Sukses

Penonton MotoGP 2022 Sebaiknya Pakai Bus ke Kawasan Mandalika

Secara keseluruhan akan disediakan sebanyak 278 unit bus bantuan Kemenhub untuk mengangkut penonton MotoGP Mandalika 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengatur rekayasa lalu lintas menjelang gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang. Guna memperlancar perjalanan, pada penonton MotoGP diminta untuk menggunakan angkutan umum menuju kawasan Mandalika.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyampaikan, sejak 2019 dan 2020 lalu, banyak yang telah dilakukan oleh Kemenhub di Mandalika dalam rangka pengembangan wilayahnya. Guna menyambut MotoGP Kemenhub pun melakukan sejumlah percepatan.

Misalnya, dalam rangka manajemen dan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Mandalika dan koridor-koridor di kota Mataram, Kemenhub akan mengoptimalisasi penggunaan angkutan umum. Ini akan jadi penopang transportasi dari simpul transportasi di kota Mataram ke kawasan Mandalika.

“Di sini pemerintah support secara kuantitas dan manajemennya kita atur shifting penonton terutama untuk menggunakan angkutan umum di dalam lokasi gelaran MotoGP,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (1/3/2022).

Penggunaan transportasi umum ini akan berada dari Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, Pusat Kota Mataram (ex bandara Selaparang) dan BIZAM. Secara keseluruhan akan disediakan sebanyak 278 unit bus bantuan Kemenhub.

Rinciannya, 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang, dan 181 unit bus kecil. Kemenhub juga mendorong pengoptimalan angkutan umum yang ada di Lombok, NTB.

Kemenhub juga menyediakan bus shuttle yang melayani 7 rute di dalam Kawasan Mandalika dari Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2 dan Gate 3 Sirkuit Mandalika. Sebanyak 184 bus ukuran sedang akan disediakan.

“Menyiapkan 184 unir bus yang ukuran sedang untuk mengangkut kembali dari beberapa simpul ke lokasi sekitar kawasan Mandalika, Jadi ada 2 yang kita siapkan, angkutan antar moda, dan ada shuttle,” terangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembatasan Kendaraan Pribadi

Lebih lanjut, Dirjen Budi menegaskan pihaknya akan memberlakukan pembatasan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua ke dalam kawasan Mandalika. Sementara, di sisi lain disediakan lahan parkir di luar kawasan gelaran MotoGP.

"Pembatasan kendaraan pribadi dan sepeda motor menuju kawasan Mandalika. Sehingga diharapkan akan terjadi harmoni dengan meninggalkan kendaraan pribadi, jadi kemacetan juga bisa dikurangi,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.