Sukses

Laba MIND ID Tembus Rp 6,74 Triliun di Kuartal I 2022, Meroket 319 Persen

Liputan6.com, Jakarta BUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia atau MIND ID merealisasikan kinerja produksi dan keuangan yang positif pada kuartal pertama tahun 2022.

Perusahaan yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, dan PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk itu mencatat laba bersih sebesar Rp 6,74 triliun, atau naik 319 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 sebesar Rp1,61 triliun.

Pihak MIND ID mengatakan, pencatatan kinerja keuangan dan operasional yang positif didukung oleh optimalnya kinerja produksi dan penjualan mereka.

Perusahaan juga menempatkan perhatian utama pada strategi keuangan khususnya dalam menjaga tingkat likuiditas di tengah membaiknya harga komoditas global.

"Pencatatan kinerja positif MIND ID merupakan refleksi optimalnya tata kelola operasional Anggota MIND ID. Sebagai Holding Industri Pertambangan, Perusahaan terus mendorong Anggota MIND ID melaksanakan praktik pertambangan dan pengolahan mineral yang baik," kata Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso, dikutip dari keterangan tertulis Kamis (16/6/2022).

"MIND ID juga menjalankan kebijakan manajemen strategis dan aktif di setiap proses bisnis Anggota MIND ID sehingga menghasilkan proses bisnis yang lebih efektif, efisien dan berkelanjutan," lanjut dia.

Kegiatan produksi dan penjualan Anggota MIND ID pun berjalan optimal, di kuartal pertama tahun 2022.

Perusahaan tersebut mencatat pendapatan Rp 26,96 triliun atau meningkat 41 persen dibandingkan Rp 19,15 triliun pada periode yang sama 2021 lalu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Profitabilitas

Selain itu, MIND ID juga mencatat profitabilitas positif dengan capaian Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) sebesar Rp 10,23 triliun atau naik 134 persen dibandingkan kuartal 1 tahun 2021 sebesar Rp 4,37 triliun.

Posisi EBITDA Margin kuartal satu tahun 2022 juga mengalami peningkatan yakni sebesar 37,92 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan kuartal satu 2021 lalu sebesar 22,84 persen.

Net Profit Margin juga mengalami peningkatan menjadi 25,00 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 8,40 persen, ungkap MIND ID.

MIND ID menyampaikan, bahwa pihaknya optimis dapat mencapai kinerja sesuai dengan target yang ditetapkan. Pada tahun 2022 Perusahaan akan berfokus kepada program kerja dan akan mendorong tingkat produksi Grup MIND ID yang lebih optimal.

3 dari 4 halaman

MIND ID Dukung Program Pelestarian Lingkungan Wujudkan Keberlanjutan

Sebelumnya, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, berkomitmen terhadap upaya pelestarian lingkungan khususnya di Sumatera Barat.

MIND ID bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendiskusikan potensi kolaborasi penanaman mangrove Pantai Padang Panjang, Sumatera Barat.

 “MIND ID terus mendukung program-program strategis Pemerintah Daerah khususnya bidang keberlanjutan di sekitar wilayah operasional Grup MIND ID. Perusahaan memiliki mandat untuk mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan yang lebih cerah melalui tata kelola lingkungan yang baik salah satunya adalah rencana penanaman Mangrove di Pantai Padang Panjang, Sumatera Barat,” kata Dany Amrul Ichdan, Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID.

Inisiasi tersebut diperoleh saat Dany bersama dengan Direktur SDM PT Bukit Asam Tbk (Bukit Asam), Suherman melaksanakan kunjungan kerja ke Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. bersama Walikota Sawahlunto, Deri Asta di Sawahlunto pada 14 Juni 2022.

Potensi kolaborasi MIND ID dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kota Sawahlunto di bidang keberlanjutan juga merupakan salah satu wujud komitmen terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) nomor 11 (Sustainable Cities and Communities), dan 15 (Life on Earth).

 

4 dari 4 halaman

Kolaborasi Strategis

Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah menyambut baik inisiasi kolaborasi strategis bidang pelestarian lingkungan tersebut dan berharap tidak hanya dalam rangka keberlanjutan bisnis, namun keberlanjutan peradaban ke arah yang lebih baik di masa depan.

Komitmen Grup MIND ID dalam mewujudkan pelestarian lingkungan diwujudkan melalui target reklamasi lahan tambang. Di sepanjang tahun 2021, tercatat total area reklamasi seluas 5.814 hektar. Reklamasi Grup MIND ID merupakan refleksi atas komitmen pelaksanaan tata kelola dan praktik operasional yang baik. Reklamasi yang dilakukan adalah bagian dari siklus operasional penambangan Grup MIND ID dan akan terus dilakukan di sepanjang kegiatan operasional.

Di Sumatera Barat, Bukit Asam melaksanakan program keberlanjutan sebagai bentuk komitmen pencapaian SDGs. Di bidang pengembangan ekonomi masyarakat, Bukit Asam mengelola Rumah BUMN Sawahlunto yang menjadi wadah bagi UMKM untuk pengembangan produk seperti: madu, kopi, songket, dan sebagainya.

Selaras dengan semangat program presidensi G20 khususnya energi ramah lingkungan, Bukit Asam juga mengembangkan PLTS yang menyalurkan listrik ke fasilitas pompa irigasi pertanian masyarakat. Program ini merupakan wujud komitmen Grup MIND ID dalam mendukung ketahanan pangan sekaligus berperan aktif berkontribusi positif yang berdampak langsung kepada masyarakat khususnya di sekitar wilayah operaisonal.