Sukses

Sinergi Freeport Indonesia dan PPSDM Geominerba, Siapkan Pekerja Peledakan Madya Kompeten

Freeport Indonesia menjali kerja sama dengan PPSDM Geominerba menyelenggarakan In-house Training Pekerja Peledakan Madya Angkatan Ketiga secara online.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka menyiapkan pekerja pekerja peledakan madya yang kompeten, PT Freeport Indonesia menjali kerja sama dengan PPSDM Geominerba menyelenggarakan In-house Training Pekerja Peledakan Madya Angkatan Ketiga secara online.

Sebanyak 25 orang peserta yang merupakan pegawai PT Freeport Indonesia mengikuti pembelajaran selama lima hari mulai dari tanggal 4 Juli sampai dengan 8 Juli 2022 yang dilakukan secara blended learning, para peserta berkumpul dalam satu ruangan kelas, dan pemateri memberikan pembekalan melalui zoom meeting.

Untuk menjadi pekerja peledakan madya memerlukan kemampuan yang khusus, dan memiliki peran dan tanggung jawab yang sifatnya membantu tugas dari juru ledak dalam melaksanakan peraturan yang ditetapkan. Sehingga agar pelaksanaan kegiatan peledakan pada pertambangan bisa berjalan dengan baik dan selamat diperlukan pekerja peledakan madya yang kompeten.

Pekerja Peledakan Madya memiliki tugas yang mencakup pekerjaan mengangkut bahan peledak peka detonator, bahan peledak peka primer dan bahan ramuan ke lokasi peledakan, meramu bahan peledak, administrasi gudang bahan peledak, membuat primer, mengisi bahan peledak ke lubang ledak, dan menyambung bahan peledak.

Hasil peledakan yang baik berguna dalam perencanaan, implementasi, dan evaluasi pengelolaan/pemantauan lingkungan yang menjadi kewajiban Kepala Teknik Tambang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.