Sukses

Kapolri Apresiasi Kesiapan Pertamina Layani Pemudik di Ruas Tol Semarang-Batang

Liputan6.com, Jakarta Guna memastikan kesiapan para instansi terkait pendukung kelancaran mudik jelang Idul Fitri 1443 H/2022, Kapolri bersama Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah dan didampingi oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Dwi Puja Ariestya, melakukan kunjungan ke Gerbang Tol Kalikangkung di wilayah Semarang pada Rabu (27/04).

"Kami menekankan kepada pihak kepolisian dan seluruh stakeholder terkait lainnya untuk fokus memprioritaskan faktor keselamatan pemudik," ujar Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Dikatakannya, pihaknya juga mengapresiasi komitmen Pertamina dalam penyiapan BBM di jalur mudik baik melalui tol maupun jalur reguler.

“Saya menilai Pertamina sudah siap untuk melayani para pemudik termasuk dengan skenario pemberlakuan one way," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Dwi Puja Ariestya menyampaikan bahwa beberapa ruas yang rawan dengan kepadatan telah disiagakan beberapa SPBU kantong (mobile storage) dan Pertamina Delivery Service yang akan siaga bila diharuskan melakukan pengisian BBM.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 4 halaman

Ketahanan Stok BBM

Dwi juga kembali menegaskan bahwa ketahanan stok BBM, LPG serta Avtur di Jawa Tengah dalam keadaan aman dan akan dioptimalisasikan jelang puncak arus mudik lebaran ini.

"Melalui Satgas RAFI (Ramadhan Idul Fitri) Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah berkomitmen memenuhi kebutuhan energi para pemudik baik pada arus mudik maupun arus balik nanti, sehingga konsumen tidak perlu khawatir, namun kami juga senantiasa menghimbau pemudik untuk dapat mengisi penuh tangki kendaraannya di titik awal keberangkatan untuk meminimalisir potensi antrean pengisian BBM di sejumlah rest area," terang Dwi.

Untuk kemudahan seputar informasi layanan Pertamina terdekat dari lokasi anda atau maupun kendala layanan seputar produk BBM dan LPG, konsumen dan masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau aplikasi di MyPertamina.

 

 

3 dari 4 halaman

Info Mudik 2022: Konsumsi BBM Meningkat hingga 50 Persen

Konsumsi BBM di wilayah Jawa Barat mengalami peningkatan hingga memasuki H-4 Lebaran 2022. Pemudik mulai melintas ke jalur tol maupun arteri di Jawa Barat.

Executive General Manajer PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Waljiyanto mengatakan konsumsi semua jenis BBM meningkat mencapai 20-50 persen dibanding hari biasa. 

"Ada kenaikan sekitar 20-50 persen konsumsi BBM di SPBU jalur mudik," kata Waljiyanto di saat mendampingi Menteri ESDM meninjau Rest Area 207 Tol Palikanci Cirebon, Kamis (28/4/2022).

Menurutnya, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya juga sudah mempersiapkan mobil pengangkut BBM untuk cadangan. 

Ia mengatakan peningkatan konsumsi BBM memang sudah diprediksi jauh-jauh hari, sehingga pihaknya telah mempersiapkan kebutuhan semua jenis BBM. 

"Dari kemarin ada peningkatan tapi Alhamdulillah bisa kita layani. Memang kenaikan seluruh jenis BBM rata-rata sudah 20 persen," tuturnya. 

Ia menambahkan khusus untuk BBM jenis solar pada Rabu (27/4/2022) mencapai 100 persen. Namun, katanya, tidak bisa menjadi patokan karena pada hari tersebut merupakan hari terakhir kendaraan besar beroperasi. 

 

4 dari 4 halaman

Persediaan Cukup

Waljiyanto memastikan, Pertamina memiliki persediaan yang cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kehabisan BBM. 

Bahkan, pihaknya juga menyediakan motoris yang siap melayani para pemudik ketika kehabisan BBM dan jauh dari SPBU, bahkan tidak ada biaya untuk pengirimannya. 

"Kita mempunyai persediaan yang cukup, jadi tidak usah khawatir," katanya.