Sukses

Syarat hingga Cara Daftar Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP kembali membuka pendaftaran beasiswa tahap 2 di tahun 2022. Bagi yang berminat segera daftarkan diri karena registrasi gelombang kedua ini dibuka sejak 4 Juli s.d. 5 Agustus 2022.

“[Beasiswa LPDP Tahap 2 Tahun 2022 dibuka] Sudah siap melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi terbaik dunia? Catat dan tandai kalendermu ya!” demikian informasi dikutip dari akun Instagram @lpdp_ri, Selasa (5/7/2022).

Sebelumnya, pendaftaran beasiswa LPDP tahap 1 sudah dibuka sejak 25 Februari s.d. Maret 2022. Setelah menyelesaikan proses di tahap 1 hingga pengumuman hasil seleksi substansi, LPDP kembali membuka pendaftaran tahap 2 bagi yang ingin mendapatkan beasiswa.

Pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2 ini dibuka sekitar satu bulan terhitung sejak 4 Juli s.d. 5 Agustus 2022. Calon peserta bisa mendaftarkan diri melalui laman beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

“Mulai hari ini, 4 Juli hingga 5 Agustus 2022, LPD Prens dapat melakukan registrasi beasiswa LPDP 2022 melalui beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. untuk kelompok beasiswa afirmasi, targeted, dan umum,” begitu penjelasannya.

Setelah mendaftarkan diri, calon peserta nantinya akan melewati rangkaian seleksi hingga akhirnya dinyatakan lolos. Adapun proses seleksi beasiswa LPDP terdiri dari seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan seleksi substansi.

Sementara itu, segala proses seleksi ini disesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang berlaku terkait pandemi Covid-19.

“Proses seleksi dapat dilakukan secara daring atau luring, atau gabungan daring dan luring (hybrid) menyesuaikan kebijakan pemerintah tersebut,” demikian penjelasan dikutip dari laman lpdp.kemenkeu.go.id.

 

 

2 dari 3 halaman

Syarat

LPDP akan memilih kandidat yang memenuhi persyaratan seperti yang sudah ditentukan untuk selanjutnya bisa mendapatkan beasiswa.

Lalu, apa saja syarat pendaftaran beasiswa LPDP?

Berikut ini syarat daftar beasiswa LPDP tahap 2.

1. Warga Negara Indonesia.

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor. Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:

a. Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan

b. Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).

3. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.

4. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/

5. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister untuk tujuan program magister ataupun doktor untuk tujuan program doktor baik di perguruaan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri;

6. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.

7. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.

8. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.

9. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut:

a. Kelas Eksekutif

b. Kelas Khusus

c. Kelas Karyawan

d. Kelas Jarak Jauh

e. Kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk

f. Kelas Internasional khusus tujuan Dalam Negeri

g. Kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 (satu) negara perguruan tinggi, atau

h. Kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.

10. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran dengan format pernyataan (poin-poin terlampir).

11. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online.

12. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.

13. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

14. Menulis riwayat dan tautan publikasi ilmiah (jika ada).

Selain syarat umum, calon pendaftar juga harus memenuhi syarat khusus sesuai jenis beasiswa yang dipilih. Informasi lebih lanjut terkait syarat khusus tersebut dapat diakses melalui laman resmi LPDP dengan link https://lpdp.kemenkeu.go.id/.

 

3 dari 3 halaman

Cara Daftar

Bagi yang berminat, silakan mendaftarkan diri dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2022 (informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada booklet atau buku panduan masing-masing program).

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati