Sukses

Pengguna PLTS Melonjak, SUNTerra Kenalkan Teknologi Inverter Terkuat di Dunia

 

Liputan6.com, Jakarta Sejak pemerintah Indonesia menargetkan angka bauran energi terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025, pemanfaatan sumber energi bersih di berbagai sektor semakin meningkat. Mulai dari sektor industri, komersial, sosial, hingga residensial yang mendukung konsep sustainability, smart, dan eco lifestyle.

Bahkan, ragam produk berbasis keberlanjutan yang tersedia pada platform belanja online mampu memudahkan masyarakat untuk beralih menerapkan gaya hidup modern yang ramah lingkungan.

Salah satu penerapan eco lifestyle ini adalah dengan memanfaatkan sumber energi bersih, yaitu energi surya yang dapat diaplikasikan dengan aman, cepat, dan mudah pada hunian rumah tangga.

Pengguna sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Atap sudah mencapai angka 5.800 per bulan Juni 2022, meningkat 25 persen dibanding tahun sebelumnya.

Memiliki visi untuk memudahkan dan membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menerapkan eco lifestyle melalui penggunaan sistem energi surya, SUNterra saat ini telah menjadi mitra strategis Sungrow melalui kerja sama Utomo SolaRUV Partner.

Sejalan dengan visi SUNterra untuk memberi teknologi terbaik ke masyarakat dan pengguna PLTS di Indonesia, saat ini menjadi pengguna pertama di Indonesia Inverter seri premium terbaru dari Sungrow SG125CX-P2 yang dirancang untuk pengaplikasian sistem PLTS Atap pada segmen komersial industrial mampu menghadirkan hasil daya yang lebih tinggi, peningkatan keamanan, dan penggunaan yang lebih fleksibel.

SG125CX-P2 memiliki teknologi Power Max canggih, fitur untuk melacak titik daya tertinggi secara akurat untuk memastikan sistem PV bekerja pada keadaan pembangkit listrik yang optimal secara konstan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Pemanfaatan EBT

Sebagai distributor resmi dan pusat servis Sungrow di Indonesia, Utomo SolaRUV melalui perwakilannya menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), khususnya PLTS, baik di rooftop bangunan, lokasi perairan (floating PV), maupun lokasi bekas lahan tambang.

Produk Utomo SolaRUV turut berkontribusi pada proyek EBT perusahaan nasional maupun showcase G20 di Bali khususnya di PLTS Terapung Muara Tukad dengan TKDN produksi Indonesia.

Selain level industri, transisi energi melalui PLTS Atap juga perlu didorong penggunaannya pada level rumah tangga maupun komersial.

“Pada 2021, Indonesia membangun pembangkit tenaga surya dengan kapasitas sekitar 200 MW. Sebanyak 90 MW di antara proyek ini memakai inverter Sungrow. Kami siap menghadirkan teknologi PLTS terbaik berkualitas internasional. Energi listrik yang dikonversi menggunakan Inverter Sungrow mampu menghasilkan efisiensi hingga 99 persen, tahan terhadap suhu ekstrim dan telah diakreditasi di level internasional," ujar Anthony Utomo selaku Managing Director Utomo SolaRUV yang juga anggota B20 Indonesia Energy, Sustainability and Climate Task Force.

"Selain inverter, Sungrow juga mengembangkan teknologi PV Terapung (Floater PV) yang telah diaplikasikan pada proyek PLTS Terapung terbesar di dunia berkapasitas 40 MWp di Provinsi Anhui, Tiongkok," lanjut dia,

 

3 dari 3 halaman

Layanan Terintegrasi

CEO SUNterra Fanda Soesilo menambahkan, sebagai bagian dari Grup SUN, pengembang proyek PLTS skala rumah tangga, sosial, industri dan komersial nomor satu di Indonesia, pihaknya menyambut antusias kerja sama strategis ini agar SUNterra dapat menyediakan layanan terintegrasi yang tepat guna melalui penggunaan teknologi yang reliabel bagi calon pelanggan SUNterra.

"Kami juga melihat Sungrow merupakan produsen kelas dunia yang bankability serta dukungan layanan after sales service lokal yang mumpuni, sehingga kerja sama strategis ini mampu memberikan kepastian kepada para pelanggan SUNterra dalam penyediaan kepastian teknologi terbaik, ketahanan cuaca dan pelayanan oleh SUNterra dalam melayani masyarakat Indonesia," ungkapnya.

"Penggunaan Inverter Sungrow keluaran terbaru ini merupakan symbol kerja sama strategis antara SUNterra dengan Sungrow, dan akan segera kami gunakan di salah satu proyek SUNterra di klien komersial di daerah Cikarang," tambah dia.

Dalam setiap proyeknya, SUNterra terus mengadaptasi sistem dan teknologi terkini. Tidak hanya melalui produk panel ataupun inverter canggih yang ditawarkan, SUNterra memiliki layanan berbasis Mobile Apps dimana pelanggan dapat melakukan pemantauan kinerja PLTS real-time dan dapat menghitung keuntungan penggunaan PLTS melalui Solar Calculator yang tersedia.

Tidak hanya itu, SUNterra juga turut memperkenalkan metode pembayaran inovatif yang tidak membebani konsumen dengan biaya di awal, hal tersebut tentunya menjadi wujud komitmen untuk menghadirkan produk dan layanan terbaik kepada masyarakat untul kemudahan beralih ke energi surya.

Pada kesempatan ini, Sungrow melalui Utomo SolaRUV memberikan inverter string sebagai simbolisasi dimulainya jalinan kerja sama strategis antar Sungrow dan SUNterra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.