Sukses

Hai Peserta Kartu Prakerja, Pakai Fitur Ini Buat Bandingkan Deskripsi hingga Harga Pelatihan

Penerima kartu prakerja bisa mengecek deskripsi, rating dan harga pelatihan untuk membandingkan pelatihan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Hasil seleksi kartu prakerja Gelombang 23 sudah diumumkan. Penerima kartu prakerja yang berhasil lolos bisa mulai membeli pelatihan kerja sesuai bidang yang diminati.

Sebagai catatan, penerima prakerja bisa membeli pelatihan kerja hanya di platform digital resmi yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja. Platform tersebut seperti Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Karier.mu, Pijar Mahir, dan Kemnaker.

Sebelum itu, penerima Prakerja bisa melihat-lihat dan mencari pelatihan sesuai yang diinginkan di dashboard masing-masing. Penerima bisa menggunakan fitur baru yang kini sudah bisa digunakan yaitu fitur Cari Pelatihan.

“Sekarang, Sobat bisa dengan mudah menemukan pelatihan sesuai minat dengan fitur baru Kartu Prakerja, Cari Pelatihan,” demikian penjelasan seperti mengutip akun Instagram @prakerja.go.id, Kamis (10/03/2022).

Dengan demikian, penerima bisa mengecek deskripsi, rating dan harga pelatihan kartu prakerja untuk membandingkan pelatihan yang ada.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Gunakan Fitur Baru

Lantas bagaimana cara penggunaannya?

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @prakerja.go.id, berikut ini cara penggunaan fitur baru Cari Pelatihan dari Program Kartu Prakerja.

1. Klik tab “Pelatihan” yang ada di dashboard Kartu Prakerja

2. Cari pelatihan yang Anda minati, misalnya: desain

3. Kemudian beberapa pelatihan sesuai minat Anda akan muncul

4. Selain itu, Anda juga bisa memiliki pelatihan berdasarkan kategori

5. Pilih pelatihan yang menurut Anda cocok

6. Bandingkan pelatihan yang ada dengan melihat rating dan ulasan tentang pelatihan tersebut

7. Jika rating dan ulasan terlihat cukup baik, Anda bisa melanjutkan membeli pelatihan

8. Pilih platform digital yang akan digunakan untuk membeli pelatihan, seperti Tokopedia, Kemnaker, Bukalapak, Karier.mu, Pintaria, atau Pijar Mahir

 

 

3 dari 3 halaman

Batas Waktu Pembelian Pelatihan

Sejak ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja, Anda hanya memiliki waktu hingga 30 hari untuk membeli pelatihan pertama.

Lebih dari itu ketika Anda tak kunjung membeli pelatihan, Kartu Prakerja secara otomatis akan dinonaktifkan dan kepesertaan dicabut. Imbasnya, Anda tidak dapat mengikuti kembali program ini.

Sementara itu, saldo pelatihan pun akan hangus dan dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja. Oleh karena itu, manfaatkan sebaik mungkin ketika Anda berhasil menjadi penerima dari Program Kartu Prakerja ini.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.