Sukses

Pendaftaran Festival Film Bulanan Masih Dibuka, Buruan Daftar!

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, kembali ingatkan para sineas yang ada di Pulau Jawa untuk berpartisipasi dalam Festival Film Bulanan.

“Buat sineas yang ada di wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 12 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB. Ayo, daftarkan karya terbaik kalian di festivalfilmbulanan”, ujar Sandiaga Uno, Kamis (11/8/2022).

Lebih lanjut dipaparkan, bagi sineas yang ada di wilayah Kalimantan dan Sulawesi bisa berpartisipasi di bulan September. Sementara bagi sineas yang berdomisili di Aceh, Riau, Sumatera, dan Bangka Belitung bisa mendaftarkan karyanya pada bulan Oktober.

Lalu bagi sineas yang ada di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua bisa ikut serta di bulan November.

Menurut Sandiaga, penyelenggaraan festival film berdasarkan zonasi ini bertujuan supaya menjadi kegiatan dengan penyebaran social impact merata sehingga menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Kehadiran Festival Film Bulanan yang sebelumnya bernama Family Sunday Movie (FSM) ini diharapkan dapat menghidupkan ekosistem perfilman, membuka jalur distribusi karya para sineas daerah, dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Official Selection

Bagi dua film yang berhasil menjadi Official Selection setiap bulannya, akan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupa sertifikat, suvenir, publikasi di portal nasional, dan penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf.

Film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan dan menjadi nominasi di Malam Anugerah Festival Film Bulanan yang akan diadakan pada akhir tahun.

Bagi peraih Official Selection FSM periode Februari hingga Juni lalu, Sandiaga juga mengimbau agar tidak perlu khawatir karena tetap akan menjadi nominasi pada Malam Anugerah Festival Film Bulanan bersama Official Selection periode Agustus sampai November.

"Buat generasi muda harapan bangsa, daripada jadi kaum rebahan, lebih baik ikut Festival Film Bulanan. Selamat berkompetisi dan tunjukkan eksistensi! Karena mahakarya akan selalu menemukan jalannya”, tutup Sandiaga.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Sandiaga Uno Sebar Stimulus hingga Rp 50 Juta per Orang untuk Insan Film dan Fotografi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno akan memberikan stimulus bagi para pelaku ekonomi kreatif subsektor film dan fotografi. Stimulus tersebut berupa dana sebesar Rp 50 juta untuk pelaku film dan Rp 20 juta pelaku fotografi.

Sandiaga Uno menjelaskan, stimulus yang diberikan dengan tajuk Program Lensa Kreatif 2022 tersebut menyasar ke para insan ekonomi kreatif subsektor film dan fotografi di seluruh Indonesia. Program stimulus ini dibuka mulai 10 hingga 24 Agustus 2022.

Kehadiran Program Lensa Krearif 2022 ini sebagai bentuk bantuan pemerintah dalam mendorong serta mendukung pengembangan pelaku ekonomi kreatif di subsektor film dan fotografi. Diharapkan dengan stimulis ini maka bisa semakin aktif dan kreatif dalam memproduksi karya film dan fotografi yang berkaitan dengan kekayaan alam, budaya, tradisi, hingga produk lokal Indonesia.

“Program ini dirancang untuk menyuarakan dan mempromosikan daya tarik destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif yang ada di Indonesia melalui karya film dan fotografi yang unik dan menarik," kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

"Sehingga tidak hanya memberikan dampak pada peningkatan karya film atau fotografi yang berkualitas, tapi juga berdampak pada meningkatnya minat wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia,” tambah dia. 

Dengan demikian, pemulihan ekonomi nasional dapat wujudkan.  

4 dari 4 halaman

Target

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam menambahkan, target penerima bantuan program “Lensa Kreatif 2022” yakni sebanyak 478 pelaku ekraf, yang terdiri dari 186 perseorangan/kelompok masyarakat perfilman dan 292 perseorangan/kelompok masyarakat fotografi.

Sementara untuk besaran masing-masing penerima bantuan yang sudah terkurasi yaitu untuk pelaku ekraf subsektor film dengan nominal bantuan sebesar Rp 50 juta per penerima bantuan dan untuk subsektor fotografi dengan nominal bantuan sebesar Rp 20 juta per penerima bantuan.

“Besar harapan kami, insan kreatif film dan fotografi tanah air akan menyemarakkan program Lensa Kreatif dengan karya-karya terbaiknya,” kata Neil.

Bagi pelaku ekonomi kreatif yang turut berpartisipasi dalam program ini dapat mengirimkan proposal film dan karya fotografi yang siap produksi atau dalam tahap penyelesaian produksi sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lokal”.

Penerimaan proposal dapat di submit melalui laman lensakreatif.kemenparekraf.go.id.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS