Sukses

Foto Warren Buffett Beserta Tanda Tangan Berhasil Terjual Lebih dari Rp 1,1 Miliar

Semua hasil dari penjualan nantinya akan langsung disumbangkan ke Girls Inc. of Omaha.

Liputan6.com, Jakarta Tindakan yang dilakukan oleh seorang miliarder bisa jadi bernilai meski itu hanya hasil tulisan tangan. Seperti salah satu karya seni yang ditandatangani pemilik Berkshire Hathway Warren Buffet menjadi berharga. Bahkan seni itu berhasil dilelang hingga menembus angka USD 75.100 atau sekitar Rp 1,1 miliar.

Sebelumnya, sudah banyak yang memberikan tawaran dari pengguna eBay anonim pada hari Selasa untuk memenangkan karya seni unik. Sebuah cetakan Buffett bertanda tangan 26 inci yang dilapisi dengan kutipan motivasi dari miliarder, termasuk “Wanita membuat saya optimis tentang Amerika”.

Semua hasil dari penjualan nantinya akan langsung disumbangkan ke Girls Inc. of Omaha, cabang organisasi nirlaba nasional asal Buffett yang memberikan bimbingan dan dukungan untuk anak perempuan dan perempuan muda dari komunitas berpenghasilan rendah di seluruh negeri.

Sebagai informasi, lelang seni amal ini diselenggarakan oleh Motiva, sebuah perusahaan teknologi seni yang berbasis di Israel yang menciptakan karya itu atas nama Buffett.

Kutipan yang dimaksud berasal dari wawancara tahun 2018 yang dilakukan Buffett dengan Yahoo Finance. Kala itu ia membahas gerakan #MeToo dan manfaat dari pengusaha yang mempekerjakan dan mempromosikan lebih banyak wanita.

“Saya berpikir untuk menggandakan talenta yang dipekerjakan secara efektif, atau setidaknya memiliki peluang, dan itu membuat saya sangat optimis tentang negara ini,” kata Buffett saat itu seperti dilansir CNBC, Jumat (1/9/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sering Melelang

Buffett tidak asing dengan lelang amal. Pada bulan Juni, seorang penawar anonim membayar USD 19 juta dalam kesempatan makan siang dengan miliarder di masa mendatang.

Itu adalah yang ke-21 dan terakhir kalinya Buffett melelang makan siang pribadi untuk menguntungkan Glide nirlaba yang berbasis di San Francisco. Itu menandai paling banyak orang yang pernah membayar untuk hak istimewa makan bersama Buffett.

Bahkan Buffet pun pernah melelang dua mobilnya untuk keuntungan Girls Inc. di masa lalu. Pada tahun 2007, ia melelang Lincoln Town Car di eBay untuk mengumpulkan USD 73.200 untuk organisasi nirlaba. Dia mengumpulkan USD 122.500 lagi untuk grup dengan lelang tahun 2015 Cadillac.

Miliarder itu adalah pendukung lama organisasi nirlaba, yang sebelumnya dikenal sebagai Girls Club of America.

Pada tahun 2018, ia menyumbangkan USD 2,2 juta untuk amal, jumlah yang ia menangkan dalam taruhan publik bahwa S&P 500 akan mengungguli dana lindung nilai selama satu dekade yang berakhir pada 2017.

Lelang Motiva berakhir pada ulang tahun ke-92 Buffett. Dalam sebuah postingan di Twitter, perusahaan seni itu mengucapkan selamat ulang tahun kepada Buffet dan menyebutnya “salah satu investor terbesar dan filantropis paling dermawan”.

Buffett saat ini memiliki kekayaan bersih sekitar USD 99,4 miliar, menurut Bloomberg. Miliarder nonagenarian telah berjanji untuk memberikan 99 persen dari kekayaannya pada akhir hidupnya. Dia sudah menyumbangkan sekitar USD 45,5 miliar saham Berkshire ke berbagai badan amal sejak tahun 2006.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.