Sukses

Mau Daftar MyPertamina? Simak Dokumen yang Harus Disiapkan

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) mengajak konsumen di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk segera mendaftarkan diri pada platform MyPertamina. Dengan tujuan, agar penyaluran BBM subsidi seperti jenis Pertalite dan Solar lebih tepat sasaran.

Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBB, Eko Kristiawan menyampaikan, Pertamina Patra Niaga ingin memastikan BBM subsidi bisa lebih tepat menyasar masyarakat yang berhak, dengan terus digulirkannya Program Pendaftaran Subsidi Tepat Sasaran melalui website subsiditepat.mypertamina.id.

Nantinya, ia melanjutkan, berbagai pihak akan memperoleh multiplier effect yang positif jika telah melakukan registrasi kendaraan roda empat miliknya.

"Kami mengapresiasi masyarakat yang telah mendukung Program Subsidi Tepat dengan telah melakukan pendaftaran melalui website subsiditepat.mypertamina.id dan aplikasi MyPertamina. Pendaftaran ini ditujukan agar penyaluran BBM subsidi baik Solar maupun Pertalite tepat sesuai dengan segmen yang diatur oleh pemerintah. Pendaftaran ini juga untuk melindungi konsumen yang berhak," ungkapnya, Kamis (18/8/2022).

Eko menjelaskan, pihaknya juga telah membuka booth pendaftaran langsung di beberapa SPBU di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk membantu dan mempermudah akses masyarakat dalam melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat.

"Saat ini seluruh proses pendaftaran masih terus berlangsung dan khusus di JBB, kami telah membuka booth pendaftaran langsung di berbagai titik SPBU di Kota dan Kabupaten yang berada di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten" katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dokumen yang Disiapkan

Untuk mempermudah proses pendaftaran baik secara mandiri maupun di booth, konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website yaitu foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi.

Sebagai informasi, sesuai Kepmen ESDM Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022, bahan bakar jenis Pertalite ditetapkan sebagai BBM penugasan oleh pemerintah. Selain itu, dipilihnya proses pendaftaran melalui website ini pun bukan tanpa alasan. Sesuai Peraturan BPH Migas No. 06/2013, penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM dapat dilakukan.

Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran subsidi tepat sasaran dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kemenko Perekonomian: Program Subsidi Lewat MyPertamina Harus Terus Dikomunikasikan

Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi Program Subsidi Tepat Sasaran kepada masyarakat. Langkah yang dijalankan oleh Pertamina ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

“Progres pendaftaran serta bagaimana animo masyarakat selalu dimonitor oleh Pemerintah,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha BUMN, Riset dan Inovasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Montty Girianna saat mengunjungi kerja bersama tim ke Kantor Sales Area Retail Bandung Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022).

Ada beberapa hal yang ditemui di lapangan bahwa proses pendaftaran program subsidi tepat ini menjadi tantangan untuk tim Pertamina Patra Niaga.

“Berbagai tingkatan masyarakat ini harus dibantu dan dikomunikasikan oleh Pertamina dengan baik, karena tujuan dari program subsidi tepat ini sangat baik bagi masyarakat dan subsidi yang diberikan oleh Pemerintah ini bisa tepat menyasar kepada masyarakat yang membutuhkan serta yang lebih utama yakni tingkatkan sinergi dengan Pemerintah Daerah, ” ungkapnya.

Dalam kunjungan kerjanya, Tim Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI diterima oleh Executive General Manager Regional Jawa Bagian Barat Waljiyanto dan Sales Area Manager Retail Bandung Fachrizal Imaduddin beserta tim Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat.

Waljiyanto menjelaskan bahwa saat ini seluruh proses pendaftaran masih terus berlangsung, “Melihat dukungan dari masyarakat dalam mewujudkan penyaluran BBM subsidi yang lebih tepat sasaran, berbagai upaya kami lakukan salah satunya terus memastikan kesiapan dilapangan dalam bentuk booth pendaftaran langsung," katanya.

"Booth ini untuk membantu dan mempermudah akses masyarakat untuk melakukan pendaftaran, datang langsung dan akan dibantu pengisian data serta dokumen pendukungnya,” tambah dia.

 

4 dari 4 halaman

Antusiasme Masyarakat

Senada dengan yang disampaikan oleh Executive General Manager Regional JBB, Fachrizal Imaduddin Sales Area Manager Retail Bandung menjelaskan bahwa antusiasme masyarakat khususnya di Kota Bandung sangat tinggi untuk melakukan pendaftaran melalui website subsiditepat.mypertamina.id atau melalui menu Subsidi Tepat di Aplikasi MyPertamina.

“Berdasarkan hasil monitoring pendaftaran program subsidi tepat, untuk wilayah Bandung dan Priangan Timur sampai dengan saat ini sudah masuk sekitar 65 ribu data kendaraan, yang mana terlihat awareness masyarakat di Bandung sangat tinggi untuk melakukan pendaftaran program subsidi tepat sasaran ini” ujar Fachrizal.

Didampingi EGM Regional JBB Waljiyanto, SAM Retail Bandung Fachrizal Imaduddin dan tim Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Montty meninjau ke lokasi pendaftaran offline di SPBU Pasir Koja 3440227 Kota Bandung untuk melihat secara langsung proses pendaftaran program subsidi tepat sasaran oleh masyarakat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS