satunya Anda dapat mengambil keputusan dalam hidup tanpa harus berkompromi dengan pasangan.

Namun, melajang mungkin dapat menghabiskan lebih banyak pengeluaran, tabungan dan manfaat daripada menjalin hubungan dengan seseorang dan berbagi kewajiban keuangan seumur hidup.

Tetapi, akan menjadi pengecualian jika Anda menjalin hubungan dengan seseorang yang terlilit hutang, kasar secara finansial, penjudi, atau orang yang malas.

Melansir laman CNN pada Senin (12/9/2022), berikut 5 hal yang membuat lajang dapat mengalami kekurangan finansial dan beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Pengeluaran Biaya Kebutuhan akan Lebih Banyak

Secara jelas, pijakan 100 persen dari tagihan untuk mempertahankan atap di atas kepala Anda, lampu yang menyala, stok makanan lemari es dan pemanas air akan lebih tinggi daripada pasangan yang berbagi biaya. Itu mengasumsikan Anda dan pasangan tidak memperdagangkan rumah dan gaya hidup yang dua kali lebih mahal dari bagaimana hidup Anda sekarang.

Hal yang sama berlaku juga dalam membayar uang muka rumah, membeli furnitur, peralatan, dan peralatan rumah tangga. Selain berbagi biaya, pasangan yang memilih untuk menikah memiliki keuntungan lain, mereka akan mendapatkan bantuan keuangan berupa uang tunai dan hadiah dari tamu pernikahan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tak Memiliki Penyokong Finansial

Jika Anda lajang dan kehilangan pekerjaan, maka Anda kehilangan 100 persen dari penghasilan yang Anda peroleh. Jika Anda tinggal dengan pasangan atau pasangan yang juga bekerja, Anda hanya kehilangan sebagian dari pendapatan rumah tangga Anda.

Dengan kata lain, Anda tidak akan memiliki dukungan saat Anda mencari pekerjaan lain atau mencoba memulai bisnis Anda sendiri. Hal yang sama berlaku dalam gangguan keuangan lainnya dalam hidup, seperti masalah medis yang menghambat Anda bekerja.

Itulah sebabnya perencana keuangan akan sering merekomendasikan pencari nafkah tunggal untuk memiliki biaya pengeluran 6 sampai 12 bulan yang dihemat untuk keadaan darurat jika terjadi kehilangan pekerjaan atau biaya besar yang tidak terduga.

3 dari 5 halaman

3. Dikenakan Biaya Tambahan untuk Perjalanan Grup

Menjadi pelancong solo dalam perjalanan terkadang bisa lebih mahal jika Anda memilih perjalanan dengan travel group atau retret. Itu karena Anda mungkin terkena biaya tambahan, yang secara efektif berarti Anda membayar tarif per orang yang lebih tinggi daripada masing-masing dari dua sesama pelancong yang mendaftar sebagai pasangan.

Rasanya tidak adil. "Orang sering berpikir 'Mengapa saya membayar lebih karena saya bepergian sendiri?" kata Yves Marceau, wakil presiden di G Adventures, yang menyediakan tur perjalanan petualangan kelompok kecil.

Marceau mengatakan,  alasannya karena biaya per orang dari total paket memperhitungkan tarif kamar yang dinegosiasikan berdasarkan hunian ganda. Katakanlah tarif yang dinegosiasikan adalah USD200 (Rp 3 juta) per malam. Biaya paket untuk setiap anggota pasangan mengasumsikan setiap orang akan membayar USD100 (Rp 1,5 juta) per malam untuk akomodasi. Itu sebabnya pelancong solo mungkin dikenakan biaya tambahan dalam biaya kamar dengan harga yang seharunya untuk dua orang.

"Kebanyakan operator tidak menghasilkan uang dari suplemen tunggal. Tapi mereka membebankannya untuk menutupi biaya," kata Marceau.

Beberapa operator atau agen travel, seperti G Adventures, jika Anda mau akan menawarkan untuk memberikan Anda kamar dengan pelancong solo lain dengan jenis kelamin yang sama, sehingga Anda tidak perlu membayar lebih. Tapi tidak semua melakukan itu, katanya.

Cara lain untuk menghindari biaya tambahan adalah dengan menanyakan apakah ada pilihan hunian kamar tunggal yang tersedia.

4 dari 5 halaman

4. Manfaat Jaminan Sosial Anda Kurang Berguna

Katakanlah Anda tidak pernah menikah dan tidak akan memiliki anak. Saat Anda pensiun, dengan asumsi Anda memenuhi syarat, Anda akan menerima manfaat Jaminan Sosial berdasarkan penghasilan seumur hidup Anda. Ketika Anda mati, manfaat itu akan berhenti.

Manfaat Jaminan Sosial dari rekan kerja Anda yang sudah menikah atau bercerai secara efektif akan lebih berharga karena anggota keluarga lainnya, yaitu, pasangan mereka, mantan pasangan (dengan siapa mereka menikah setidaknya selama satu dekade) dan dalam beberapa kasus, anak-anak, mungkin berhak mendapatkan pembayaran tambahan yang diperhitungkan sebagai bagian dari manfaat mereka, tidak hanya selama mereka hidup tetapi setelah mereka meninggal.

Saat kolega Anda masih hidup, jumlah maksimum yang dapat mereka dan keluarga mereka terima adalah "sekitar 150% hingga 180 persen" dari manfaat pensiun penuh mereka, menurut Administrasi Jaminan Sosial.

5 dari 5 halaman

5. Cenderung Kehabisan Uang untuk Pensiun

Menurut Employee Benefit Research Institute, ketika mereka pensiun, wanita lajang, termasuk mereka yang bercerai dan menjanda, memiliki kekurangan tabungan pensiun tiga kali lebih besar daripada rekan-rekan mereka yang sudah menikah.

Kekurangannya adalah ukuran berapa banyak uang yang dibutuhkan seseorang untuk menutupi pengeluaran dasar seperti perumahan, makanan, transportasi, pakaian dan perawatan kesehatan.

Ada banyak alasan untuk kekurangan ini termasuk pendapatan karir keseluruhan yang lebih rendah. Bagi mereka yang lajang dan tidak pernah menikah, mereka tidak memiliki kesempatan yang sama untuk menabung sebanyak pasangan yang sudah menikah.

"Sebagai satu orang, Anda hanya dapat menghemat jumlah tertentu, sedangkan dua orang dapat menghemat lebih banyak di akun penangguhan pajak dan masing-masing dapat mencapai jumlah maksimum." kata Craig Copeland, direktur riset kekayaan EBRI.

Misalnya, dalam keluarga yang memiliki dua penghasilan, dengan asumsi mereka memiliki akses ke rencana pensiun yang disponsori tempat kerja, setiap pasangan dapat menabung hingga maksimum tahunan yang ditangguhkan pajak di tempat kerja.

Terlebih lagi, kata Copeland, jika pasangan bercerai, secara umum pasangan tersebut membagi tabungan pensiun yang mereka bangun selama pernikahan.

Secara keseluruhan, dia menambahkan, "(pasangan) dapat menghemat lebih banyak."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.