Sukses

Beli Hanya USD 2, Orang Ini Menang Hadiah Lotere Terbesar dalam Sejarah AS Senilai Rp 19,8 Triliun

Negara Bagian Illnois mencatat sejarah, di mana hadiah undian lotre bernilai fantastis dimenangkan oleh seorang warga tak dikenal.

Liputan6.com, Jakarta - Cerita menarik datang dari seorang pemenang lotre yang belum terungkap identitasnya di Des Plaines, negara bagian Illinois, Amerika Serikat.

Dilansir dari CNBC International, Senin (1/8/2022) pejabat lotre di Illinois mengatakan, nomor tiket lotre pemenang di antaranya 13, 36, 45, 57 dan 67 dan nomor dengan kemenangan besar 14, telah terjual di sebuah pom bensin di sekitar kota Des Plaines. 

Pemenang lotre ini pun berpotensi menjadi miliarder, karena hadiah yang ditawarkan bernilai USD 1,337 miliar atau setara Rp 19,8 triliun.

Tetapi sejauh ini, pemenang lotre tersebut  belum mengklaim hadiahnya, terang Harold Mays, Direktur Departemen Lotere Illinois.

"Kami tidak tahu apakah dia tahu atau tidak dirinya sudah memenangkan hadiah," kata Mays dalam sebuah konferensi pers.

"Jadi, saya mendorong semua orang untuk memeriksa tiket Anda," himbaunya.

Hadiah yang ditawarkan kali ini menempati peringkat sebagai hadiah lotere tertinggi ketiga dalam sejarah di Amerika Serikat.

Pemenang, yang membayar hanya sekitar 2 dolar untuk tiketnya, akan memperoleh uang tunai USD 780,5 juta (Rp 11,6 triliun) atau menerima pembayaran dalam anuitas selama 30 tahun ke depan.

Namun, jika pemenang lotre ini tinggal di negara bagian Illinois, kemenangan akan dianggap sebagai penghasilan kena pajak dengan tarif 4,95 persen.

Dalam sebuah pernyataan, penyelenggara undian lotre, yakni Mega Millions juga mencatat bahwa 26 tiket mendapatkan hadiah tingkat kedua masing-masing senilai USD 2 juta atau USD 1 juta, dan total 14.391.740 tiket memenangkan sejumlah uang di sembilan tingkat hadiah yang berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips dari Pengamat Untuk Pemenang Lotre

Karena besarnya nilai hadiah dari undian lotre di Illnois tersebut, para ahli menyarankan dan mengharapkan pemenang bisa segera mengambil langkah untuk melindungi tiket dan privasinya, demi keamanan.

"Privasi adalah kuncinya," kata Emily Irwin, direktur senior nasihat di Wells Fargo Wealth & Investment Management, kepada CNBC.

"Itu memberikan keamanan bagi Anda dan keluarga Anda dari penipu atau pihak lain yang berisiko mengincar Anda," jelasnya.

Selain itu, Irwin juga mengatakan, pemenang baiknya menyewa tim profesional, termasuk pengacara berpengalaman, penasihat keuangan, penasihat pajak, dan pakar asuransi, untuk penggunaan hadiah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.