Sukses

Bank Mandiri Dorong Inklusi Keuangan Melalui Mandiri Agen untuk Dukung Momentum Presidensi G20

Liputan6.com, Jakarta Bank Mandiri terus berkomitmen memberikan layanan terbaik dan inovatif melalui Mandiri Agen. Saat ini Mandiri Agen memiliki berbagai layanan keuangan, mulai dari pembukaan rekening, transaksi keuangan, seperti tarik setor tunai dan pembayaran angsuran kredit, serta program bantuan sosial bagi masyarakat yang diselenggarakan Pemerintah.

Komitmen ini merupakan bagian dari konsistensi dukungan Bank Mandiri dalam mendorong peningkatan inklusi dan literasi keuangan yang turut menjadi agenda prioritas Presidensi G20 Indonesia tahun ini.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso menjelaskan, Presidensi G20 menjadi momentum bagi Indonesia, untuk mempercepat peningkatan literasi keuangan guna menciptakan sektor keuangan inklusif dan berkelanjutan.

Keberadaan Mandiri Agen juga berkontribusi meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat, khususnya yang belum memiliki akses ke bank. Selain itu Mandiri Agen turut mendorong pertumbuhan dan pengembangan usaha melalui referral penyaluran kredit mikro.

"Kinerja Mandiri Agen secara Nasional sangat baik. Hingga 28 Februari 2022 tercatat lebih dari 1,8 juta pembukaan rekening baru melalui referral Mandiri Agen dengan total dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun sekitar Rp12 triliun serta jumlah transaksi Mandiri Agen mencapai 6,3 Juta transaksi dan volume transaksi sebesar Rp 7,1 triliun," ujar Josephus dalam keterangan resminya, Rabu (7/4).

Maka dari itu, Bank Mandiri berkomitmen menambah jumlah Mandiri Agen, agar dapat menjangkau dan melayani masyarakat lebih luas. Untuk 2022, jumlah Mandiri Agen diharapkan tumbuh minimal sebesar 20%, dari jumlah saat ini yang mencapai lebih dari 100 ribu agen.

Di samping itu Mandiri Agen terus dibekali dengan pengetahuan, edukasi dan pendampingan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani masyarakat. Sebagai salah satu apresiasi pencapaian kinerja Mandiri Agen, Bank Mandiri menggelar seremoni pemberian hadiah program Agen Jempolan berupa tabungan senilai Rp50 juta, sepeda motor, dan puluhan logam mulia.

Acara seremoni penyerahan hadiah tersebut telah dilaksanakan di beberapa daerah seperti Sumatera Utara, Lampung, Bandung, dan daerah lainnya, dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang ditentukan. Pemberian penghargaan ini juga untuk memotivasi para Mandiri Agen agar semakin memberikan layanan keuangan terbaik kepada masyarakat.

"Ke depannya, Bank Mandiri melalui Mandiri Agen juga berinisiatif meningkatkan pemanfaatan kanal layanan digital untuk lebih mendorong inklusi keuangan di Indonesia melalui SuperApp Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri yang akan memberikan pengalaman yang nyaman dan menyeluruh, mengintegrasikan berbagai layanan keuangan, dan pada akhirnya mendorong terciptanya open ekosistem," jelas Josephus.

Tentang Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking. Bank Mandiri saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu:

  • Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal)
  • Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah)
  • Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM)
  • AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa)
  • Mandiri InHealth (asuransi kesehatan)
  • Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum)
  • Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan)
  • Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan)
  • Mandiri International Remittance (remitansi
  • Mandiri Europe (treasury & financial institution), dan
  • Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura)

Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail.

Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah, dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif.

Dalam ekosistem digital single access itu memiliki layanan Cash Management, forex, Trade & guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API).

Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.

Hingga Desember 2021, jaringan Bank Mandiri tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 4.097 jaringan kantor, terdiri dari 2.465 kantor cabang dan 1.632 kantor mikro.

Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 13.087 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi New Livin' by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini