Sukses

Top 3: Tarif Listrik Pelanggan 3.000 VA Bakal Naik

Liputan6.com, Jakarta Sidang kabinet kerja Jokowi-Maruf Amin menyetujui kenaikan tarif listrik pelanggan PLN dengan daya 3.000 VA ke atas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan rencana tersebut telah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet beberapa waktu lalu.

Rencana kenaikan tarif listrik ini menyita banyak pembaca. Selain itu, masih ada sejumlah berita yang tak kalah menarik.

Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Jumat (20/5/2022):

1. Siap-Siap Tarif Listrik Pelanggan 3.000 VA Bakal Naik

Sidang kabinet kerja Jokowi-Maruf Amin menyetujui kenaikan tarif listrik pelanggan PLN dengan daya 3.000 VA ke atas. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan rencana tersebut telah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet beberapa waktu lalu.

"Akan ada kenaikan tarif listrik bagi pelanggan PLN dengan daya 3.000 VA dan di atasnya," kata Sri Mulyani dalam Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/5).

Sri Mulyani menjelaskan, kebijakan ini dilakukan dalam upaya berbagi beban pemerintah dengan masyarakat kelompok mampu. Sehingga beban kenaikan harga listrik tidak hanya untuk pemerintah.

"Boleh ada kenaikan tarif hanya di segmen atas. Jadi tidak semua ke APBN," kata dia.

Baca artikel selengkapnya di sini

 

2 dari 3 halaman

2. Cerita Tjahjo Kumolo 5 Orang Berperan di Balik Kekuasaan 33 Tahun Soeharto

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengakui jika saat ini pemerintah masih terus berupaya menegakkan reformasi birokrasi. Proses yang diakui masih berjalan panjang.

Terkait reformasi birokrasi ini, dia berbagi cerita saat pemerintahan Presiden Soeharto. Tjahjo menyebut ada 5 orang yang berperan membuat Soeharto mampu memerintah selama 33 tahun.

"Saya mengambil contoh reformasi birokrasi. Ini jangan dilihat demokrasi atau tidak. Zaman pemerintahan Pak Harto, negara haya diurus 5 orang. Saya saksi karena zaman pak Harto saya sudah jadi pejabat negara. 5 orang yang mengatur republik ini sehingga mampu mempertahankan Pak Harto 33 tahun berkuasa," jelas dia pada acara Peringatan Hari Kearsipan Ke-51 dan Anugerah Kearsipan Tahun 2022, Rabu (19/5/2022).

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Mengulik Rowo Bayu Banyuwangi yang Disebut Lokasi KKN Desa Penari, Erick Thohir Ingin Kesana

Tidak hanya warganet yang penasaran tentang KKN di Desa Penari, Menteri BUMN Erick Thohir juga ikut tertarik mengatahui kisah yang diangkat menjadi film layar lebar tersebut. Ia bahkan sampai bertemu langsung dengan Pengelola dan Penjaga Wisata Rowo Bayu di Banyuwangi, Sudirman.

Tidak tanggung-tanggung,  Erick Thohir mengungkapkan bakal mengunjungi lokasi KKN di Desa Penari tersebut.

Hal ini diungkapkan Erick Thohir melalui sebuah postingan cuplikan interview pendek di laman instagram pribadinya.

Sebagai informasi, di Rowo Bayu terdapat sumber mata air di mana potret situs tersebut menjadi viral di media sosial - disebut menjadi salah satu lokasi KKN di Desa Penari.

Baca berita selengkapnya di sini