Sukses

Mau Mudik Lewat Tol Trans Sumatera? Ini Rincian Tarif dari Lampung sampai Aceh

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terdiri dari koridor utama (back bone) sepanjang 2.069 km dan koridor pendukung (sirip) 919 km. Beberapa ruas jalan ini sudah selesai dibangun dan bisa digunakan untuk mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengizinkan masyarakat untuk pulang kampung atau mudik pada Lebaran 2022. Namun ada beberapa syarat agar masyarakat bisa mudik, salah satunya adalah vaksin booster.

Jokowi memprediksi sebanyak 85 juta masyarakat akan mudik pada Lebaran 2022. Adapun 14 juta pemudik diantaranya diperkirakan dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Perlu juga saya sampaikan bahwa jumlah pemudik tahun ini diperkirakan sebanyak 85 juta orang. Pemudik dari Jabodetabek diperkirakan sekitar 14 juta orang," ujar Jokowi dalam konferensi pers pada Rabu 6 April 2022.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono pun memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan jelang kegiatan mudik Lebaran 2022.

Dipaparkan Menteri Basuki, panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia mencapai 2.500 km. Itu dikelola oleh 46 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada 66 ruas jalan tol.

Khusus untuk Sumatera, jalan tol yang sudah berperasi sepanjang 653 Km yang terdiri dari 9 ruas tol. Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terdiri dari koridor utama (back bone) sepanjang 2.069 km dan koridor pendukung (sirip) 919 km, yang ditargetkan akan beroperasi sepenuhnya pada tahun 2024.

Untuk daftar 9 ruas tol tersebut adalah:

1. Bakauheni - Terbanggi Besar 140 Km

2. Terbanggi Besar - Kayu Agung 189 Km

3. Kayu Agung - Palembang - Betung 38 Km

4. Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 Km

5. Medan - Binjai 13 Km

6. Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi 62 Km

7. Palembang - Indralaya 22 Km

8. Sigli - Banda Aceh Seksi 4 14 Km

9. Pekanbaru - Dumai 132 Km.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rincian Tarif Tol

Jika Anda ingin mudik lewat jalan tol trans Sumatera, berikut ini tarif tol yang harus dikeluaran dengan perkiraan menggunakan kendaraan golongan I meliputi sedan, jip, pick up, truk kecil, dan bus.

1. Bakauheni - Terbanggi Besar : Rp 111.000

2. Terbanggi Besar - Kayu Agung : Rp 89.500

3. Kayu Agung - Palembang - Betung : Rp 50.000

4. Belawan - Medan - Tanjung Morawa : Rp 8.500

5. Medan - Binjai : Rp 13.000

6. Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi : Rp 55.500

7. Palembang - Indralaya : Rp 20.500

8. Sigli - Banda Aceh Seksi 4 : Rp 35.000

9. Pekanbaru - Dumai : Rp 118.500.

 

Reporter: Stevanus Wisnu Murti

3 dari 4 halaman

Catatan Jokowi Soal Mudik

Presiden Jokowi memprediksi sebanyak 85 juta masyarakat akan mudik pada Lebaran 2022. Adapun 14 juta pemudik di antaranya diperkirakan dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Perlu juga saya sampaikan bahwa jumlah pemudik tahun ini diperkirakan sebanyak 85 juta orang. Pemudik dari Jabodetabek diperkirakan sekitar 14 juta orang," ujar Jokowi dalam konferensi pers, Rabu, 6 April 2022.

Menurut dia, 47 persen masyarakat yang mudik akan pulang ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jokowi pun mengingatkan masyarakat untuk segera vaksin booster.

"Perlu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol. Khususnya, selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan.

"Pemerintah akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar para pemudik bisa menjalankan perjalanan dengan aman dan nyaman," tutur Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Minta Jajaran Kementerian Persiapkan Kebijakan dengan Matang

Presiden Jokowi juga meminta jajarannya untuk menyiapkan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 dengan matang. Hal ini mengingat tingginya animo masyarakat yang akan mudik.

"Beliau telah berpesan agar disiapkan dengan matang oleh seluruh kementerian dan lembaga terkait" kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai rapat bersama Presiden Jokowi, dikutip dari siaran pers, Rabu, 6 April 2022.

Dia menyampaikan berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, ada 76 sampai 86 juta masyarakat Indonesia yang diprediksi akan melaksanakan mudik saat Idul Fitri. Tingginya animo masyarakat ini dikarenakan mereka dua tahun absen tidak ada mudik.

Muhadjir mengatakan Presiden Jokowi juga meminta agar pelaksanaan perjalanan mudik tahun ini diatur secara tepat dan ketat. Sehingga, tidak menimbulkan risiko-risiko yang tidak perlu dan masyarakat bisa mudik dengan selamat sampai tujuan.

Salah satu poin yang ditekankan oleh Jokowi adalah agar angka kasus Covid-19 saat ini bisa dipertahankan atau bahkan bisa lebih rendah selepas Lebaran nanti. Untuk itu, Jokowi meminta agar vaksinasi Covid-19 digencarkan menjelang mudik Lebaran.

"Terutama untuk dosis kedua dan dosis penguat atau booster, dilaksanakan dengan sungguh-sungguh terutama oleh masyarakat yang akan mudik," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.