Sukses

Cari Pekerjaan hingga Tambah Keterampilan? Coba Aplikasi Cakap Kerja

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang memberikan fasilitas baru, Tangerang Cakap Kerja dalam rangka memfasilitasi para pencari kerja untuk menambah skill dan kemampuan penunjang.

Liputan6.com, Jakarta Fasilitasi para pencari kerja untuk menambah skill dan kemampuan penunjang, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang memberikan fasilitas baru, Tangerang Cakap Kerja. Platform digital ini terintegrasi dalam aplikasi Tangerang LIVE, yang diklaim bisa mengembangkan skill, kompetensi dan kapabilitas para pencari kerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Rakhmansyah mengungkapkan, lewat Tangerang Cakap Kerja, Pemkot Tangerang ingin menghadirkan pelatihan berbasis kewirausahaan, pelatihan berbasis kompetensi (BLK), Job Fair dan Kartu Kuning dalam satu fitur.

Dengan itu, kata Rakhmansyah pencari kerja bisa mendapat informasi lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi, mengetahui berbagai jenis pelatihan yang dilaksanakan Pemkot Tangerang hingga berbagai tips menarik yang berhubungan dengan pengembangan karir.

“Khusus buat masyarakat yang ingin merintis usaha namun masih belum punya keahlian. Bisa memanfaatkan layanan pelatihan berbasis kewirausahaan, tinggal isi formulir dan submit,"katanya, Kamis (24/2/2022).

Lanjut Rakhmansyah, dalam menu ini, masyarakat dapat memilih pelatihan secara tatap muka atau online. Mulai dari pelatihan digital marketing, konten creator, barista dan lainnya.

Menurutnya, sejak September 2020, Disnaker sudah menggelar virtual job fair dengan puluhan ribu lowongan pekerjaan yang dihadirkan. Namun, banyak aduan masyarakat yang menyatakan dirinya tidak diterima atau dipanggil lagi oleh para perusahaan yang dituju.

Dengan itu, harapannya Tangerang Cakap Kerja bisa jadi solusi para pencari kerja untuk meningkatkan skill, kompetensi dan kapabilitas. Sehingga saat melamar ke perusahaan sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

"Karena memang, perusahaan tak hanya mencari mereka yang punya ijazah saja, tapi mengutamakan mereka yang punyak skill, kompetensi dan kapabilitas,” katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sediakan 2 Ribu Lebih Lowongan Kerja

Sementara, usai digelar launching Tangerang Cakap Kerja, Disnaker juga langsung menggelar virtual job fair spesial HUT Kota Tangerang ke-29 yang akan berlangsung dua hari pada 23-24 Februari.

Menghadirkan 2.899 lowongan dengan 158 formasi jabatan dari 34 perusahaan, mulai dari jabatan manager HR and GA, accounting, desain grafis, programmer, supervisor logistik, hingga perawat dan lainnya.

“Dari pelaksanaan virtual job fair September 2020 sampai dengan Januari 2022 sudah menyerap 6.810 tenaga kerja. Semoga dengan Tangerang Cakap Kerja bisa lebih banyak yang terserap dan semakin banyak masyarakat Kota Tangerang yang memulai berwirausaha,” katanya. (Pramita Tristiawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.